Waspadai Sakit yang Tak Terlihat: 4 Tanda Kamu Mulai Stres

Ruangguru Mar 20, 2016 • 3 min read


tanda stres

Stres (Sumber: pbs.org)

Artikel ini membahas tanda-tanda yang mungkil timbul saat kamu sedang mengalami stres

--

Judulnya cukup seram ya Squad? Eits, tapi memang benar lho kalau anak seusia kita cenderung sering mengabaikan rasa sakit apalagi kalau kita masih merasa baik-baik saja. Sakit bukan hanya bisa menyerang kondisi kekuatan fisik saja, tetapi juga kesehatan mental kita.

Sebagai seorang remaja yang sering dicap “labil”, kita memang rentan nih dengan yang namanya “stres”. Kita sering sekali merasa tidak ada yang mengerti kita dan rasanya segala keinginan kita mendapat tentangan dari orang di sekitar kita.

Ada baiknya kita mencegah diri sebelum mencapai titik stres tinggi yang bisa menyebabkan berbagai penyakit yang menyerang kesehatan mental kita, seperti mempunyai kecenderungan melukai diri sendiri, bipolar, hingga mempunyai bermacam kepribadian. Mental yang terganggu bisa jadi membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Yuk, kenali dan sayangi diri sendiri dengan mengantisipasi 5 tanda ini yang biasanya muncul ketika level stres kita sudah berlebihan.

1. Konsentrasi menurun

gejala stressSulit berkonsentrasi (Sumber: shutterstock.com)

Walaupun kita sedang belajar pelajaran favorit, namun tingkat konsentrasi kita buruk sekali. Rasanya semua yang diucapkan oleh Bapak/Ibu Guru berlalu begitu saja. Kalau hal tersebut terjadi karena kepikiran tadi tabrakan tidak sengaja dengan si kakak kelas cakep sih wajar saja. Namun kalau kamu lesu dan tidak bisa konsentrasi meski sudah berusaha itu bisa menjadi tanda kamu memikirkan hal lain yang sangat menguras pikiranmu dan membuatmu tertekan.

2. Mood-swings

mood swingMood-swings (Sumber: dosedosedose.org)

Pada remaja perempuan, mood-swings sangat wajar terjadi ketika masa menstruasi sedang berlangsung. Tapi sebenarnya, perubahan mood yang begitu cepat juga dapat terjadi pada siapa saja, termasuk remaja laki-laki juga. Bila kita merasa senang kemudian murung kemudian merasa marah dalam waktu yang singkat, besar kemungkinan kita sedang stres.

3. Perubahan pola makan

pola makan tidak sehatPola makan berubah (Sumber: thefoodcodes.com)

Hayo, kamu tim yang mana nih? Tim semakin banyak makan ketika banyak pikiran atau sebaliknya, yaitu semakin malas makan? Dua efek ini memang menjadi pertanda kita sedang stres. Badan kita bisa semakin menggemuk atau mengurus tanpa kita sadari. Kasus yang lebih ekstrim, stres bisa memicu remaja melakukan hal-hal buruk seperti merokok, meminum alkohol, dan memakai narkotika. Wah, bahaya sekali!

4. Perasaan cemas dan takut berlebihan

cemas dan takutCemas dan takut berlebihan (Sumber: understood.org)

Kita semakin pesimis dan takut akan banyak hal. Cemas akan penampilan kita, nilai di sekolah, takut berlebihan pada orang tua kita. Hal ini biasa disebut “anxiety disorder” atau penyakit cemas berlebihan. Penderitanya bisa sampai kehabisan nafas, berkeringat, hingga pingsan bila mencapai titik ketakutan yang sangat besar.

Meskipun 4 tanda di atas terlihat wajar, namun jika secara frekuensi sering muncul dan kita merasa sangat berbeban berat, just reach out, Squad! Jangan disimpan sendiri ya, karena bisa berdampak negatif buat diri kita sendiri.

Mau lebih termotivasi dalam belajar dan mengejar impian? Kamu bisa lho nonton video motivasi di ruangbelajar.

ruangbelajar

 

Beri Komentar