10 Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Kamu Siswa Lulusan SMK

jurusan kuliah anak smk

Setelah lulus SMK mau lanjut kuliah tapi bingung masuk jurusan apa? Nggak perlu khawatir, berikut ada 10 jurusan kuliah yang bisa kamu pilih sesuai dengan program keahlianmu di SMK.

 

Meskipun pendidikan SMK sebenarnya dipersiapkan untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus, ternyata nggak sedikit lulusan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, kegalauan dalam memilih jurusan menjadi salah satu persoalan yang seringkali mereka hadapi. Nah, berikut ada 10 jurusan yang bisa kamu jadikan referensi saat bingung menentukan jurusan mana yang harus dipilih. Kalau bisa, pilihlah jurusan yang linier dengan keahlian kamu sebelumnya ya.

 

1. Jurusan Arsitektur

Salah satu jurusan kuliah yang cocok bagi kamu lulusan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan adalah Jurusan Arsitektur. Karena apa yang kamu pelajari dibangku SMK seperti teknik-teknik menggambar proyeksi secara manual dan digital dengan Autocad, bisa menjadi landasan saat kamu ingin melanjutkan kuliah di jurusan ini.

Ketahui 10 Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Kamu Siswa Lulusan SMK (4)

Mahasiswa Jurusan Arsitektur (Sumber: dezeen.com)

 

Di Jurusan Arsitektur kamu akan mempelajari mengenai desain dan rancangan konstruksi bangunan yang meliputi kekuatan bangunan (firmitas), estetika bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas). Nah, untuk masuk di jurusan ini paling tidak kamu harus memiliki ketertarikan pada matematika, menggambar, seni, dan teknologi.

Saat kuliah di Jurusan Arsitektur, kamu akan sering berhubungan dengan pengukuran bangunan, rancangan anggaran biaya dan bahan, pengenalan detail dari bagian bangunan, hingga pembuatan desain. Maka dari itu, dibutuhkan skill dan kreativitas yang tinggi agar nantinya kamu bisa merancang setiap bangunan dengan baik dan sesuai permintaan klien.

Baca juga: Arsitektur: Jurusan Nicholas Saputra untuk Kamu yang Suka Rancang Bangunan

Gimana tertarik melanjutkan kuliah di jurusan ini? Nggak perlu khawatir, di Indonesia ada beberapa kampus yang bisa kamu pilih seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Diponegoro (UNDIP). Nah, setelah lulus dari jurusan ini, selain menjadi seorang Arsitektur, kamu juga bisa bekerja sebagai Konsultan Arsitektur, Peneliti di bidang Urban Development, Kontraktor, bahkan Quantity Surveyor.

 

2. Jurusan Teknik Mesin

Bagi kamu siswa SMK Program Keahlian Teknik Mesin yang setelah lulus ingin melanjutkan kuliah, kamu bisa menjadikan Jurusan Teknik Mesin sebagai jurusan pilihanmu, lho. Kamu yang sudah nggak asing lagi dengan bidang permesinan, pastinya akan lebih mudah mempelajari setiap mata kuliah di jurusan ini. Selain belajar mengenai cara pemeliharaan mesin, perancangan mesin, dan teknik produksi mesin, kamu juga dapat memperdalam beberapa cabang ilmu dari teknik mesin seperti mekanika, kinematika, dan termodinamika.

Ketahui 10 Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Kamu Siswa Lulusan SMK (5)

Mechanical Engineering (Sumber: bestcolleges.com)

 

Karena hampir semua hal saat ini berhubungan dengan mesin, sebagai lulusan jurusan ini, kamu bisa bekerja sebagai Mechanical Engineer, Designer, Teknisi, maupun Operator di banyak perusahaan seperti di industri otomotif, industri dirgantara, industri manufaktur, bahkan industri minyak dan gas.

 

3. Jurusan Teknik Informatika

Bidang Teknologi dan Informatika selalu menjadi salah satu bidang favorit di kalangan siswa SMK. Bidang ini memiliki beberapa program keahlian, seperti Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Teknik Telekomunikasi.  Nah, buat kamu yang ingin memperdalam bidang ini di dunia perkuliahan, kamu dapat memilih Jurusan Teknik Informatika, lho.

Baca juga: Bedah Jurusan Komputer: Bedanya Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Beberapa ilmu mengenai software dan computer science yang sebelumnya kamu dapat di SMK, bisa kamu kembangkan lagi lebih dalam di jurusan ini. Karena selama kuliah di Jurusan Teknik Informatika kamu akan belajar secara rinci mengenai proses pembuatan software, cara kerja software, hingga pengembangan software tersebut. Di Indonesia sendiri, kamu bisa menemui jurusan ini di beberapa universitas negeri seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Institut Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Padjadjaran (UNPAD).

Ketahui 10 Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Kamu Siswa Lulusan SMK (1)

Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika (Sumber: paretouniversity.com)

 

Dilansir dari Tirto, selama masa pandemi Covid-19, jumlah pelanggan e-commerce mengalami peningkatan hingga 38,3 persen dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut berarti bahwa akan ada banyak e-commerce yang berpotensi menyerap tenaga kerja berlatar belakang pendidikan dari Jurusan Teknik Informatika. Tak hanya prospek kerja yang menjanjikan di kalangan e-commerce, ternyata lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi dan perbankan.

 

4. Jurusan Farmasi

Sebagai lulusan SMK dengan Program Keahlian Farmasi, jika ingin melanjutkan kuliah kamu bisa memilih Jurusan Farmasi untuk lebih memperdalam bidang tersebut. Di jurusan ini, selain kamu akan belajar mencampur, meracik, dan membuat obat, kamu juga akan dibekali tentang cara memanajemen dan memasarkan obat, lho. Nah, saat kuliah di Jurusan Farmasi kamu tidak hanya dihadapkan oleh teori di kelas saja, tetapi kamu juga akan terlibat dalam berbagai praktikum.

Ketahui 10 Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Kamu Siswa Lulusan SMK (3)

Praktikum mahasiswa Jurusan Farmasi (Sumber: uph.edu)

 

Nggak melulu bekerja di apotek, sebagai lulusan dari jurusan ini, kamu juga bisa bekerja di bidang Farmasi lainnya seperti di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), rumah sakit, industri obat-obatan, industri kosmetik, dan Instansi Kesehatan. Gimana banyak banget ‘kan peluang kerja dari jurusan ini?

 

5. Jurusan Akuntansi

Salah satu jurusan yang ramai peminat dan bisa kamu pilih sebagai lulusan SMK Program Keahlian Akuntansi adalah Jurusan Akuntansi. Secara umum, di jurusan ini kamu akan belajar mengenai debit-kredit, pembukuan, hingga pasar modal dan efeknya. Jadi, basic ilmu akuntansi yang kamu pelajari di SMK bisa kamu perdalam lagi di jurusan ini.

Baca juga: Kupas Jurusan Akuntansi: Cuma Bisa Jadi Teller Bank?

Setelah lulus dari Jurusan Akuntansi kamu bakalan mendapat gelar Sarjana Ekonomi (S. E). Dengan gelar tersebut, kamu bisa memulai karir sebagai seorang Konsultan Pajak, Ahli Keuangan, Akuntan, maupun Banker. Kalau kamu tertarik kuliah di jurusan ini, ada beberapa kampus yang punya Jurusan Akuntansi seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, dan Universitas Padjadjaran.

 

6. Jurusan Administrasi Perkantoran

Sebagai lulusan SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran (Sekretaris), kamu bisa melanjutkan kuliah S1 pada bidang yang sama yaitu di Jurusan Administrasi Perkantoran. Pada jurusan ini kamu akan belajar tentang pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan perencanaan, korespondensi, pengarsipan, pendataan, hingga penyediaan segala administrasi perkantoran.  Setelah lulus kamu bisa menjadi seorang Sekretaris, Staf Administrasi, General Affairs, maupun Staf Legal di suatu perusahaan seperti manufaktur, IT, dan perbankan. Menarik ‘kan?

 

7. Jurusan Pariwisata

Ingin melanjutkan kuliah di Jurusan Pariwisata karena kamu lulusan SMK dengan bidang keahlian yang sama? Bisa banget kok. Kamu bisa memperdalam ilmu tersebut dan menggapai impian karirmu di jurusan ini, lho. Nantinya, kamu akan mempelajari lebih lanjut mengenai bidang pariwisata yang meliputi manajemen destinasi wisata, manajemen tour dan travel, hingga perhotelan. Salah satu keterampilan yang harus kamu punya saat kuliah di jurusan ini adalah komunikasi yang baik. Keterampilan ini penting karena nantinya kamu akan bertemu dengan banyak wisatawan dari berbagai negara.

Ketahui 10 Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Kamu Siswa Lulusan SMK

Kegiatan mahasiswa Jurusan Pariwisata (Sumber: khazar.org)

 

Lalu setelah lulus dari jurusan ini, gimana sih prospek kerjanya? Tenang aja. Prospek kerja lulusan Pariwisata sangatlah luas. Kamu bisa menjadi seorang Pemandu Wisata, Pengusaha Perjalanan Wisata, Manajer Tempat Wisata, dan Concierge Hotel.

 

8. Jurusan Tata Busana

Selain keterampilan menjahit, sebagai lulusan SMK Program Keahlian Tata Busana, kamu juga akan dibekali dengan keterampilan lain seperti mendesain baju, membuat pola, mengenal jenis bahan, hingga membuat project tentang fashion. Berbagai keterampilan tersebut bisa menjadi dasar kamu untuk melanjutkan kuliah di jurusan terkait, misalnya Jurusan Tata Busana atau Fashion Design.

Ketahui 10 Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Kamu Siswa Lulusan SMK (2)

Fashion Designer (Sumber: decadirect.org)

 

Menariknya, di jurusan ini kamu juga akan diajari mengenai cara marketing dan manajemen bisnis fashion yang baik, fotografi untuk fashion, hingga menggambar model. Sebagai mahasiswa Jurusan Pariwisata, biasanya di akhir semester perkuliahan, kamu akan diberikan tugas untuk mengadakan suatu event fashion show dengan menampilkan baju rancanganmu sendiri.

Lulusan jurusan ini bisa berkarier di dunia fashion sebagai Fashion Designer, Fashion Photographer, Fashion Stylist, Fashion Illustrator, Fashion Journalist, dan Fashion Blogger. Ada banyak perusahaan dan industri fashion yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini, seperti Louis Vuitton, Christian Dior, Zara, Pull & Bear, Stradivarius, dan masih banyak lagi.

 

9. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Apabila kamu lulusan SMK dengan bidang keahlian desain grafis dan tertarik mengasah kreativitasmu lebih lanjut, Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ini bisa kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan S1.  Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang teknik menyampaikan media dengan memanfaatkan elemen visual. Terdapat tiga peminatan yang bisa kamu pilih disesuaikan dengan kemampuanmu, yaitu Komunikasi Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, dan Komunikasi Multimedia.

Baca juga: Kamu Tertarik dengan Industri Kreatif? 7 Jurusan Ini Bisa Kamu Pilih

Di Indonesia ada beberapa kampus yang memiliki Jurusan DKV, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Malang (UM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut Seni Indonesia (ISI). Lulusan dari jurusan ini kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Desain (S. Ds). Gelar tersebut bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan di berbagai bidang sebagai seorang Desainer Grafis, Ilustrator, Animator, dan Web Designer.

 

10. Jurusan Film dan Televisi

Salah satu jurusan kuliah yang bisa kamu pilih setelah lulus dari SMK dengan Program Keahlian Multimedia adalah Jurusan Film dan Televisi. Selain belajar tentang teknis pembuatan film dan siaran program televisi yang sudah kamu peroleh di SMK, kamu juga akan dibekali dengan berbagai keahlian seperti manajemen produksi televisi, penulisan naskah, pengarahan acara, tata artistik, tata foto elektronik, dan editing elektronik.

Ketahui 10 Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Kamu Siswa Lulusan SMK (6)

Proses editing (Sumber: filmeditingpro.com)

 

Karena dunia perfilman sekarang lagi happening, maka nggak heran kalau lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan. Kamu bisa mencoba berkarier di bidang broadcast dan industri perfilman sebagai Asisten Setting Film, Sutradara, Editor, Talent Director, dan Teknisi Kamera dan Fotografi.

Nah, itulah gambaran mengenai beberapa jurusan yang cocok bagi kamu lulusan SMK yang masih bingung mau masuk jurusan apa. Agar nggak salah pilih, sebaiknya jurusan kuliah tersebut kamu sesuaikan dengan kemampuan dan bidang yang kamu sukai ya. Maka dari itu, yuk siapkan dirimu dari sekarang untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi bersama ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi: 

‘Jumlah Pelanggan E-Commerce Tercatat Meningkat 38,3% Selama Pandemi’. [Daring] Tirto.id Tautan: https: //tirto.id/jumlah-pelanggan-e-commerce-tercatat-meningkat-383-selama-pandemi-f1eP (Diakses: 24 Oktober 2020).

‘Film dan Televisi’ [Daring] ISI Jogja Tautan: https: https: //isi.ac.id/program/seni-media-rekam/jurusan-televisi/ (Diakses: 25 Oktober 2020).

Sumber foto:

Foto Mahasiswa Jurusan Arsitektur [Daring]. Tautan: https://www.dezeen.com/2017/02/14/architecture-students-work-hardest-of-all-us-college-majors-nsse-survey/ (Diakses: 26 Oktober 2020)

Foto Mechanical Engineering [Daring]. Tautan: bestcolleges.comhttps://www.bestcolleges.com/careers/science-and-engineering/mechanical-engineering/ (Diakses: 26 Oktober 2020)

Foto Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika [Daring]. Tautan: https://www.paretouniversity.com/informatic.php (Diakses: 26 Oktober  2020)

Foto Praktikum mahasiswa Jurusan Farmasi  [Daring]. Tautan: https://www.uph.edu/id/2020/04/29/wujudkan-cita-cita-jadi-ahli-farmasi-melalui-beasiswa-farmasi-uph/ (Diakses: 26 Oktober  2020)

Foto Kegiatan mahasiswa Jurusan Pariwisata  [Daring]. Tautan: http://khazar.org/en/news/4600 (Diakses: 26 Oktober  2020)

Foto Fashion Designer [Daring]. Tautan: https://www.decadirect.org/2015/12/10/what-does-it-mean-to-be-a-fashion-designer/ (Diakses: 26 Oktober  2020)

Foto Proses Editing Film  [Daring]. Tautan: https://www.filmeditingpro.com/ (Diakses: 26 Oktober  2020)

Olivia Yunita