Defend Your Thesis: 12 Cara Ampuh Persiapan Sidang Skripsi

Ruangguru Jan 4, 2016 • 4 min read


Di Indonesia, sidang skripsi adalah waktu yang paling menentukan untuk mendapatkan gelar sarjana. Skripsi yang telah kamu persiapkan dengan baik melalui penelitian yang sudah dijalankan, konsultasi dengan dosen pembimbing, hingga revisian yang seperti datang tiada henti. Semua yang kamu pelajari sepanjang kuliah juga akan ditentukan dalam hari itu. Oleh karena itu, jangan sampai kamu terlewat akan hal-hal yang mungkin sepele namun penting dalam menunjang sidang skripsimu. Dalam artikel kali ini, Ruangguru.com akan mencoba membantu merangkum hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan agar sidang skripsimu berjalan lancar :

1. Finalisasi Slide Presentasi

Persiapan Sidang Skripsi-slide design idea! slide design idea! 

Pastikan bahwa slide presentasi yang akan kamu gunakan sudah siap maksimal di H-2. Buatlah slide yang menarik, tetapi tetap bisa dibaca terutama oleh dosen pengujimu. Jangan menggunakan desain-desain yang alay ya!

2. Siapkan draft skripsi

Selain slide presentasi, pastikan bahwa kamu juga sudah menyiapkan hardcopy draft skripsi sebagai senjata kamu jika diberi pertanyaan yang cukup sulit oleh dosen pengujimu.

3. Simpan semua data secara online

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti laptop error, flashdisk hilang, ataupun data terinfeksi virus, amankan data skripsimu secara online seperti lewat sistem clouds di Google Drive atau Dropbox.

4. Kumpulkan kembali semua literatur

Pastikan bahwa seluruh sumber yang tertera dalam daftar pustaka seperti buku referensi, jurnal, atau sumber lain telah terdokumentasi dengan baik. Literatur ini juga dapat membantu kamu sewaktu-waktu kamu sedang ditanya oleh dosen pengujimu lho!

5. Siapkan pakaian yang akan dipakai

Siapkan pakaian yang akan kamu kenakan saat sidang. Pakaian yang dikenakan harus formal, dimana biasanya terdiri dari atasan putih, bawahan hitam, serta sepatu pantofel. Siapkan malam sebelumnya agar keeseokan harinya tidak terburu-buru hanya karena “ribet” masalah pakaian.

6. Tes peralatan pendukung

Persiapan Sidang Skripsi-Tes Alat Pendukung Prsentasi Tes Alat Pendukung Presentasi 

Tes kembali seluruh peralatan yang akan menunjang sidang skripsimu: pastikan laptop bisa dipakai, pointer, ataupun alat tulis penunjang yang mungkin diperlukan.

7. Cari informasi tentang dosen penguji

Kamu bisa juga mencari informasi mengenai gaya menguji dosen penguji kamu lho! Kamu bisa mengetahuinya dari teman yang diuji oleh dosen yang sama atau dari seniormu.

8. Daftar pertanyaan yang mungkin muncul saat sidang

Selain draft skripsi, kamu juga bisa membuat daftar prediksi mengenai pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh dosen pengujimu.

9. Latihan presentasi

Untuk mengurangi gugup saat sidang, kamu juga dapat berlatih presentasi agar lebih menguasai materi. Saat berlatih, kamu bisa meminta temanmu untuk menilai dan memberikan feedback untuk penampilan ataupun gaya presentasi kamu.

10. Jaga kesehatan

Kesehatan adalah salah satu poin penting yang harus diperhatikan menjelang sidang. Jangan sampai sidangmu gagal hanya karena kesehatanmu menurun. Makan bergizi serta istirahat yang cukup penting untuk menjaga stamina sebelum sidang.

11. Tidur awal

Say no to begadang! Kamu harus datang lebih awal di tempat sidang maksimal 1 jam atau 30 menit lebih awal. Untuk itu, jangan lupa tidur lebih awal pada malam harinya.

12. Berdoa

Persiapan Sidang Skripsi berdoa don't forget to pray 

Setelah berusaha maksimal, jangan lupa untuk berdoa juga ya teman-teman!

Semoga semuanya sukses dalam menempuh sidang akhir!

Cheers!

Beri Komentar