4 Cara Orang Tua Mempersiapkan Kelulusan Anak

Hani Ammariah Apr 2, 2020 • 4 min read


persiapan kelulusan anak

Artikel ini memberikan empat tips yang bisa para orang tua lakukan untuk mempersiapkan kelulusan atau kenaikan kelas anak.

--

Kelulusan dan kenaikan kelas merupakan momen yang paling dinanti oleh anak maupun orang tua. Setiap orang tua pasti berharap agar anak bisa lulus atau naik kelas dengan nilai yang maksimal. Tapi, apakah Bapak/Ibu tahu, orang tua juga bisa ikut berperan langsung dalam mempersiapkan kelulusan atau kenaikan kelas anak. Berikut tips yang bisa Bapak/Ibu lakukan untuk mempersiapkan kelulusan atau kenaikan kelas anak.

 

1. Persiapkan Diri Anak dengan Baik

mendampingin anak belajar

(sumber: todaysparent.com)

Agar anak dapat lulus/naik kelas dengan hasil yang maksimal, diperlukan persiapan yang matang. Anda bisa mulai dengan memperhatikan perkembangan belajar dan mengatur kegiatan sehari-hari anak di rumah. Jika Anda merasa bingung untuk membagi waktu antara bekerja dan menemani anak belajar di rumah, buatlah jadwal belajar harian anak, agar dapat disesuaikan dengan waktu Anda bekerja. Ajak anak berdiskusi terkait materi atau tugas yang masih belum ia pahami. Selain itu, evaluasi belajar juga bisa Anda lakukan untuk melihat sejauh mana anak Anda menguasai suatu materi.

Baca juga: 6 Cara Agar Anak Tidak Ketinggalan Pelajaran Selama Belajar di Rumah

2. Bangun Kepercayaan Diri pada Anak

bangun kepercayaan diri pada anak

(sumber: rd.com)

Ekspektasi orang tua yang tinggi terhadap anak sering membuat kepercayaan diri anak menurun. Anak akan merasa terbebani dan takut jika hasil yang ia peroleh nanti tidak sesuai dengan harapan orang tua. Oleh sebab itu, buatlah anak Anda kembali percaya diri dengan terus memberi dukungan dan semangat. Yakinkan bahwa ia bisa melalui proses belajar ini hingga waktu kelulusan/kenaikan kelas tiba. Beri apresiasi disetiap pencapaian yang ia peroleh dari proses belajarnya, bisa melalui ungkapan, pelukan, atau memberikan hadiah kecil. Hal sederhana seperti itu, justru akan membuat anak merasa dihargai di setiap proses belajar yang ia jalani.

3. Berikan Waktu Istirahat yang Cukup untuk Anak

istirahat yang cukup

(sumber: naturalsleepmattress.com)

Belajar untuk persiapan kelulusan/kenaikan kelas memang menjadi hal prioritas yang harus dilakukan anak. Namun, hal ini jangan membuat Anda jadi mengurangi waktu bermain dan istirahat anak, ya. Perlu diketahui, terlalu banyak belajar akan membuat anak Anda menjadi stress, badan menjadi lelah, dan sulit untuk berkonsentrasi. Akibatnya, hanya sedikit ilmu yang bisa ia serap.

Beri anak Anda waktu istirahat yang cukup. Bermain game atau menonton tv bisa membuat pikiran dan tubuh anak Anda menjadi rileks kembali. Pastikan juga ia tidur tepat waktu dan tidak belajar hingga larut malam karena dapat mengganggu kesehatan. Bila perlu, buatlah jadwal rutin agar anak dapat membagi waktu untuk belajar dan bermain dengan porsi yang tepat.

Baca juga: 4 Aktivitas yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga di Rumah

4. Bantu Kelola Emosi Anak Agar Tidak Stress

kelola emosi pada anak

(sumber: parentmap.com)

Persiapan untuk menghadapi kelulusan/kenaikan kelas dapat memicu anak menjadi stress. Orang tua harus bisa lebih mengerti kondisi anak dengan membaca bahasa tubuhnya, seperti ekspresi wajah, pandangan mata, suara, serta postur dan gerakan tubuh. Beri anak Anda waktu untuk sendiri dan beristirahat apabila sudah menunjukkan ekspresi bosan atau tidak mood lagi dalam belajar. Hindari hal-hal yang dapat membuatnya menjadi sensitif dan tidak semangat belajar.

Selain itu, Anda juga bisa mengajaknya bercerita mengenai perasaan yang sedang ia alami. Hal ini bertujuan untuk mengetahui masalah apa yang sedang ia dihadapi dan Anda bisa memberi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan begitu, akan terjalin hubungan saling percaya antara anak dengan orang tuanya. Anda jadi lebih bisa mengenal dan tahu seberapa besar perubahan yang terjadi pada pola pikir dan sikap anak Anda.

 

Itulah beberapa cara yang bisa Bapak/Ibu terapkan untuk mempersiapkan kelulusan/kenaikan kelas anak Anda. Semoga anak Anda dapat lulus dengan hasil yang maksimal nantinya. Satu hal yang perlu Anda ingat, hargai setiap usaha yang anak Anda lakukan. Bila hasilnya di luar ekspektasi Anda, beri ia semangat agar bisa lebih baik untuk kedepannya.

Ruangguru menyediakan layanan pendidikan, yaitu ruangbelajar yang bisa Anda coba. Pembelajaran dilakukan secara online melalui video belajar beranimasi dan ribuan latihan soal.

ruangbelajar

Beri Komentar