4 Rekomendasi Film tentang Pendidikan

Created by : Yuza Mulia
on Jul 8, 2015 3:09:58 PM

RG Squad, siapa di sini yang gemar menonton film di akhir pekan? Wah, menghabiskan waktu senggang dengan mengikuti alur cerita tokoh favorit memang menyenangkan ya. Nah, untuk menambah referensi tontonanmu, berikut ada empat cerita bertema pendidikan yang bisa kamu simak. Berikut di antaranya:

1. Dead Poets Society

film pendidikan

(Sumber: wetpaint) 

Dead Poets Society adalah sebuah film klasik yang mengisahkan perjalanan 7 anak lelaki yang masuk ke sebuah akademi elit di Amerika : Akademi Welton. Akademi ini terkenal dengan kedisiplinan yang tinggi, dan menganut prinsip Tradisi, Kehormatan, Disiplin, dan Prestasi. Seorang guru baru, John Keating, yang merupakan alumni Akademi Welton, dengan gaya mengajarnya yang berbeda, menginspirasi anak-anak tersebut untuk membuat perubahan. Salah satu motto paling terkenal di dunia, Carpe Diem, menjadi populer karena film ini.

Film ini memenangkan Penghargaan Oscar tahun 1990 untuk kategori Best Writing, serta nominasi Best Actor, Best Director, dan Best Picture.

2. Good Will Hunting

film pendidikan(Sumber: letterboxd.com) 

Will Hunting adalah seorang pemuda jenius yang punya kelebihan dalam matematika, dengan tambahan kemampuan ingatan yang sangat kuat. Dia memilih untuk tidak menghabiskan waktunya di sekolah, dan malah bekerja sebagai petugas kebersihan di MIT. Suatu hari, dia menyelesaikan soal matematika sulit dari seorang professor MIT dengan anonim. Hingga akhirnya ditemukan, Will pun setuju untuk belajar matematika, sambil dibimbing seorang psikiater untuk menyelesaikan masalah-masalahnya.

Film ini memenangkan Penghargaan Oscar tahun 1998 untuk kategori Best Supporting Actor Role, Best Writing, serta nominasi Best Picture, Best Leading Actor, Best Supporting Actress, Best Director, Best Film Editing, dan Best Music.

3. To Sir, with Love

film pendidikan

(Sumber: british60cinema.net)

Bagi yang ingin menonton film lawas tentang pendidikan, “To Sir, with Love” bisa menjadi salah satu pilihan. Bercerita tentang seorang insinyur pengangguran yang melamar menjadi guru matematika di sebuah sekolah di Inggris. Namanya Mark Thackeray. Ia berhasil memenangkan hati siswanya, setelah berhadapan dengan berbagai isu, terutama masalah ras. Ya, Thackeray adalah seorang berkulit hitam yang mengajar seluruh siswanya yang berkulit putih, pada masa dimana isu ras sedang hangat.

Film ini memenangkan Grammy Awards tahun 1968, untuk kategori Best Original Score from a Motion Picture or Television Show.

4. Front of the Class

(Sumber: static.tvgcdn.net) 

Film yang satu ini tergolong baru, dirilis pada tahun 2008, yang dibuat berdasarkan sebuah buku dari Brad Cohen. “Front of the Class” mengisahkan tentang seorang anak yang tinggal bersama ibunya yang telah bercerai dan seorang adiknya. Setelah melalui berbagai masalah di sekolah, akhirnya diketahui bahwa Brad mengidap Tourette Syndrome, yang membuat seseorang mengeluarkan ucapan atau gerakan yang spontan tanpa bisa mengontrolnya. Dengan bantuan ibu dan kepala sekolahnya, Brad pun tumbuh menjadi seorang guru yang brilian.

Itulah 4 rekomendasi film bertema pendidikan yang bisa kamu pilih untuk ditonton. Sengaja kami pilihkan dari berbagai rentang waktu, agar kita bisa belajar lebih banyak sudut pandang tentang pendidikan dari film-film ini. Karena pastinya, semuanya akan sangat menginspirasi bila ditonton.

Kalau kamu tertarik untuk membuat film, kamu juga bisa mulai belajar dari sekarang bersama Ruangguru. 

New Call-to-action

Tags: Wow ternyata

Tulis Komentarmu