5 Bidang Pekerjaan Ini Akan Tumbuh Pesat di Seluruh Dunia

Yuza Mulia Agu 21, 2015 • 3 min read


RG Squad, sempat memikirkan masa depan mau jadi apa? Pasti kamu sering merasa galau kan? Nah, supaya sedikit tercerahkan, kita bahas bersama yuk apa saja 5 bidang pekerjaan yang akan tumbuh pesat di seluruh dunia selama beberapa tahun ke depan. Jadi, kamu bisa mempersiapkan diri dari sekarang. Berikut di antaranya:

1. Teknologi Informasi

Bidang Pekerjaan yang Tumbuh Pesat - Teknologi Informasi Teknologi Informasi. (sumber: thespiritscience.net)

 Bidang IT sudah barang tentu menjadi salah satu yang akan sangat berkembang pesat, dan membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang di dunia. Software developer, web developer, computer system analyst, dan berbagai keterampilan IT lainnya akan sangat dibutuhkan untuk menopang perkembangan zaman yang semakin tergantung pada teknologi.

2. Data & Statistik

Bidang Pekerjaan yang Tumbuh Pesat - Data dan Statistik Data di seluruh dunia. (sumber: wired.co.uk)

Data yang ada di dunia akan semakin berkembang menjadi sangat banyak dan kompleks. Hal ini diakibatkan dinamika populasi dan industri yang bergerak sangat cepat, sehingga menghasilkan jutaan data yang bisa diolah. Dengan kemajuan teknologi, semua data ini akan mampu diakses dan digunakan untuk kepentingan yang lebih bermanfaat, baik untuk negara maupun swasta, dalam mencari solusi atas berbagai permasalahan yang ada. Profesi seperti data scientist yang mempelajari Big Data akan semakin membutuhkan banyak orang untuk mengakomodir hal ini.

3. Kesehatan

Kesejahteraan penduduk dunia akan semakin diperhatikan, dengan kesehatan menjadi salah satu bagian terpentingnya. Populasi generasi baby boomers dan di bawahnya akan semakin menua dan membutuhkan layanan kesehatan yang berkualitas untuk terus menjaga kelangsungan hidup dan produktivitas. Oleh karena itu, tenaga di bidang kesehatan akan semakin dibutuhkan di dunia. Hal ini sudah mulai terlihat dari beberapa contoh, misalnya profesi perawat yang biasanya identik dengan wanita, sudah mulai lebih banyak dimasuki oleh pria.

4. Sales & Marketing

Berbagai ide terus berkembang, semakin banyak perusahaan berdiri, berimplikasi pada kompetisi yang semakin sengit di berbagai sektor industri. Perusahaan semakin mencari berbagai cara untuk muncul ke permukaan dengan melakukan berbagai diferensiasi terhadap produk, dan tentunya strategi marketing. Dunia marketing pun semakin berkembang dengan semakin banyaknya platform baru yang bisa digunakan sebagai kanal marketing mereka. Pergeseran strategi marketing yang menjadi lebih edukatif melalui konten pun menuntut SDM yang cakap dalam hal ini. Jelas, tenaga sales dan marketing yang handal akan semakin dibutuhkan untuk terus berada di peta kompetisi.

5. Energi

Bidang Pekerjaan - Energi alternatif sangat dibutuhkan Energi alternatif sangat dibutuhkan. (Sumber: sinarharapan.com)

Isu energi sudah menjadi isu yang berada di permukaan selama bertahun-tahun. Semakin lama, sumber energi untuk kehidupan manusia semakin menipis. Kemajuan teknologi membantu mengatasi hal itu, dengan semakin banyaknya kita temukan energi alternatif, yang tentu terus menerus membutuhkan pengembangan agar bisa semakin efisien. Banyak orang dengan keahlian ini akan dibutuhkan untuk beberapa tahun mendatang.

Kalau menurut RG Squad, mana pekerjaan yang paling jadi favorit? Langsung isi kolom komentar ya! Nah untuk bisa mempersiapkannya dari sekarang, pahami materi pelajaran dulu di ruangbelajar, tetap semangat kejar cita-citamu yaa!

New Call-to-action

Beri Komentar