5 Bahasa Asing Ini Wajib Kamu Kuasai

Ruangguru

Apr 11, 2016 • 3 min read

Wow ternyata


Coba bayangkan kalau kamu tidak pernah mengenal bahasa sejak kecil, tentunya kamu tidak bisa mengobrol atau membaca buku favorit kamu. Untungnya, manusia dibekali kemampuan untuk menguasai banyak bahasa, termasuk bahasa asing. Apa saja sih bahasa asing yang dapat kamu pelajari?

Bahasa Mandarin

Kalau kamu perhatikan, banyak sekali kursus Bahasa Mandarin di perkotaan. Tidak heran, bahasa ini merupakan bahasa dengan predikat paling banyak digunakan, yaitu lebih dari 880 juta orang.

Mengingat kita tinggal di negara yang multikultural dan memiliki penduduk Tionghoa yang cukup banyak, tidak ada salahnya bila kamu pelajari bahasa ini. Tentunya keahlian Bahasa Mandarin bisa menunjang prospek kita untuk bergaul dengan orang yang menggunakan Bahasa Mandarin.

Bahasa Spanyol

Selain identik dengan kuliner andalannya, nachos, Spanyol dikenal dengan bahasanya yang khas dan terkesan romantis. Bahasa Spanyol bukan hanya digunakan di negara mereka dan Meksiko, tapi juga sedang naik daun di Amerika Utara. Sekitar 425 juta orang menggunakan Bahasa Spanyol sebagai bahasa utama dan 20 negara menetapkan bahasa ini sebagai bahasa resmi.

Bahasa Spanyol banyak dipilih sebagai bahasa yang utama dipelajari bagi mereka yang ingin menjadi bilingual. Bahasa Spanyol juga mirip dengan bahasa Italia dan Bahasa Portugis, loh. Kalau kamu sudah akrab dengan bahasa tersebut, lebih mudah lagi untuk mempelajari bahasa lain seperti Bahasa Italia atau Portugis.

Bahasa Perancis

Eits, jangan mengira belajar Bahasa Perancis yang njelimet itu akan sia-sia. Bahasa Perancis sudah menjadi bahasa yang populer secara internasional dan tidak akan pernah pudar penggunaannnya. Pasalnya, bahasa ini digunakan di lima benua dan ditetapkan sebagai bahasa resmi oleh PBB.

Bahkan, lebih banyak pengguna Bahasa Perancis di benua Afrika dibandingkan dengan negara Perancis itu sendiri. Istilah-istilah yang menggunakan Bahasa Perancis juga sering kali muncul di sekitar kita, jadi lain kali kamu bisa mengeja kata-kata, seperti au revoir atau “eclair” tanpa ‘keseleo’ lidah.

Bahasa Arab

Bukan hanya salah satu bahasa yang paling tua di dunia, Bahasa Arab juga masih relevan penggunaannya sampai saat ini. Sejak tahun 1974, Bahasa Arab ditetapkan sebagia bahasa resmi PBB. Belum lagi, bahasa ini merupakan bahasa kitab suci Al-Quran. Kalau kamu menghadapi mata pelajaran yang menggunakan Bahasa Arab di sekolah atau kampus, tentunya akan lebih mudah apabila kamu fokus mempelajarinya.

Bahasa Inggris

Kamu tidak perlu kaget lagi karena Bahasa Inggris paling banyak digunakan sebagai bahasa resmi di negara-negara dunia, mulai dari Hong Kong, hingga Kanada. Bahasa Inggris juga sudah menjadi salah satu mata pelajaran utama yang kamu pelajari sejak menginjak bangku sekolah. Bahasa inggris juga bisa membuka peluang kamu untuk bersekolah di luar negeri atau mengikuti pertukaran pelajar. Kamu bisa juga belajar bahasa inggris di luar sekolah supaya belajar di kelas terasa lebih mudah.

Yuk, bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Tidak ada kata terlambat untuk mulai belajar. Siapa tahu kamu bisa merasakan manfaatnya di kemudian hari!

Beri Komentar

Recent Posts