Jenis-Jenis Profesi yang Tetap Dibutuhkan di Masa Pandemi COVID 19

Ruangguru Sep 14, 2020 • 6 min read


SA Prakerja - Profesi yang dibutuhkan di masa pandemi covid 19-01

Artikel ini berisi informasi profesi apa saja yang dibutuhkan di masa pandemi covid 19

--

Fenomena pandemi COVID-19 masih menjadi persoalan masyarakat di Indonesia. Pada sektor kesehatan, sudah jelas ini menjadi masalah yang serius. Ratusan ribu manusia meninggal, dan jutaan terkapar di kasur-kasur Rumah Sakit. Pada sektor pendidikan, hampir seluruh dunia meliburkan sekolah formal. Proses belajar mengajar pun berpindah ke rumah dan dilakukan secara virtual. Tentunya butuh adaptasi bagi guru-guru yang belum terbiasa, begitupun dengan siswa-siswa. Tapi kadang ada pula siswa yang tidak memiliki akses untuk mengikuti pembelajaran digital.

Selain itu semua, hal yang sama dan sangat terasa dampaknya adalah sektor ekonomi. Banyak yang harus kehilangan pekerjaan, banyak yang gulung tikar, banyak pula yang dirumahkan. Kebutuhan sehari-hari terus harus dipenuhi, sementara pemasukan berkurang tiap hari. Akhirnya, banyak yang mulai mendapatkan ide untuk membuka usaha kecil-kecilan dari rumah. Seperti membuat kue, membuat masker kain, membuat makanan, atau yang lainnya.

Tapi, bukan itu saja peluang yang dapat menghasilkan. Selain profesi menjadi pebisnis, ada juga profesi-profesi lain yang sangat dibutuhkan. Yaitu digital marketing. Kurang maksimal kalau apa yang sudah dibuat, tapi tidak bisa mencapai target pasar yang sesuai, Maka dari itu, di momen yang serba dilakukan secara digital ini, profesi atau keahlian digital marketing adalah salah satu yang paling dibutuhkan. Beberapa profesi di bidang digital marketing yang bisa kamu pelajari dan bisa mendatangkan penghasilan buat kamu, akan kita bahas di artikel ini. Simak baik-baik ya.

4 Profesi yang dibutuhkan di masa pandemi COVID - 19

1. Social Media Planning


social media planningMembuat planning media sosial. Sumber: digitalvidya.com

Orang-orang mulai mendigitalkan bisnis-bisnisnya. Mulai bisnis pakaian, bisnis makanan, atau aksesoris. Pembatasan sosial yang dilakukan guna mengurangi tingkat penyebaran, membuat toko-toko online harus ditutup. Oleh karena itu, para pengusaha harus mulai beradaptasi dengan dunia digital, agar mampu mencapai target pasar. Nah, di sini lah peran seorang social media strategist.

Cuplikan video kelas Content Marketing sebagai payung dari social media planning

Banyaknya pengusaha yang masih awam dengan marketing lewat media sosial, membuat kebutuhan akan social media planning semakin meningkat. Berbekal pengetahuan digital marketing, riset dan segmentasi pasar, serta hal apa yang disukai oleh publik, menjadikan profesi ini sebagai salah satu jasa yang sangat dicari. Persaingan bisnis online terus berjalan. Publik akan menilai sendiri mana produk yang meyakinkan dan bisa menarik perhatian. Itu mengapa, pembuat rencana aktivasi media sosial begitu dibutuhkan. Percaya deh, keahlian di bidang ini, tidak akan kesulitan mendapat pekerjaan di tengah pandemi seperti ini.

2. Graphic Designer

graphic designer

Membuat Desain Grafis dan Desain Visual. Sumber: elegantthemes.com

Bisnis online itu pasti memerlukan seorang GD. Para pengusaha akan menggunakan beberapa macam sosial media sebagai tempatnya untuk berjualan. Nah, produk yang dijual, pastinya harus menarik dan jelas secara deskripsi. Oleh karena itu, peran graphic designer sangat dibutuhkan di sini. Pertama, untuk membuat membuat tampilan produk jadi lebih menarik. Kedua, membuat produk dapat terjelaskan secara baik (deskripsi produk). Ketiga, tentunya supaya enak dilihat ketika di-posting di kanal-kanal sosial media. Maka dari itu, keahlian membuat desain grafis, pasti sangat dibutuhkan di masa-masa seperti ini.

3. Content Writer

content writer

Membuat beragam konten tulisan. Sumber: digitalvidya.com

Penulis konten, juga menjadi salah satu profesi yang masih banyak dicari, apalagi di masa pandemi ini. Banyak sektor yang membutuhkan peran penulis konten, seperti sektor pendidikan, sektor kesehatan, juga sektor usaha. Sektor pendidikan misalnya, kebutuhan akan materi pelajaran yang bisa mudah dipahami, membuat peran penulis konten sangat dibutuhkan di sini. Keahlian mengolah kata dan bahasa, sangat diperlukan untuk membuat materi pelajaran yang susah dimengerti, menjadi mudah dicerna dan mudah dipahami. Begitu pula sektor kesehatan. Kebutuhan informasi tentang kesehatan, yang valid, yang nyaman dibaca, juga membutuhkan peran penulis konten ini.

Content writer juga sangat dibutuhkan untuk penulisan-penulisan copywriting. Seperti halnya graphic designer, sebuah produk yang akan dipasarkan, harus mampu menarik perhatian publik. Selain kemasannya dipercantik, unggahannya dibuat menarik, dibutuhkan pula keahlian penulis kata-kata dalam menjual produk tersebut. Oleh karena itu, profesi copywriter juga dibutuhkan dalam hal ini.

4. SEO Writer

seo writing

Mengoptimasi website dengan teknik SEO. Sumber: walnutseo.com

Ketika orang-orang memulai usahanya di dunia online, persaingan pun semakin ketat. Tapi, kadang banyak pengusaha yang tidak sadar, bahwa membuat produk baik saja tidak cukup jika tidak didukung oleh salah satu profesi digital marketing ini, yaitu SEO writer. SEO atau search engine optimization, bekerja untuk membuat sebuah website bisa berada di nomor 1 mesin pencari Google.

Cuplikan kelas SEO 101 di Skill Academy

Profesi ini sangat dibutuhkan mengingat kondisi pandemi seperti ini, membuat angka penggunaan internet semakin meningkat. Aktivitas seperti mencari informasi di mesin pencari Google pastinya semakin meningkat. Nah di sinilah peran SEO sangat dibutuhkan untuk membuat website usaha seseorang bisa muncul di halaman 1 pencarian Google, dan bisa akan membuat banyak orang datang ke website tersebut. Maka dari itu, meningkatkan skill di saat momen seperti ini sangatlah diperlukan.

Nah, itulah 4 profesi yang tetap dibutuhkan di masa pandemi COVID - 19 seperti saat ini. Apakah Anda tertarik untuk menguasai salah satu di antaranya? Anda bisa menggunakan Skill Academy, sebagai teman belajar. Tentunya, kelas-kelas yang bisa Anda ikuti, diajarkan oleh mentor-mentor berpengalaman di bidangnya. Klik gambar di bawah ini untuk mendaftar.

New call-to-action

Beri Komentar