Ruangguru Blog

    15 Perasaan Terdalam yang Para Guru Ingin Semua Orang Ketahui

    By Ruangguru writer · Nov 25, 2016

    Profesi guru mungkin bukan profesi yang paling diminati oleh anak-anak zaman sekarang. Padahal, guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Tanpa seorang guru, mungkin kita tidak akan memiliki banyak ilmuwan hebat yang menciptakan inovasi-inovasi baru di dunia. Di sekolah, pasti kamu akan menemukan berbagai tipe guru. Ada yang galak, humoris, serius, ramah, dan lain-lain. Di balik sikap yang mereka tunjukkan saat mengajar, ada beberapa perasaan para guru yang tidak mereka perlihatkan kepada siapa pun. Apa saja ya, kira-kira? Yuk, simak 15 hal yang para guru ingin agar semua orang ketahui.

    “Saya tidak pernah menyesali segala kerja keras yang saya lakukan untuk para siswa.”

    Guru-guru melakukan tugasnya dengan penuh keikhlasan. Mereka tahu terkadang hasil kerja keras mereka tidak mendapatkan hasil yang sempurna. Namun, mereka tidak pernah menyesali kerja keras yang pernah mereka lakukan.

    “Saya sangat ingin murid saya memiliki prestasi yang baik, tetapi terkadang ada faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan siswa selain kompetensi saya dalam mengajar.”

    para guru Guru menguji kecerdasan siswa. (Sumber: theodysseyonline.com)

    Keberhasilan siswa adalah hal yang penting bagi para guru. Mereka akan melakukan yang terbaik untuk para siswanya. Harapan mereka adalah ketika mereka sudah mengusahakan yang terbaik, faktor-faktor lain dapat terkalahkan oleh usaha tersebut.

    “Saya sering tidak tidur di malam hari karena memikirkan siswa-siswi saya, dan bagaimana saya bisa menjadi guru yang lebih baik”

    para guru Guru memikirkan siswanya. (Sumber: cea-ace.ca)

    Ternyata guru-guru memiliki rasa tanggung jawab yang begitu besar terhadap pekerjaan dan siswa-siswinya. Mereka sampai tidak tidur demi menjadi pendidik yang baik dan dapat mencerdaskan penerus bangsa.

    “Ketika saya dipaksa untuk mengajar dengan cara tertentu yang tidak sesuai agar saya tidak dipecat, saya merasa telah mengkhianati diri saya sendiri dan para siswa.”

    Seorang guru tidak akan ada yang tega apabila harus mengajar siswanya dengan cara yang tidak efektif. Namun, kadang kala mereka dipaksa untuk mengikuti kurikulum tertentu. Tidak ada pilihan lain bagi mereka kecuali mengajar sesuai dengan pola kurikulum tersebut.

    “Seberapa keras saya bekerja selama satu tahun penuh.”

    Dalam satu tahun menyusun materi pelajaran untuk para siswa, seorang guru bekerja dengan sangat keras. Mereka tahu pendidikan bukanlah hal yang bisa dirancang secara asal-asalan. Mereka membuat rancangan pembelajaran dengan sungguh-sungguh dan penuh perhitungan.

    “Kebahagian terbesar saya sebagai guru adalah ketika para siswa yang pernah saya ajar datang dan menceritakan kesuksesan mereka sekarang."

    para guru Siswa mengunjungi guru saat sudah sukses. (Sumber: gettyimages.com)

    Siapa di antara kamu yang masih menjaga hubungan baik dengan para guru? Yuk, sempatkan setidaknya sekali dalam setahun untuk bertukar kabar dengan guru-gurumu. Mereka akan sangat bahagia, lho, jika mendengar kabarmu. Apalagi kalau kamu sudah sukses.

    “Saya adalah guru yang profesional dan terlatih.”

    Apakah menurutmu menjadi guru itu mudah? Ternyata tidak juga, lho. Mereka harus menempuh pendidikan juga layaknya seorang dokter atau insinyur. Mungkin kadang kamu merasa kurang cocok dengan cara mengajar seorang guru, tapi bukan berarti mereka tidak profesional. Mereka sudah menempuh pendidikan dan pelatihan untuk menjadi guru berkualitas.

    “Saya adalah guru kelas satu yang mengajar siswa yang sulit diatur sehingga saya cukup diawasi oleh manajemen. Sebagai dampaknya, saya tidak bisa seluwes yang saya mau dengan para siswa saya.”

    para guru Guru mengajar anak kecil. (Sumber: babysitting.academy)

    Terkadang guru ingin sekali akrab dengan para peserta didiknya. Namun, ada beberapa hal yang membuat mereka harus sedikit menjaga jarak. Oleh sebab itu, kamu sebetulnya tidak perlu takut jika memiliki beberapa hal yang ingin kamu sampaikan pada gurumu.

    “Saya mengerti bahwa sekolah bukan hanya tentang apa yang dipelajari dari buku, tetapi juga seberapa besar usaha yang dikeluarkan untuk belajar. Saya mencoba untuk melihat siswa saya sebagai diri mereka sendiri dan apa yang dapat mereka capai.”

    Seorang guru yang baik tidak akan pilih kasih terhadap siswanya. Mereka akan menganggap bahwa semua siswa memiliki potensi yang sama untuk menjadi pintar dan sukses.

    “Dari pengalaman hidup yang saya alami, saya ingin siswa saya mengerti bahwa apapun yang mereka hadapi, mereka tidaklah sendirian dan mereka pasti bisa melewatinya.”

    para guru Guru memperhatikan siswanya. (Sumber: britishcouncil.org)

    Para guru memiliki banyak harapan bagi siswanya. Mereka juga sangat perhatian, lho. Jadi, kalau kamu menemukan guru yang galak, bisa jadi diam-diam mereka berdoa untuk kebaikanmu.

    “Saya menghabiskan cukup banyak pendapatan saya untuk bahan ajar dan perlengkapan mengajar.”

    Seorang guru tidak sungkan mengeluarkan uang yang ia miliki untuk kepentingan mengajar, lho. Mereka rela membeli peralatan yang mungkin bisa membuat siswa lebih antusias dalam belajar. Namun, tidak jarang juga peralatan tersebut difasilitasi oleh sekolah.

    “Saya bekerja keras untuk bisa menciptakan lingkungan yang kondusif agar para siswa dapat berdiskusi secara terbuka mengenai apapun.”

    Siapa yang masih suka malu-malu bertanya saat di kelas? Seringkali suasana di kelas langsung hening ketika guru mengajak siswa untuk bertanya. Padahal, para guru berusaha untuk membuat para peserta didiknya kritis dan banyak bertanya. Jadi, jangan pernah ragu untuk bertanya ya, smart buddies.

    “Saya melakukan hal terbaik yang saya bisa.”

    Guru hanyalah manusia biasa yang pasti memiliki kekurangan. Guru juga tidak selalu benar, kadang mungkin ia salah menghitung atau terbalik dalam menyampaikan sesuatu tanpa sengaja. Jangan sampai kamu jadi menjelek-jelekkan mereka, ya. Mereka sudah melakukan yang terbaik yang bisa mereka berikan kepadamu.

    “Saya harap orang-orang tahu bahwa saat SMA saya adalah anak yang bandel meskipun memiliki nilai cemerlang. Menjadi seorang guru telah membuat saya belajar menjadi siswa yang lebih baik.”

    Di masa lalunya, seorang guru juga pernah menjadi siswa, lho. Setelah menjadi guru, mereka sadar bahwa kenakalan adalah hal yang tidak bisa dibenarkan. Meskipun seorang siswa berprestasi baik, kepribadian yang baik tetaplah hal utama yang orang-orang lihat.

    “Saya ingin agar pemerintah melakukan investasi terhadap pendidikan.”

    para guru Investasi dalam bidang pendidikan. (Sumber: worldbank.org)

    Guru adalah sosok yang terjun langsung di dunia pendidikan. Ia merupakan eksekutor dari segala kebijakan pendidikan yang dibentuk oleh pemerintah. Seorang guru adalah pihak yang paling mengetahui keadaan pendidikan, terutama di tempatnya mengajar. Jadi, tidak heran kalau mereka ingin agar pemerintah melakukan investasi yang paling optimal di bidang pendidikan.

    Itu dia 15 hal yang para guru ingin agar orang-orang tahu. Bertepatan dengan tanggal 25 November ini diperingati sebagai Hari Guru Nasional, lho. Ucapakan selamat dan sampaikan rasa terima kasih kepada guru-gurumu ya! Boleh juga lho mengapresiasi mereka dengan mempersembahkan kado sederhana yang berkesan.

    Guru seperti apa sih yang menjadi favoritmu? Berikan pendapatmu di kolom komentar, ya. Share juga artikel ini ke teman-temanmu. (AZN/TN)

    Share this:

    Tags: Wow ternyata

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru