3 Jenis Tes Berbasis Komputer yang Harus Kamu Ketahui

Ruangguru Mar 8, 2016 • 3 min read


 

3 Jenis Tes Berbasis Komputer Sumber: www.itp.net

 

Selama ini, umumnya kita mengerjakan tes di atas kertas, dengan berbekal pensil, pulpen, penghapus, atau tip-ex sebagai amunisinya. Namun, tahukah teman-teman bahwa ada 3 jenis tes berbasis komputer yang bisa kita ikuti di Indonesia? Mari simak penjelasan kami berikut ini. :)

1. TOEFL CBT (Computer-Based Test)

Computer Based Test TOEFL Sumber: www.asianscientist.com

 

Selain berbasis kertas (PBT) dan berbasis internet (iBT), TOEFL juga memiliki tes berbasis komputer (CBT). Jenis tes ini mengharuskan peserta untuk mengerjakan soal menggunakan perangkat lunak resmi dari Educational Testing System (ETS) sebagai penyelenggara TOEFL internasional. Materi yang diujikan antara lain mendengar, membaca, menulis, dan berbicara dengan total waktu 2 hingga 2,5 jam. Skor tertinggi pada TOEFL CBT adalah 330.

2. UN Berbasis Komputer (UNBK)

 

Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer Sumber: pemerintah.net

 

Indonesia juga ikut menyelenggarakan tes berbasis komputer sejak 2015, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk dapat menyelenggarakan UNBK, sekolah harus mendaftarkan diri dan memenuhi syarat kecukupan infrastruktur, sumber daya manusia, serta kesiapan para pesertanya itu sendiri. Untuk mengerjakan soal UN, siswa harus log in menggunakan username dan password yang tertulis di kartu ujian. Jadi, jangan sampai lupa membawa kartu ujian, ya!

3. SBMPTN CBT

 

SBMPTN CBT 2016 Sumber: fikrielchicharito24.blogspot.com

 

Mengikuti jejak Ujian Nasional, ternyata Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) juga akan menyelenggarakan tes berbasis komputer di 2016 ini. SBMPTN CBT kurang lebih menggunakan sistem yang sama dengan TOEFL CBT, yaitu peserta mengerjakan soal di perangkat lunak resmi yang telah disiapkan oleh panitia penyelenggara. Saat mendaftar nanti, teman-teman bisa memilih untuk mengikuti SBMPTN CBT, dengan syarat fasilitas pendukungnya sudah tersedia di area ujian yang kamu pilih. :)

Untuk teman-teman yang tahun ini akan mengikuti tes berbasis komputer, harap persiapkan dengan baik, ya! Jangan lupa untuk berlatih karena pengalaman mengerjakan tesnya pasti berbeda dengan versi kertas yang selama ini biasa kamu kerjakan. :D

Cheers! ;)

Beri Komentar