2 Program Studi Baru di Vokasi UI, Apa Saja?

program vokasi ui

Artikel ini membahas dua program studi baru yang ada di Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI)

Squad, ada kabar baru nih dari Universitas Indonesia. Beberapa waktu lalu, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia atau Vokasi UI membuka dua program studi (prodi) baru di bidang Komunikasi. Wah, kira-kira apa saja ya program studinya?

Dilansir dari website resmi ui.ac.id, Vokasi UI membuka dua program studi baru yaitu Prodi Periklanan Kreatif dan Prodi Penyiaran Multimedia. Para lulusan SMA/SMK/Sederajat sudah bisa memilih kedua prodi tersebut melalui jalur penerimaan SIMAK UI 2019. Apakah kamu salah satunya yang sudah mendaftar pada SIMAK UI 2019 lalu Squad?

1. Prodi Periklanan Kreatif

Prodi Periklanan Kreatif mempelajari cara untuk menjadi profesional kreatif yang terampil, mampu menciptakan dan mengeksekusi iklan multimedia serta mampu juga mempertanggungjawabkannya dengan kinerja keuangan yang terukur.

program vokasi ui- periklanan kreatifPeriklanan kreatif (Sumber: ui.ac.id)

Para lulusan dari prodi ini diharapkan akan menjadi tenaga terampil pada bidang perencanaan usaha (account planning), terampil dalam bidang kreatif dan media (creative and media), dan terampil pada bidang pengukuran kinerja program periklanan.

Tak hanya itu, Vokasi UI juga akan membekali mahasiswa dari prodi ini agar dapat menjadi tenaga kerja hybrid yang sangat ideal dan mumpuni di industri periklanan dalam dan luar negeri.

2. Prodi Penyiaran Multimedia

Selanjutnya, prodi Penyiaran Multimedia berfokus pada pembekalan kemampuan perencanaan dan pelaksanaan produksi hingga pasca produksi dalam sebuah karya penyiaran dan multimedia, baik itu untuk konten televisi, radio, media sosial, serta multimedia lainnya sesuai dengan kaidah etika profesi.

program vokasi ui-prodi penyiaran multimediaPenyiaran (Sumber: businessinsider.com)

Lulusan dari prodi ini juga akan memiliki peluang karir yang luas di dunia penyiaran, lho. Misalnya, penulis naskah (script writer), asisten produser, produser, reporter, camera person, switcher, editor, multimedia officer, koordinator peliputan dan banyak lagi.

Prodi Penyiaran Multimedia juga telah dilengkapi dengan dua laboratorium yaitu Studio TV Vokasi UI dan Studio Vocast Radio. Seru ‘kan?

3. Tujuan penambahan prodi baru di Vokasi UI

Penambahan prodi baru ini merupakan upaya Vokasi UI untuk menjawab kebutuhan industri akan lulusan yang memiliki skill profesional, lho. Direktur Program Pendidikan Vokasi UI Prof. Dr. Ir. Sigit Pranomo Hadiwardoyo pun menambahkan, seperti yang dikutip dari website resmi UI, kurikulum Vokasi UI juga telah dikembangkan dengan mengaplikasikan teknologi terapan serta melakukan terobosan kurikulum yang tepat guna dan skill based competency.

Kedua prodi ini merupakan pengembangan dari peminatan menjadi program studi. Dengan masuk ke prodi ini, para mahasiswa yang berminat di bidang ini bisa lebih fokus mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya dalam menghadapi kebutuhan industri.

program vokasi uiVokasi UI (Sumber: sindonews.com)

4. Program Vokasi UI

Vokasi UI menyelenggarakan pendidikan tinggi jenjang diploma tiga dengan gelar ahli madya dan ditempuh dalam waktu 3 tahun. Dengan tambahan dua prodi baru ini, Vokasi UI kini memiliki 13 prodi yang terbagi menjadi Bidang Studi Administrasi dan Bisnis, Bidang Sosial Humaniora, dan Bidang Studi Kesehatan.

Kurikulum Vokasi UI menitikberatkan pada praktikum, sehingga diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang siap kerja. Kurikulum ini dinamakan kurikulum 321, di mana mahasiswa selama 3 semester belajar di kelas dan laboratorium, 2 semester belajar di industri dan 1 semester magang, sehingga saat lulus mereka benar-benar kompeten di bidangnya. Selain itu, lulusan Vokasi UI juga lulus uji kompetensi sehingga tidak hanya memperoleh ijazah tetapi juga sertifikat kompetensi.

Mau masuk Vokasi UI, Squad? Ayo, persiapkan diri kamu untuk bisa bersaing menjadi mahasiswa jaket kuning di ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D