4 Kegiatan yang Bisa Squad Ikuti Sewaktu Kuliah

Andrea Lidwina

Mar 13, 2019 • 4 min read

Siap kuliah


SK_-_kegiatan_yang_bisa_diikuti_sewaktu_kuliah-01

Artikel ini membahas tentang kegiatan-kegiatan yang bisa diikuti mahasiswa semasa berkuliah selama empat tahun

--

Masa kuliah selama kurang lebih empat tahun harus diisi dengan kegiatan bermanfaat nih, Squad. Selain mengejar ilmu di dalam kelas, kamu pun harus mengembangkan diri atau menambah soft skill yang kamu miliki. Wah, bagaimana caranya, ya? Yuk, simak empat kegiatan yang bisa kamu ikuti saat kuliah!

1. Organisasi mahasiswa

kegiatan sewaktu kuliah

Jika Squad bergabung dengan organisasi mahasiswa, kamu bisa mengadakan berbagai kegiatan di kampus (Sumber: idntimes.com)

Squad, kamu bisa ikut organisasi mahasiswa di tingkat jurusan (disebut Himpunan Mahasiswa), fakultas, maupun universitas (disebut Badan Eksekutif Mahasiswa atau Senat). Organisasi semacam ini memiliki hierarki kepemimpinan lho, mulai dari Ketua BEM atau Himpunan, Ketua Departemen, hingga Staf. Orang yang mengisi jabatan-jabatan tersebut mempunyai tugas masing-masing yang perlu dikerjakan agar kepengurusan organisasi itu bisa berjalan dengan baik.

Ketika Squad ikut dalam organisasi mahasiswa, kamu akan menjalankan program kerja atau kegiatan yang sesuai dengan kepentingan organisasi dan target sasaran yang diliputinya, seperti seluruh mahasiswa satu jurusan, dosen, atau karyawan.

Jadi, bakal sibuk banget, ‘kan? Tentu, sebab kamu akan banyak ikut rapat setelah jam kuliah selesai. Namun, Squad akan banyak mendapat manfaat kok dari kesibukan ini. Kegiatan-kegiatan di organisasi mahasiswa akan melatih sikap kepemimpinan dan tanggung jawab kamu. Pertemanan kamu pun pasti akan semakin luas!

2. Unit kegiatan mahasiswa (UKM)

kegiatan sewaktu kuliah

Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) UI mengadakan pendakian gunung secara rutin (Sumber: anakui.com)

UKM biasanya terbentuk karena suatu minat, hobi, atau spesialisasi tertentu di bidang seni, olahraga, sosial, dan lain-lain. Misalnya, UKM Sepak Bola, UKM Paduan Suara, dan UKM Pencinta Alam. Jadi, para mahasiswa yang ikut dalam sebuah UKM memang memiliki ketertarikan yang sama dalam bidang tersebut.

Apabila Squad bergabung dengan satu UKM, kamu bisa mengasah dan menambah kemampuan kamu di bidang tersebut lho! Selain itu, UKM biasanya didirikan di tingkat universitas sehingga Squad akan punya banyak sekali teman dari fakultas lain.

UKM umumnya mengadakan pertemuan secara reguler untuk latihan bersama. Hasil dari latihan itu pun ditampilkan dalam pertunjukan tahunan atau dengan mengikuti kompetisi nasional hingga internasional. Seru banget ‘kan, Squad?

3. Kepanitiaan

kegiatan sewaktu kuliah

Terlibat dalam kepanitiaan membuat kamu sibuk ikut rapat setelah jam kuliah (Sumber: lintasterkini.com)

Aktif dalam kepanitiaan sebenarnya hampir sama dengan ikut dalam organisasi mahasiswa. Bedanya, kamu tidak terikat dengan sistem keanggotaan organisasi. Oleh karena itu, kalau Squad nggak siap untuk menjalani kewajiban anggota organisasi mahasiswa, kamu bisa nih terlibat di kepanitiaan suatu kegiatan. Squad tentu ikut mempersiapkan kegiatan yang akan berlangsung, tetapi setelah kegiatan itu selesai, tugas kamu pun selesai. Jadi, setelah itu, kamu bisa ikut kegiatan di bidang lain deh!

4. Pertukaran pelajar

kegiatan sewaktu kuliah

Kamu akan punya banyak teman dari berbagai negara jika ikut pertukaran pelajar! (Sumber: miner8.com)

Squad mau cari pengalaman di luar negeri? Kamu bisa lho mencari beasiswa atau program pertukaran pelajar (student exchange) ke negara lain. Di sana, kamu pasti akan mendapat pengetahuan baru dan belajar menyesuaikan diri dengan kultur yang berkembang. Nah, biasanya pertukaran pelajar memiliki jangka waktu yang panjang, yaitu satu semester atau satu tahun.

Jika kamu lebih tertarik untuk mencari pengalaman di luar negeri dengan jangka waktu yang pendek, Squad bisa ikut konferensi internasional! Konferensi jenis ini bisa bersifat akademik dan nonakademik. Untuk yang bersifat akademik, kamu biasanya diminta membuat dan mengirimkan paper terlebih dahulu untuk diseleksi. Jika lolos, barulah kami bisa mengikuti konferensi tersebut. Untuk yang bersifat nonakademik, kamu akan berkumpul dengan anak muda dari seluruh dunia untuk membahas isu tertentu. Menarik sekali ya, Squad!

Eits, tunggu dulu, Squad. Sebelum kamu memilih kegiatan apa yang akan kamu ikuti sewaktu kuliah, kamu harus menyelesaikan pendidikan di SMA dengan baik ya. Kalau ada PR yang sulit, kamu bisa menggunakan ruanglesonline lho! Squad cukup foto soal yang belum bisa kamu kerjakan, lalu langsung terhubung dengan tutor yang akan mengajarkan kamu cara menjawab soal tersebut. Jadi, kamu tidak hanya bisa menjawab soal itu, tetapi juga paham bagaimana cara menyelesaikannya. Ayo download sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts