10 Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan Setelah Ujian Usai

Ruangguru Jul 14, 2016 • 7 min read


Libur telah tiba, libur telah tiba, hore hore hore!

Libur semester telah tiba nih! Siapa sih yang tidak senang ketika waktu libur tiba? Semua pasti tidak sabar untuk segera melepas penat setelah menghadapi berbagai macam kegiatan dan ujian di kampus. Libur semester kali ini waktunya cukup lama lho, sekitar tiga bulan lamanya. Supaya waktu liburanmu lebih variatif, coba cek beberapa kegiatan asyik yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu nih. Apa saja? Yuk kita simak!

 

kegiatan positif Foto: euasia.com

#1. Liburan adalah saatnya jalan-jalan. Kamu bisa mengeksplor berbagai macam tempat wisata, baik di dalam maupun luar negeri. Untuk wisata dalam negeri, kamu tidak perlu bingung karena Indonesia punya banyak sekali tempat wisata yang menawan. Sebut saja pantai-pantai yang ada di Belitung, Derawan, Lombok, Jogja, dan lain-lain.

kegiatan positif Foto: pexels.com

Kalau luar negeri, kamu bisa mulai South East Asia Tour terlebih dahulu. Thailand, Malaysia, Singapore, Vietnam, Kamboja, dan lain-lain juga memiliki berbagai macam tempat   wisata seru.  Jalan-jalan ke tempat wisata tidak harus selalu mahal kok. Kamu bisa coba backpacking. Selain budget-nya lebih terjangkau, kamu juga bisa sekaligus seseruan bersama teman-temanmu. Kalau kamu mau backpacking sendirian, kamu juga bisa bertemu dengan kenalan baru, lho. Seru ya?

 

#2. Buat kamu yang malas bepergian jauh, tapi bosan di rumah terus, kamu bisa coba city tour. Kunjungi tempat wisata yang ada di kotamu, seperti museum, taman bermain, dan pusat perbelanjaan. Untuk kamu warga Jakarta yang sudah bosan mengunjungi mall, kamu bisa coba pergi ke Taman Wisata Mangrove di Pantai Indah Kapuk. 

kegiatan positif Foto: pexels.com

Ajak juga teman atau keluargamu untuk mengunjungi berbagai macam museum di Kota Tua yang ada di Jakarta Barat. Jika ingin menginap, cobalah pergi beberapa hari ke Pulau Tidung atau Pulau Pari yang ada di Kepulauan Seribu. Kamu juga bisa seru-seruan di Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol, melihat hewan-hewan lucu di Kebun Binatang Ragunan, hingga wisata edukasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), lho. Ternyata masih banyak kan tempat wisata di Jakarta selain mall?

 

#3. Jika waktu kuliah kamu tidak pernah memiliki waktu untuk menikmati film favoritmu, ini adalah waktu yang tepat untuk balas dendam. Banyak sekali film dan series bagus yang dapat kamu tonton saat liburan. Kalau kamu adalah tipe orang yang suka film romantis, kamu bisa nonton film The Vow, The Fault in Our Stars, The Best of Me, A Walk to Remember, Crazy Little Thing Called Love, atau You Are The Apple of My Eye. Serial drama Korea juga tidak kalah seru, seperti She Was Pretty, Oh My Venus, Descendants of the Sun, Pinocchio, dan Cheese In The Trap.

kegiatan positif Foto: 3smovradio.com

Kalau kamu suka film petualangan kamu bisa nonton sekuelnya The Hobbit, Hunger Games, Harry Potter, Star Wars, Divergent, atau series Game of Thrones dan Sherlock. Untuk pecinta animasi, kamu wajib banget nonton film-film produksi Studio Ghibli seperti My Neighbor Totoro, Spirited Away, Howl’s Moving Castle, dan When Marnie Was There.

 

#4. Untuk kamu yang suka membaca, liburan pasti menjadi waktu yang paling tepat untuk menghabiskan waktu dengan buku. Jika waktu kuliah sudah cukup banyak menghabiskan waktu dengan buku pelajaran yang bikin pusing, waktu liburan adalah saatnya kamu menghabiskan waktu dengan novel atau komik!

kegiatan positif Foto: pexels.com

Buku-buku karya John Green, Lang Leav, Ika Natassa, dan Tere Liye boleh banget lho dibaca saat liburan. BIsa juga mencoba baca tulisan sastrawan lama seperti Sapardi Djoko Damono, Ayu Utami, atau Pramoedya Ananta Toer.

 

#5. Saatnya memiliki penampilan baru untuk menyambut semester baru! Kamu bisa ubah gaya rambutmu yang sekarang supaya terlihat lebih rapi dan fresh. Kalau kata orang-orang sih, dengan kamu mengubah gaya rambut artinya kamu sekalian buang sial. Yuk buang sial-sialmu dari semester lalu, hehe.

 

#6. Setelah satu semester berakhir, apalagi sehabis ujian, kamar tidurmu pasti terlihat tidak terurus. Berantakan karena penuh dengan kertas-kertas bekas materi dan tugas kuliah di mana-mana. Liburan adalah waktu yang sangat tepat untuk kamu merapikan kembali kamar tidurmu 

kegiatan positif Foto: mainfeile.com

Tahukah kamu jika kamar tidur yang bersih dan rapi juga bermanfaat bagi kesehatan dan kondisi emosimu? Lebih bagus lagi jika kamu bisa mengubah tampilan kamarmu agar tidak terlihat membosankan. Suasana baru, semangat baru.

 

#7. Lama tak berjumpa dengan teman-teman waktu sekolah dulu pasti membuatmu rindu pada mereka. Perbedaan kesibukan dan tempat kuliah mungkin telah membuat kalian sulit untuk bertemu satu sama lain. Liburan ini adalah waktu yang tepat untuk reuni dengan teman-teman lamamu. Pasti banyak keluh kesah dan cerita baru yang ingin kamu sampaikan pada mereka, bukan?

 

#8. Ajaklah sahabat-sahabatmu untuk sleepover di rumah salah satu dari kalian. Buat dresscode lucu supaya lebih seru. Jangan lupa siapkan stok film yang bagus, sediakan banyak camilan, bawa kartu UNO atau game lain yang bisa dimainkan bersama, dan waktu curhat sepanjang malam. 

kegiatan positif Foto: huffingtonpost.com

Oh ya, karaoke bersama akan sangat menyenangkan lho. Sleepover ini bisa membuat hubunganmu dan sahabat-sahabatmu menjadi semakin dekat. Tapi yang perlu diperhatikan, jangan terlalu bising hingga mengganggu ketentraman sekitarmu ya.

 

#9. Yuk asah kemampuan khususmu! Belajar memasak, menjahit, olahraga, bermain musik, dan sebagainya. Kamu bisa coba panggil guru privat keterampilan khusus yang kompeten di bidangnya. Dengan demikian, kamu akan jadi pribadi yang lebih percaya diri karena punya banyak skill.

 

#10. Liburan tidak selalu soal bersenang-senang saja. Kamu juga bisa mencari pengalaman baru dengan magang. Carilah tempat magang yang sesuai dengan passion atau jurusan kuliahmu. 

kegiatan positif Foto: unomaha.edu

Dengan magang, kamu tidak hanya dapat mengasah kemampuan, tetapi juga berguna untuk menambah daftar pengalaman di CV dan portofoliomu.

 

Demikianlah rekomendasi beberapa kegiatan asyik yang bisa kamu lakukan selama liburan dari Ruangguru.com. Kalau kamu ingin menghabiskan waktu liburan dengan kegiatan apa? Selamat liburan ya! ☺

Beri Komentar