40 PTN dan PTS Teratas di Indonesia versi 4ICU UniRank

PTN dan PTS teratas di Indonesia versi 4ICU UniRank

Artikel ini memberikan daftar PTN dan PTS terbaik di Indonesia versi 4ICU UniRank berdasarkan popularitas web

--

Apa sih yang menjadi pertimbangan kamu saat akan memilih universitas? Salah satu hal yang penting untuk diketahui adalah kepopuleran atau peringkat suatu kampus di antara kampus lainnya. Nah, lembaga pemeringkat kampus dunia yakni 4ICU UniRank kembali merilis data terbarunya. 4ICU UniRank mengumumkan daftar peringkat kampus terbaik berdasarkan popularitas web untuk tingkat dunia, regional dan negara, termasuk Indonesia.

Apa tujuan UniRank University Ranking ini? Daftar ini bertujuan untuk memberikan perkiraan peringkat global universitas berdasarkan pada popularitas web atau laman resmi universitas dalam hal lalu lintas (traffic), kepercayaan/otoritas, dan popularitas tautan yang berkualitas.

PTN dan PTS teratas di Indonesia versi 4ICU UniRankKampus terbaik Indonesia (Sumber: medcom.id)

Baca juga: 9 Universitas Terbaik Indonesia versi QS World University Ranking 2019/2020

Ada lebih dari 13.600 universitas dari 200 negara yang masuk dalam basis data mereka. Khusus untuk di Indonesia, 4ICU menginformasikan melalui laman mereka 4icu.org, bahwa terdapat 571 perguruan tinggi yang diukur popularitas situs resminya masing-masing. Kriteria seleksi UniRank didasari oleh:

  • Terakreditasi oleh lembaga akreditasi pemerintah
  • Menawarkan pendidikan gelar Sarjana Terapan, Sarjana dan Pascasarjana
  • Memberikan pendidikan tatap muka dan non-jarak jauh

UniRank mengklaim pengukuran popularitas masing-masing perguruan tinggi menggunakan metodologi tanpa bias dan merujuk pada data web intelligence yang independen.

Penasaran kampus mana saja di Indonesia yang masuk ke dalam daftar universitas terbaik versi 4ICU UniRank di tahun 2020 ini? Lihat yuk!

PTN dan PTS teratas di Indonesia versi 4ICU UniRank

UniRank mengingatkan, bahwa pemeringkatan yang mereka lakukan tidak langsung merujuk kepada pemeringkatan kualitas pendidikan atau tingkat layanan akademik yang disediakan oleh tiap kampus. Tak hanya itu, pemeringkatan yang dilakukan bukan pemeringkatan akademik. Maka dari itu, sebaiknya pemeringkatan ini tidak dijadikan acuan atau kriteria utama dalam memilih dan mendaftar universitas.

Ratusan kampus di Indonesia yang terdaftar dalam UniRank telah mendapatkan akreditasi oleh lembaga resmi di Indonesia. Ratusan perguruan tinggi tersebut pun tercatat membuka program S1 dan program pascasarjana tingkat S2 atau S3. Kampus-kampus yang termasuk ke dalam daftar penilaian UniRank juga menggelar kuliah tatap muka sebagai metode utama pembelajaran.

PTN dan PTS teratas di Indonesia versi 4ICU UniRankKampus terbaik (Sumber: telegraph.co.uk)

Apakah kampus impianmu masuk ke dalam daftar peringkat 4ICU UniRank tersebut? Peringkat ini menunjukkan popularitas kampus berdasarkan banyaknya jumlah kunjungan ke website perguruan tinggi. Bisa saja, banyaknya kunjungan ke laman resmi perguruan tinggi ini juga menunjukkan minat pendaftar lho.

Sudah siap menghadapi semua sainganmu saat mendaftar ke PTN pilihan? Nggak usah was-was, persiapkan terus dirimu untuk menghadapi UBTK dan Ujian Mandiri PTN atau PTS bersama video beranimasi di ruangbelajar. Kamu juga bisa lho lebih memperdalam pemahaman kamu terhadap soal Tes Potensi Skolastik (TPS) di UTBK 2020 pada paket SBMPTN ruangbelajar!

TPS UTBK 2020

Beri Komentar