10 Universitas Keguruan Negeri Terbaik di Indonesia

universitas keguruan terbaik di indonesia

Artikel ini membahas sepuluh universitas keguruan negeri terbaik di Indonesia dengan akreditasi A dari BAN-PT

 

Squad, kualitas pendidikan dapat terbentuk dari kualitas para tenaga pengajarnya. Sayangnya, hingga saat ini, kualitas guru di Indonesia masih tergolong sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara berkembang lainnya.

Kebutuhan serta jumlah guru di Indonesia juga masih terbilang belum merata dan belum mampu menjangkau seluruh sekolah di Indonesia. Sebagai generasi muda penerus bangga, inilah saatnya kamu untuk turut aktif meningkatkan kualitas guru di Indonesia.

Di Indonesia sendiri ada banyak kok universitas-universitas terbaik pencetak guru yang berkualitas, baik itu universitas negeri atau swasta. Universitas ini juga memiliki program studi pendidikan untuk menjadikan mahasiswanya guru yang bermutu.

Untuk kamu yang bercita-cita menjadi guru dan ingin masuk program studi keguruan, yuk kita lihat daftar universitas keguruan negeri terbaik di Indonesia versi BAN-PT berikut.

 

1. Universitas Negeri Yogyakarta

universitas keguruan terbaik di indonesia

UNY (Sumber: kampusaja.com)

 

Universitas ini termasuk salah satu universitas favorit di daerah Yogyakarta. Wajar saja, Universitas Negeri Yogyakarta berhasil meraih peringkat ke-11 universitas negeri terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti di tahun 2018 lalu. Universitas ini mempunyai 9 fakultas dan 102 program studi. Berdasarkan keputusan BAN-PT, UNY telah ditetapkan sebagai universitas dengan akreditasi A.

 

2. Universitas Negeri Malang

universitas keguruan terbaik di indonesia

UM (Sumber: ristekdikti.go.id)

 

Universitas Negeri Malang didirikan pada tahun 2008. Universitas yang menempati urutan universitas negeri terbaik ke-14 versi Kemenristekdikti tahun 2018 ini memiliki 8 fakultas dan 108 program studi. UM juga sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

 

3. Universitas Negeri Jakarta

universitas keguruan terbaik di indonesia

UNJ (Sumber: unj.ac.id)

 

UNJ merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang berada di ibukota Jakarta. UNJ merupakan kampus pendidikan yang telah berhasil mencetak tenaga pendidik atau pengajar yang profesional. Kampus ini memiliki 7 fakultas dan program pascasarjana.

 

4. Universitas Pendidikan Indonesia

universitas keguruan terbaik di indonesia

UPI (Sumber: nawacita.co)

 

Universitas yang menduduki peringkat ke-13 sebagai universitas negeri terbaik di Indonesia ini merupakan perguruan tinggi yang menganut sistem multikampus, yaitu dengan 6 kampus yang tersebar di dua provinsi (Jawa Barat dan Banten). UPI sendiri memiliki 8 fakultas dan memiliki program pascasarjana.

 

5. Universitas Negeri Makassar

universitas keguruan terbaik di indonesia

UNM (Sumber: terkini.id)

 

UNM adalah universitas yang mempunyai berbagai fasilitas umum yang bisa dibilang sudah cukup lengkap untuk mendukung perkuliahanmu. Beberapa di antaranya antara lain Poliklinik, Auditorium, tempat ibadah, asrama mahasiswa, sarana olahraga dan kesenian, kafetaria, toko, koperasi, dan sebagainya. Universitas ini memiliki 14 fakultas dan 84 program studi dengan akreditasi A.

Baca Juga: Jurusan Pendidikan Luar Biasa: Jadi Guru Anak Berkebutuhan Khusus

 

6. Universitas Negeri Surabaya

universitas keguruan terbaik di indonesia

UNESA (Sumber: wikipedia.org)

 

Universitas yang lebih akrab disebut dengan UNESA ini memiliki 7 fakultas dan 89 program studi. Bahkan sejak tahun 2019, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di UNESA sudah memiliki 4 program studi yang telah melaksanakan program kelas internasional. Berdasarkan keputusan BAN-PT, UNESA telah mendapatkan akreditasi A.

 

7. Universitas Negeri Semarang

universitas keguruan terbaik di indonesia

UNNES (Sumber: teras.id)

 

Universitas Negeri Semarang atau UNNES terdiri dari 13 fakultas dan 91 program studi. Bahkan, 56 program studi di kampus ini juga sudah terakreditasi A, lho. Keren ya? Sama seperti universitas lainnya, UNNES juga telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

 

8. Universitas Negeri Gorontalo

universitas keguruan terbaik di indonesia

UNG (Sumber: ung.ac.id)

 

Universitas yang memiliki visi Leading University di kawasan Asia Tenggara ini terletak di bagian timur di Indonesia. Walaupun begitu, universitas ini juga nggak kalah saing dengan kampus-kampus lain di wilayah Indonesia bagian barat, lho. Universitas ini terus melakukan pengembangan kebudayaan dan inovasi berbasis potensi regional. Universitas Negeri Gorontalo memiliki 10 fakultas dan 71 program studi.

 

9. Universitas Negeri Padang

universitas keguruan terbaik di indonesia

UNP (Sumber: unp.ac.id)

 

Universitas yang terletak di Sumatera Barat ini mempunyai 12 fakultas dan 81 program studi. Perlu kamu ketahui, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) di universitas ini menjadi fakultas favorit untuk para pendaftar yang ingin berkuliah di sini, lho.

 

10. Universitas Negeri Medan

universitas keguruan terbaik di indonesia

UNIMED (Sumber: analisadaily.com)

 

Kampus yang akrab disapa dengan UNIMED ini memiliki 9 fakultas dan 54 program studi. UNIMED juga merupakan perguruan tinggi dengan akreditasi A berdasarkan keputusan BAN-PT.

Squad perlu kamu ketahui, saat ini pendidikan keguruan tidak berdiri sendiri sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi. Namun, telah menjadi bagian dari perguruan tinggi dalam bentuk fakultas yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau FKIP (nama dapat berubah sesuai kebijakan kampus masing-masing). Sebelumnya, perguruan tinggi yang menyediakan pendidikan keguruan disebut Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau yang lebih dikenal dengan IKIP.

Jadi, kamu mau memilih universitas mana Squad untuk menjadi pengajar yang berkualitas? Sebelum memilih, ketahui terlebih dahulu kurikulum dari tiap kampus di atas ya agar kamu tidak salah pilih. Psst, jangan lupa juga untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk ke PTN impian bersama ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D