4 Tips Seru Belajar Bahasa Inggris

4 Tips Seru Belajar Bahasa Inggris

Artikel ini berisi 4 tips seru belajar bahasa Inggris selama di rumah.

--

Perkembangan zaman yang semakin maju berpengaruh pada penggunaan bahasa masyarakat di dunia, salah satunya bahasa Inggris. Baik dari segi ilmu pengetahuan dan teknologi, bahasa Inggris digunakan sebagai alat komunikasi lisan dan tulisan. Karena itulah, bahasa Inggris penting untuk dipelajari. Akan tetapi, beberapa orang mudah merasa bosan dalam mempelajarinya.

Biasanya, hal ini disebabkan oleh metode belajar yang digunakan terkesan monoton. Selain itu, banyak orang merasa kesulitan menghafal kosakata, nggak pede untuk ngomong bahasa Inggris dan nggak punya waktu untuk mengikuti les. Apalagi karena lagi social distancing di masa pandemi ini, jadi nggak ada teman belajar untuk tatap muka langsung.

Padahal sebenarnya, belajar bahasa Inggris tidak semembosankan yang dibayangkan. Ada banyak cara seru dalam mempelajarinya, lho. Mengingat masih dalam masa pandemi, cara ini juga bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan media yang ada di sekitarmu untuk belajar bahasa Inggris.

Berikut adalah beberapa tips belajar seru bahasa Inggris, yuk simak!

1. Menonton film atau video berbahasa Inggris

Menonton film berbahasa inggris

watching movie (sumber: pexels.com)

Yook para cinephile a.k.a penggemar film, mana suaranyaa? Mari rapatkan barisan. Di masa pandemi seperti ini, menonton film merupakan kegiatan yang seru dan menyenangkan. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dalam menonton film, khususnya dalam belajar bahasa Inggris. 

Menonton film berbahasa Inggris bisa menambah pengetahuan kita mengenai frasa baru yang belum pernah kita temui sebelumnya. Selain itu, kita juga bisa menambah kosakata bahasa Inggris (vocabulary) dan bahasa gaul (slang) dari dialog yang diucapkan tokoh pada film tersebut. Oh iya, selain menonton film, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris dari menonton video berbahasa Inggris di TV atau YouTube, ya. 

Dengan sering menonton film atau video berbahasa Inggris, kita akan terbiasa mendengarkan percakapan penutur asli bahasa Inggris (English native speakers). Nah, lambat laun, hal ini akan membantu kita meningkatkan listening skill dan membuat kita mengerti apa yang sedang mereka bicarakan.

Selain itu, kita juga jadi tau intonasi (aksen) dan pelafalan yang sesuai ketika suatu frasa dikatakan. Nah, untuk melatih kemampuan speaking, kita bisa mencoba melafalkan kata-kata yang baru saja diucapkan oleh tokoh dalam film.

Tips belajar bahasa Inggris

Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk belajar bahasa Inggris lewat film.

Belajar bahasa Inggris dari Film

2. Bermain game

Bermain game

playing game (sumber: pexels.com) 

Siapa yang nggak pernah bermain game? Pasti semuanya pernah, deh. Ternyata, game nggak selalu membawa pengaruh buruk, kok. Selain bisa menghilangkan bosan, game juga bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris. 

Tanpa kita sadari, bermain game akan membuat otak kita lebih cepat untuk menghafal dan menambah kosakata bahasa Inggris kamu, loh. Apalagi jika game tersebut seru dan menyenangkan. Nah, kamu bisa menggunakan game-game berikut untuk belajar bahasa Inggris. 

Games untuk belajar bahasa Inggris

3. Mendengarkan lagu sambil membaca lirik 

mendengarkan musik

listening music (sumber: pexels.com)

Hayooo… siapa yang suka dengerin lagu bahasa Inggris sambil nangis karena kebawa suasana? Btw, itu nangis karena maknanya yang sedih atau karena nggak tau artinya, nih? Hihihi..

Lagu memiliki kekuatan pada perubahan emosi, seperti bahagia, sedih, dan marah. Emosi tersebut bisa digambarkan hanya dalam satu lagu. Selama mendengarkan lagu berbahasa Inggris, kamu bisa memahami makna lagu tersebut dengan mengetahui arti dari liriknya. 

Selain itu, kamu juga bisa belajar melafalkan kata yang ada pada lirik lagu dan mencari tau arti dari kata yang kamu nyanyikan. Nah, dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris, kamu bisa melatih listening skill dan vocabulary dalam bahasa Inggris.  

Nah, untuk melatih listening skill kamu, coba deh tebak lirik lagu video di bawah ini dan tulis jawabanmu di kolom komentar, ya.

 

 

4. Membaca novel atau komik bahasa Inggris

tips seru belajar bahasa Inggris

reading book (sumber: pexels.com)

Nah, buat kamu yang gemar membaca, kamu juga bisa membaca buku, novel, atau komik berbahasa Inggris untuk memelajari grammar. Hal itu karena kata-kata yang disusun dalam buku ditulis secara terstruktur. 

Kalo kamu nggak punya buku berbahasa Inggris, kamu juga bisa men-download ebook atau pdf berbahasa Inggris, lho. Untuk kamu yang suka membaca komik, kamu bisa membacanya di Line Webtoon, Manga Plus, dan Manga Toon. 

Selain tulisannya sudah terstruktur, kamu nggak akan merasa bosan. Karena yang kamu baca adalah sesuatu yang kamu suka. Misalnya, kamu suka cerita Harry Potter, jadi kamu bisa belajar grammar dari novel-novelnya sambil merasa terhibur.

So, how? Sudah mulai kebayang, kan? Ternyata, dari menonton film atau video di Youtube, bermain game, mendengarkan lagu, dan membaca buku kamu bisa belajar bahasa Inggris. Seru banget! Dengan cara-cara seperti ini, kamu bakal merasakan kenikmatan mempelajari bahasa Inggris karena belajarnya sambil bersenang-senang. Yang pasti, “Don't be afraid of making mistakes when learning English”.

Nah, karena kamu sudah tau cara belajar bahasa Inggris yang menyenangkan, yuk langsung aja praktekin. Selain belajar dari game, film, lagu dan novel, kamu juga bisa belajar dari ruangbelajar yang nggak kalah seru juga, lho. Di dalamnya, ada ribuan video pembelajaran animasi yang nggak bakal bikin kamu bosan. Ayo gabung sekarang juga!

ruangbelajar

Beri Komentar