Perhatikan 3 Hal Ini dalam Membuat Resolusi Tahun Baru

Maya Martha

Jan 3, 2019 • 2 min read

sukses kerja


Tahun baru, saya yang baru”, kalimat ini biasanya akan Anda dengar menjelang akhir tahun. Pernyataan yang mengartikan bahwa adanya keinginan untuk menjadi manusia berbeda dari tahun sebelumnya. Keinginan ini tidak salah, namun tidak jarang harapan tersebut gagal karena resolusi yang dibuat terlalu membebani diri sendiri. Untuk itu, terdapat 3 hal yang perlu diperhatikan bila Anda ingin membuat resolusi agar terwujud di tahun baru ini.

1. Merefleksikan apa yang sudah dilakukan dan mengembangkannya dengan perubahan kecil

tahun baru

Memulai dengan hal-hal kecil (sumber: blog.trello.com)

Mengubah apa yang sudah menjadi kebiasaan Anda tidak mudah. Maka, lebih baik Anda merefleksikan apa yang sudah Anda lakukan di tahun sebelumnya dan membuatnya menjadi lebih efektif. Di tahun lalu Anda menyukai olahraga namun Anda sulit membagi waktu, maka Anda bisa memulainya dengan tidak menggunakan escalator tetapi menaiki tangga hingga sampai ke ruangan kerja Anda. Mengembangkannya dengan bertahap juga bukan merupakan usaha yang besar. Pada awalnya Anda terbiasa berolahraga dengan lari pagi selama 10 menit, maka Anda bisa menambahkannya menjadi 15 menit. Penting untuk diperhatikan bahwa resolusi Anda harus dimulai dari hal-hal yang mudah bagi diri Anda sendiri!

Baca juga: 5 Trik Bangun Network Bagi Mahasiswa

 2. Berani untuk konsisten

tahun baru

Tetap konsisten agar resolusi tercapai (sumber: investorplace.com)

Apapun resolusi yang Anda buat, lakukanlah sekarang dan jangan ditunda! Berkomitmen untuk konsisten dapat membentuk suatu kebiasaan karena Anda melakukannya secara teratur. Bila Anda ingin menjadi lebih sehat dengan mengkonsumsi sayur dan buah tetapi setiap hari Anda masih jajan di pinggir jalan, maka Anda tidak akan mencapai resolusi Anda untuk menjadi lebih sehat di tahun ini. Dengan tetap bersikap konsisten, maka Anda dapat melihat apakah resolusi Anda sudah tercapai baik atau masih membutuhkan usaha-usaha Anda lagi yang lain.

 3. Nikmati prosesnya

tahun baru

Menikmati setiap langkah prosesnya (sumber: insperity.com)

Pada awal Anda membuat resolusi, Anda telah merencanakannya hingga akhir tahun baru untuk mendapatkan sebuah hasil. Di saat Anda menjalaninya, tidak perlu takut bila Anda menemukan banyak saran atau kritik dari orang-orang sekitar karena hal tersebut justru dapat mempercepat pencapaian Anda. Sesuatu hal yang wajar juga apabila proses Anda tergolong lambat. Anda akan belajar banyak hal jika Anda menikmati prosesnya.

Rekan Kerja, tiga hal ini sebaiknya Anda perhatikan agar resolusi Anda dapat terwujud  sesuai dengan keinginan Anda. Menjadi seseorang yang baru di tahun yang baru memang cukup menantang, namun jangan sampai Anda menjadi terlalu keras dengan diri Anda sendiri sehingga pada akhirnya Anda tidak menghasilkan apa-apa. Sebaiknya membuat resolusi yang realistis dan sesuai dengan kemampuan saja karena dengan menjadi diri Anda yang sama namun lebih baik akan lebih berharga di tahun yang baru.

Anda juga dapat membaca artikel-artikel lain yang dapat menunjang kemampuan Anda di lingkungan sosial dan pekerjaan melalui aplikasi ruangkerja! Unduh sekarang di App Store dan Play Store! GRATIS!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts