4 Tips Hadapi OSPEK Kuliah Tanpa Rasa Takut

Halo, Squad! Tidak terasa ya sebentar lagi sudah memasuki  tahun ajaran baru lagi. Kamu tidak sabar ‘kan untuk masuk sekolah? Nah, bagi kamu yang akan beralih status dari pelajar menjadi mahasiswa, selamat ya! Pasti sekarang ada banyak hal yang sedang kamu siapkan untuk masuk di hari pertama. Salah satunya termasuk mencari keperluan untuk Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK). Tenang aja, kamu ngga perlu takut, kiat-kiatnya akan kita bahas sama-sama di bawah ini. Simak ya!

Sejarah singkat OSPEK di Indonesia

Sekitar tahun 1890an-1920an, ketika Indonesia masih di bawah pendudukan Belanda, OSPEK masih disebut dengan ontgroening dalam bahasa Belanda. Ontgroening yang dilaksanakan di STOVIA (Sekolah Pendidikan Dokter Hindia) mengharuskan mahasiswa baru membersihkan ruang kelas atas perintah dari para senior. Kegiatan tersebut juga bertujuan sebagai masa perkenalan antara mahasiswa baru dan senior. Ontgroening dilaksanakan di asrama karena pada saat itu semua murid STOVIA tinggal di asrama dan kegiatan bersih-bersih dilakukan di luar jam pelajaran.

Setelah Indonesia merdeka, ontgroening tetap dilaksanakan. Keikutsertaan mahasiswa baru dalam kegiatan ini menjadi syarat agar dapat mengikuti kegiatan mahasiswa di luar kegiatan akademik. Namun, beberapa orang berpendapat bahwa ontgroening berkaitan erat dengan kolonialisme dan feodalisme. Akibatnya, terjadi pelarangan oleh pemerintah dan akhirnya berganti nama menjadi Masa Kebaktian Taruna (1963); Masa Prabakti Mahasiswa (Mapram, 1968); Pekan Orientasi Studi (1991); dan Orientasi Studi Pengenalan Kampus (OSPEK).

Pada saat itu, OSPEK erat dengan istilah perploncoan yang berasal dari kata “plonco” artinya kepala gundul dan berkaitan dengan seseorang yang membutuhkan petunjuk untuk menghadapi masa depan. Perploncoan yang merugikan suatu pihak tentu tidak dibenarkan ya, Squad. Sebab, sebenarnya pada saat itu, tujuan OSPEK hanyalah untuk menciptakan keakraban di antara mahasiswa dan menanamkan pemahaman mengenai keadaan lingkungan sekitar.

Lalu, bagaimana dengan saat ini? Tenang, OSPEK tidak seburuk yang kamu bayangkan, kok! Penyelenggaraan OSPEK di universitas diawasi penuh oleh dosen, sehingga kamu tidak perlu khawatir pada apa pun. Nah, sekarang tinggal mempersiapkan diri kamu saja, nih. Apa saja sih yang harus dipersiapkan dalam menghadapi OSPEK? 

1. Bersikap sewajarnya

Squad, sebagai mahasiswa baru cobalah untuk bersikap sewajarnya, ya. Bersikap aktif tetapi tetap dalam batasan. Jangan pula terlihat terlalu pendiam yang mencerminkan kamu terlihat ketakutan. Beranilah berbicara kalau memang senior kamu berperilaku berlebihan dan di luar batasan.

2. Persiapkan fisik dan mental

ospek kuliahMakan makanan bergizi (Sumber: unsplash.com oleh @jannisbradnt)

Kegiatan OSPEK yang padat tentu membutuhkan kesiapan fisik dan mental yang kuat. Oleh karena itu, kamu perlu untuk mengonsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Ingat bahwa kesehatan adalah hal terpenting dan jangan pernah melewatkan sarapan.

3. Lapor

ospek kuliahSpeak up! (Sumber: LinkedIn)

Jangan merasa ragu untuk bercerita apabila panitia OSPEK di kampusmu bersikap keterlaluan. Apalagi, jika terjadi kekerasan fisik. Keselamatan diri kamu lebih penting lho, Squad! Kamu bisa melaporkannya ke pihak dekanat, ketua program studi, atau bicarakan hal ini ke orang tuamu terlebih dahulu. 

4. Bertemanlah!

ospek kuliahKeakraban antara senior dan junior (Sumber: genmuda.com)

Saat menjalani kehidupan kampus nanti, kamu akan berinteraksi dengan banyak orang. Maka dari itu, cobalah memaksimalkan momen OSPEK untuk berteman dengan sebanyak-banyaknya orang ya. Memiliki banyak teman tidak akan merugikan kita, kok! Malah bisa memiliki banyak teman yang akan bermanfaat untuk bertukar pengetahuan, belajar bersama, dan siapa tahu nanti merekalah yang akan menjadi teman di kelas semasa perkuliahan.

Selain teman-teman baru, Ruangguru juga bisa membantumu, lho. Karena kamu akan belajar dengan lebih fokus dan dibimbing oleh guru yang berpengalaman di  ruangles. Inilah saatnya untuk membuat #BelajarJadiHebat!

IDN CTA Blog ruangles-2 Ruangguru

Anggraeni Puspitasari