5 Beasiswa Pilihan Terpopuler di Dunia

Ruangguru Agu 27, 2015 • 2 min read


Kuliah di luar negeri menjadi impian banyak orang. Fasilitas yang baik, jaringan internasional, serta pengalaman hidup yang baru jadi alasan utama bagi kita untuk melanjutkan studi ke berbagai negara luar. Hanya saja, biaya yang harus dikeluarkan membuat sebagian besar orang sangat membutuhkan beasiswa. Berikut ini beberapa beasiswa yang paling populer untuk kuliah di luar negeri :

 

1. Beasiswa Fullbright

Kualitas pendidikan yang baik serta pengalaman hidup yang tak terlupakan bisa kamu dapatkan dengan berkuliah di Amerika. Beasiswa Fullbright, yang populer secara global, bisa jadi salah satu pilihan utama untuk menutupi segala biaya kuliah dan hidup yang relatif tinggi di sana. Beasiswa ini ditawarkan kepada lebih dari 100 negara, dengan rata-rata penerima sebanyak 7000-8000 mahasiswa setiap tahunnya. Selain biaya kuliah, Fullbright juga menawarkan tunjangan buku, uang saku, asuransi, serta tiket transportasi PP. Di Indonesia, Fullbright diurus oleh AMINEF.

2. Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening didanai oleh Pemerintah Inggris melalui pendanaan Foreign and Commonwealth Office untuk calon mahasiswa internasional. Diberikan sejak 1983, Chevening juga jadi salah satu beasiswa paling populer di dunia karena Inggris dikenal sebagai salah satu negara tempat berdirinya universitas-universitas terbaik di dunia. Penerima beasiswa akan mendapatkan biaya kuliah, tiket perjalanan, uang saku, serta tunjangan tesis.

3. Beasiswa DAAD

Kredibilitas pendidikan di Jerman yang tak diragukan membuat beasiswa DAAD jadi rebutan, terutama karena targetnya adalah calon mahasiswa dari negara-negara berkembang dari Asia, Afrika, Eropa Timur, serta Amerika Latin. Setiap tahun sekitar 7.000 beasiswa diberikan kepada calon mahasiswa. Tentu saja persaingannya adalah salah satu yang terketat.

4. Beasiswa Erasmus +

Lebih dari 20 negara Eropa turut andil dalam mengadakan beasiswa Erasmus setiap tahunnya. Beasiswa ini dulu dikenal dengan Erasmus Mundus, namun sekarang merupakan gabungan dengan berbagai program beasiswa lainnya. Mendapatkan beasiswa ini bisa membantu kamu mewujudkan mimpi untuk kuliah di Eropa. Beasiswa ini diberikan dalam rangka mempromosikan kekayaan negara Eropa bagi masyarakat luar Eropa.

5. Beasiswa Australia Awards

Kurang lebih sama seperti DAAD, Australia Awards Scholarship (AAS) ditujukan untuk calon mahasiswa dari negara berkembang, untuk level studi S2 dan S3 di berbagai universitas di Australia. Dulu bernama Australian Development Scholarship (ADS), beasiswa ini juga memberikan biaya kuliah serta tunjangan hidup lainnya. AAS rutin diadakan setiap tahun, dan Indonesia adalah salah satu prioritas untuk diberikan.

---

Nah, Smart Buddies, itulah dia 5 beasiswa pilihan yang paling populer di dunia. Selain bisa kuliah, dapat uang saku, serta tunjangan lainnya, ada prestise tersendiri apabila kamu bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Apa beasiswa populer lainnya yang kamu tahu? Share yuk di kolom komentar!

Sumber : beasiswapascasarjana.com 

Beri Komentar