Peluang Masuk STAN: 7.301 Kuota di Tahun 2018, Kamukah Salah Satunya?

Rabia Edra Apr 11, 2018 • 4 min read


RG Squad, kamu ingin melanjutkan kuliah ke STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)? Semangat! Peminatnya memang banyak sekali sehingga membuat persaingannya menjadi juga sangat tinggi. Hal ini dikarenakan reputasinya yang bagus, lulusannya berkualitas, dan biaya sekolahnya yang gratis sampai lulus. Namun, jangan khawatir, kamu pasti punya peluang masuk STAN! Tetapi, perhatikan dulu ketentuannya untuk tahun ajaran 2018/2019 sehingga kamu tidak salah langkah mengejar impian. Simak ya!

Hayo, siapa yang tahu kalau Politeknik Keuangan Negara STAN berada di bawah naungan Kementerian Keuangan? Makanya, biaya perkuliahannya dapat ditanggung Anggaran Pembelanjaan dan Belanja Negara (APBN). Wah, sangat membantu meringankan beban orang tua 'kan

Selain itu, menurut Surat Menpan-RB nomor B/225/M.SM.01.00/2018 tentang Persetujuan Prinsip Tambahan Kebutuhan CPNS dari Siswa/SiswiPKN STAN Tahun Anggaran 2018, terdapat kuota mahasiswa sebesar 7.301 orang. Hampir 80% dari lulusannya nanti akan bekerja untuk Kementerian Keuangan, sedangkan 20% bekerja untuk non-Kementerian Keuangan (lembaga pemerintahan lainnya). Masa depan yang menjanjikan inilah menjadi faktor pendukung mengapa banyak calon mahasiswa tertarik dengan kampus ini. 

Tetapi, tahukah kamu selama masa perkuliahan, diterapkan sistem Drop Out (DO)? Tenang, rasa solidaritas antarmahasiswa yang sangat kuat, membuat sering dilakukannya sesi belajar bersama sebagai upaya agar tidak ada yang di-DO, dan bisa lulus bersama. Menarik banget, ya? 

Nah, lalu jurusan apa saja yang bisa kamu daftarkan di periode registrasi 9-30 April 2018 ini? Perhatikan poin-poin berikut ini:

1. Akuntansi

peluang masuk stan

(Sumber: rocketmanajemen.com)

Inilah salah satu jurusan yang paling diincar calon mahasiswa, sehingga juga menjadi yang paling sulit ditembus. Namun, jaminan pekerjaan yang sangat bagus akan membayar susah payahnya kamu saat berjuang tes. Oh ya, terdapat dua program studi di dalamnya yaitu D-III akuntansi dan D-IV akuntansi. Lalu, apa yang akan kamu pelajari? Tentu saja penerapan dan pengembangan ilmu serta teknologi di bidang akuntansi. Selain itu, kamu juga dituntut untuk meningkatkan kompetensi dalam hal tata kelola keuangan yang baik.

2. Kepabeanan dan Cukai 

peluang masuk stan(Sumber: beacukai.go.id) 

Jurusan yang sering dikenal dengan sebutan Bea Cukai ini juga terdiri dari dua program studi. Pertama, D-I Kepabeanan dan Cukai dan D-III Kepabeanan dan Cukai. Ada beberapa syarat khusus bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar jurusan ini. Contohnya, minimum tinggi badan 165 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk perempuan. Selain itu juga tidak diperbolehkan buta warna, menggunakan kacamata (minus/plus/silindris maksimal di angka 2 dioptri), dan cacat badan. Sebab ketika bekerja nanti, petugas bea cukai harus memiliki ketangkasan dalam memeriksa barang-barang yang mencurigakan khususnya di bagian imigrasi. 

3. Manajemen Keuangan

Khusus untuk yang mau jadi bendahara di pemerintahan, jurusan ini pas banget untuk kamu. Dikarenakan tugasmu nantinya adalah mengurus anggaran, kebendaharaan, dan kekayaan negara. Selain itu, kamu akan mempelajari penyusunan APBD, sistem perencanaan anggaran, dan tentang berbagai macam kementerian yang ada di negara. Hmm, terdengar rumit ya? Tapi tenang, semua akan berguna untuk ke depannya, kok! Bagi kamu yang tertarik, ada tiga program studi yaitu D-III Kebendaharaan Negara, D-III Manajemen Aset, dan D-I Kebendaharaan Negara.

4. Pajak

peluang masuk stan

Dilihat dari kuota penerimaan STAN di tahun ini, ternyata porsi paling besar diperuntukkan bagi calon mahasiswa jurusan pajak. Seperti manajemen keuangan, terdapat tiga program studi pada jurusan ini yaitu D-III Pajak, D-III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai, D-I Pajak. Proses belajar mengajar bagi mahasiswa D-III akan berlangsung di Kampus STAN Bintaro. Sementara, untuk mahasiswa D-1 Pajak akan tersebar di 11 kota-kota besar di Indonesia.  

Nah, ketentuan yang sudah ditulis di atas bisa kamu peroleh informasinya secara lengkap di sini ya!

Pengumuman SPMB PKN STAN 2018

Jika kamu memang berminat ingin masuk STAN, belajar lebih giat ya dan persiapkan mentalmu! Sebelum menghadapi tes, yuk, latih kemampuanmu sekarang dengan tryout STAN gratis ruanguji dari Ruangguru.

New call-to-action

Beri Komentar