4 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Coding

Dian Chairunnisa Jul 13, 2015 • 3 min read


Seperti membaca dan menulis, belajar coding membuka banyak kesempatan pada kita, terlebih lagi di era yang serba digital ini.  Bagi kamu yang belum tahu, kode adalah bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer, aplikasi handphone dan website. Seperti halnya bahasa-bahasa yang ada di dunia, ada berbagai macam jenis bahasa pemograman seperti HTML, Javascript dan Python. Walau mungkin bagi sebagian orang, coding bisa terlihat sangat rumit,  tapi saat ini banyak kok cara untuk mulai belajar dan lebih banyak lagi alasan untuk mempelajarinya. Yuk, simak 4 alasan utama kenapa kamu harus belajar coding! 

1. Bahasa Masa Depan 

Menggunakan gadget dan membuka aplikasi  sudah menjadi kegiatan kita sehari-hari. Dengan paparan teknologi yang begitu tinggi tidak ada salahnya kita mengenal bahasa yang ada di baliknya.Walaupun kamu tidak berniat untuk membuat website atau bekerja di industri teknologi, belajar sedikit tentang HTML dan CSS tidak ada ruginya, karena di bidang apapun kamu pasti akan bersinggungan dengan komputer. Kamu bisa mengggunakannya untuk membuat newsletter yang mengagumkan atau sesimpel mendesain email yang keren untuk pelanggan. Mengerti kode menjadi nilai tambah dan keuntungan sendiri karena teknologi adalah bagian dari masa depan.

2. Kesempatan yang tak terbatas

belajar coding
Memiliki kesempatan kerja yang luas (Sumber: negativespace.co)
 

Teknologi membuka kesempatan yang besar untuk jenis pekerjaan baru. Saat ini wifi dan smartphone memungkinkan banyak orang untuk bekerja jarak jauh, di mana saja dan kapan saja, karena itu memiliki pengetahuan tentang teknologi dan coding akan sangat membantu. Coding juga mendorong kewirausahaan karena cara tercepat untuk mengembangkan  produk dan layanan yang baru dan inovatif adalah dengan teknologi.

3. Mengasah kreativitas dan problem solving 

mengasah kreativitasMampu mengasah kemampuan diri (Sumber: digitoglobal.com.au)
 

Saat ini kreativitas tidak terbatas hanya pada seni lukis atau musik, tapi sudah merambah ke dunia digital seperti membuat website. Menururt Jason Togyer, dari Carnagie Mellon University School of Computer Science, computational thinking dapat membantu kita dalam memecahkan masalah dan memahami pelajaran yang berbasis seni. Coding merupakan contoh berpikir out of the box yang baik karena kita dapat leluasa untuk berkarya. Selain itu kita juga akan lebih terbiasa berpikir terstruktur, sistematis dan efisien.

4. Kesempatan untuk membuat perubahan 

Aplikasi smartphone(Sumber: entrepreneur.com)
 

Belajar coding memberi kamu kesempatan untuk menjadi lebih produktif, karena kamu tidak hanya menjadi pengguna aplikasi tetapi menjadi pembuat aplikasi yang dapat membantu dan diakses banyak orang. Mark Zuckerberg membuktikan ini dengan membuat Facebook yang telah berhasil mengubah cara jutaan orang bersosialisasi dan berinteraksi di dunia maya.

Selain 4 alasan di atas, masih banyak sekali alasan kenapa kamu harus belajar coding. Ajakan ini juga sebenarnya sudah banyak disuarakan tokoh-tokoh ternama seperti Barack Obama. Gimana kamu cukup tertarik 'kanNah, buat kamu yang udah nggak sabar untuk belajar coding segera cari guru di ruangles yukKalau kamu punya alasan lain untuk belajar coding jangan lupa tinggalkan pesan di kolom komentar ya! Selamat belajar coding !

ruangles

Beri Komentar