9 Negara dengan Sistem Pendidikan dan Sekolah “Teraneh”

Fauzia Astuti Apr 3, 2020 • 7 min read


WT_-_11_Negara_Dengan_Sistem_Pendidikan_Aneh-01

Artikel ini berisi 9 negara yang memiliki sistem pendidikan dan sekolah terunik di dunia. Yuk, lihat bareng-bareng!

--

Setiap negara, pasti memiliki sistem pendidikan yang berbeda. Entah itu periode liburan atau kapan waktu tahun ajaran baru dibuka. Tapi kamu tahu nggak beberapa negara ini juga memiliki sekolah dengan sistem pendidikan yang unik dan "aneh" lho. Mulai dari sekolah terbesar, sampai sekolah yang membebaskan siswanya. Penasaran? Yuk, segera meluncur ke bawah!


1. India — Sekolah Terbesar di Dunia

Ternyata, India punya sekolah terbesar di dunia lho, teman-teman. The City Montessori School tercatat di Guinness Book of World Records sebagai sekolah terbesar di dunia dengan jumlah siswa 52.000 orang dan 1.050 kelas. Nah, sekolah ini terdiri dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah.

Sekolah Terbesar
Siswa-siswi The City Montessori School (sumber: Mail&Guardian)
 

2. Tiongkok — Jumlah PR Terbanyak

Siswa yang bersekolah di sana menerima PR paling banyak di dunia. Menurut artikel di South China Morning Post, sekitar 60% siswa berusia 6 - 17 tahun tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik (8 jam sehari). Bayangkan saja, selain harus mengerjakan PR menumpuk dari sekolah, mereka pun harus mengerjakan tugas yang diberikan di tempat les. Dan mereka rata-rata bisa menghabiskan 14 jam selama 1 minggu hanya untuk mengerjakan PR. Kalau kamu sendiri, butuh waktu berapa lama untuk menyelesaikan PR nih?

sistem pendidikan PR terbanyak Siswa di Tiongkok sedang mengerjakan PR (sumber: Gbtimes.com)
 

3. Chili — Liburan Musim Panas

Liburan musim panas sekolah di Chili berlangsung dari pertengahan Desember sampai awal Maret. Nah, seiring dengan berakhirnya liburan musim panas, tahun ajaran baru pun dimulai. Tapi... kira-kira apa aja ya, yang kamu lakukan kalau dikasih liburan 3 bulan? Bisa-bisa baju seragam yang lama udah nggak muat nih karena nyemil mulu, hehe.

Chili Liburan musim panas (sumber: Tipschile.com)
 

4. Perancis — Liburan 4 Periode

Kalau biasanya sekolah hanya memberikan liburan khusus untuk musim panas dan musim dingin, di Perancis berbeda lho. Mereka memberikan 4 periode liburan kepada siswanya. Dan uniknya lagi, untuk sekolah dasar di Perancis hanya diberlakukan 4 - 4,5 hari sekolah per minggu. Tapi berbeda untuk sekolah menengah dan universitas yang memberlakukan 5 hari sekolah. Jadi gimana, teman-teman? Mau coba pindah ke Perancis?

perancis (sumber: Tumblr.com)
 

5. Jerman — Bingkisan di Hari Pertama

Biasanya, setiap ajaran baru pasti ada saja keperluan sekolah yang kita beli. Entah seragam, tas, alat tulis, dan sebagainya. Konon, kalau ada barang baru, maka semangat baru untuk sekolah pun datang. Hayo, benar nggak? Hehe. Nah, di Jerman setiap masuk tahun ajaran baru, siswa menerima bingkisan berbentuk cone bernama Schultüte yang berisi pulpen, pensil, buku, dan cemilan. Wah, lumayan untuk berhemat lho karena sudah disediakan oleh pihak sekolah. Semangatnya jadi dobel deh!

Jerman Anak-anak menerima Schultüte (sumber:drniemczura.com)
 

6. Indonesia — Sekolah Alam

Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, Indonesia juga memiliki beberapa sistem sekolah yang unik. Mungkin kamu belum tahu, kalau di beberapa daerah Indonesia sudah ada yang namanya "sekolah alam". Apa tuh, Kak? Belajar dari alam? Eits, bukan berarti sekolah sendirian ya, tapi kurikulum di sekolah alam lebih berbasis riset, praktek langsung, dan menjunjung budaya lokal. Salah satu contohnya ada Green School di Bali, dan Sanggar Anak Alam di Yogyakarta.

IndonesiaSuasana kelas Sanggar Anak Alam Yogyakarta (sumber: Vice.com)

7. Inggris — Sekolah yang Membebaskan Siswanya

Kalau di Indonesia ada sekolah alam, Summerhill School di Inggris memiliki kurikulum yang membebaskan siswanya berkreasi. Semua siswa bebas memilih kelas sesuai bakat dan minatnya, masuk dan pulang jam berapa pun, dan melakukan apapun asal tidak mengganggu orang lain dan bisa mempertanggung jawabkannya. Gimana, teman-teman? Apa mau bersekolah di sini atau malah nggak suka dengan aturannya?

summerhill inggris
Siswa-siswi Summerhill School (sumber: alternativestoschool.com)
 

8. Jepang — Budaya Mandiri

Siswa di Jepang sudah diajarkan untuk menjadi mandiri sejak kecil, lho, teman-teman. Misalnya, siswa pra-sekolah (TK) sudah diajarkan untuk berangkat dan pulang sekolah sendiri. Dan juga, tidak ada petugas kebersihan yang membersihkan kelas, jadi para murid sendiri yang harus membersihkan kelas sepulang sekolah. Hayoo, siapa di sini yang masih suka bolos saat piket?

JapanSiswa-siswi yang membersihkan koridor sekolah (sumber: detik.travel.com) 

9. Italia — Sekolah Paling Sepi

Di salah satu kotanya yang bernama Turin, terdapat sekolah dengan hanya satu siswa. Bahkan, dijuluki lonely planet lho! Wah, ini beruntung atau kasihan ya dengan siswa dan gurunya? Serasa sedang belajar privat deh. 

Italia Satu-satunya siswa di sekolah (sumber: dailymail.co.uk)
 

Kalau disuruh memilih, kamu ingin bersekolah di negara yang mana? Mau belajar mandiri di Jepang, sekolah bebas di Inggris, atau mau coba sekolah alam di Indonesia? Apapun itu, pendidikan merupakan hal yang penting bagi kita. Formal maupun informal, asalkan itu bermanfaat, nggak ada salahnya dicoba kok. Yuk, cari guru les berkualitas untuk berbagai bidang di ruangles.

ruangles

 

Beri Komentar