14 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia 2018 versi Kemenristekdikti

Shabrina Alfari

Apr 1, 2019 • 2 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


universitas swasta

Artikel ini memberikan data 14 universitas swasta terbaik di Indonesia tahun 2018 versi Kemenristekdikti

--

Squad, siapa bilang universitas swasta nggak sebagus universitas negeri? Eits jangan salah, di Indonesia ada banyak pilihan kampus swasta yang bisa kamu tuju selepas lulus SMA. Sistem pendidikannya pun nggak jauh beda kok. Status negeri dan swasta hanya menyatakan perbedaan jalur seleksi masuk dan keterkaitannya dengan pemerintah.

Perguruan tinggi swasta (PTS) juga terus berlomba-lomba untuk tampil lebih berkualitas, profesional, dan modern. Banyak juga lho perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia yang masuk ke dalam klasterisasi perguruan tinggi terbaik oleh Kemenristekdikti.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2018. Klasterisasi ini akan dijadikan Kemenristekdikti untuk melakukan pembinaan perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas, penyusunan kebijakan, dan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai performa perguruan tinggi di Indonesia.

universitas swasta

Kampus Universitas Islam Indonesia (Sumber: uii.ac.id)

Berdasarkan data pemeringkatan dari laman resmi Kemenristekdikti, perguruan tinggi swasta yang masuk ke 100 perguruan tinggi terbaik di tahun 2018 adalah berikut ini.

  1. Universitas Islam Indonesia peringkat 29
  2. Universitas Atma Jaya Jakarta peringkat 30
  3. Universitas Telkom peringkat 33
  4. Universitas Atma Jaya Yogyakarta peringkat 34
  5. Universitas Katolik Parahyangan peringkat 35
  6. Universitas Muhammadiyah Malang peringkat 36
  7. Universitas Muhammadiyah Surakarta peringkat 38
  8. Universitas Soegijapranata peringkat 39
  9. Universitas Bina Nusantara peringkat 40
  10. Universitas Kristen Petra peringkat 41
  11. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta peringkat 42
  12. Universitas Surabaya peringkat 45
  13. Universitas Sanata Dharma peringkat 49
  14. Universitas Tarumanegara peringkat 50

Squad, Kemenristekdikti menggunakan lima komponen utama untuk menilai performa perguruan tinggi di Indonesia, yaitu Kualitas SDM, Kualitas Kelembagaan, Kualitas Kegiatan Kemahasiswaan, Kualitas Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, dan Kualitas Inovasi.

Dari daftar peringkat perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia 2018 di atas, apakah ada universitas swasta impian atau favoritmu? Daftar di atas juga bisa menjadi acuan bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk memilih universitas swasta setelah lulus SMA nanti ya.

Masuk universitas negeri atau swasta itu pilihan Squad. Banyak juga lho jurusan-jurusan di universitas swasta yang lebih bagus atau lebih terkenal dibandingkan universitas negeri. Untuk bisa masuk ke universitas swasta kamu pun harus berusaha dengan keras agar bisa lulus ujian tes masuknya. Yuk, tingkatkan terus kemampuan dirimu menghadapi ujian dengan ruangbelajar. Rasakan #BelajarJadiMudah dengan video beranimasi, latihan soal, dan rangkuman infografisnya.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts