5 Cara Ampuh Mengembalikan Semangat Belajar Siswa Seusai Liburan

Shabrina Alfari

Jan 9, 2019 • 3 min read

tips mengajar


semangat belajar siswa

Bapak/Ibu Guru sudah siap menghadapi semester yang baru? Setelah liburan, biasanya akan ada banyak siswa yang kehilangan semangat belajar. Hal ini wajar karena selama liburan rutinitas siswa berubah menjadi lebih banyak bermain dibandingkan belajar. Untuk itu, Bapak/Ibu harus mencari cara yang tepat untuk mengembalikan semangat belajar siswa setelah libur panjang. Nggak perlu khawatir lagi, berikut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan oleh Bapak/Ibu untuk menyambut para siswa seusai liburan.

1. Tunjukkan semangat Bapak/Ibu dengan menghias kelas

semangat belajar siswaBuatlah suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan (Sumber: eraallstarproperties.com)

Tidak hanya pada siswa, Bapak/Ibu juga bisa mengalami penurunan semangat saat harus kembali menjalani rutinitas usai liburan. Jika Bapak/Ibu saja kurang semangat, bagaimana dengan siswa? Tularkanlah semangat dari Bapak/Ibu Guru kepada siswa saat mereka hadir di sekolah. Semangat dari Bapak/Ibu juga akan membuat suasana kelas menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Selain itu, Bapak/Ibu bisa membuat tampilan baru pada kelas dengan mengatur ulang meja hingga menghias beberapa sudut kelas. Suasana yang menyenangkan dapat menjadi bekal awal untuk memulai pelajaran.

2. Mulai pelajaran dengan konten yang menyenangkan

semangat belajar siswaMulai pelajaran dengan konten yang ringan dan menyenangkan (Sumber: youngmarketing.co)

Jika Bapak/Ibu sudah membuat suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan, maka langkah selanjutnya adalah memulai pelajaran dengan cara yang lebih ringan, menarik, dan menyenangkan. Pembelajaran yang ringan dan menarik dapat membantu siswa kembali beradaptasi dengan pelajaran sekolah secara lebih cepat. Siswa juga tidak kaget dan stres serta menjadi lebih bersemangat untuk kembali belajar.

Bapak/Ibu bisa menggunakan materi dari ruangbelajar sebagai sumber yang lebih menyenangkan untuk siswa. Video beranimasinya bisa digunakan untuk mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya. Belajar menjadi lebih menyenangkan untuk siswa dengan misi belajar yang dibuat seperti bermain game. Seru ‘kan?

3. Berbagi cerita liburan

semangat belajar siswaBerbagi cerita liburan (Sumber: applesandbananaseducation.com)

Cara yang satu ini mungkin sudah pernah Bapak/Ibu coba sebelumnya. Namun, menggunakan keinginan siswa untuk bercerita mengenai liburan mereka bisa membuat siswa menjadi lebih bersemangat masuk sekolah, lho. Mintalah siswa untuk berbagi cerita liburannya dalam berbagai bentuk, bisa tulisan, film pendek, atau langsung bercerita di depan kelas dengan menampilkan beberapa buah tangan yang siswa dapatkan saat liburan.

4. Berikan hadiah atau penghargaan

semangat belajar siswaBerikan hadiah dan penghargaan (Sumber: theodysseyonline.com)

Jika Bapak/Ibu memberikan tugas untuk siswa selama liburan, tidak ada salahnya 'kan untuk memberikan sedikit penghargaan untuk mereka saat kembali ke sekolah. Bapak/Ibu juga bisa mencontoh salah satu kebiasaan di Jerman yang memberikan bingkisan kepada siswa saat mereka masuk sekolah bernama Schultüte. Cara ini bisa memberikan semangat pada siswa untuk kembali belajar dan menciptakan mindset bahwa sekolah adalah sesuatu yang menyenangkan.

5. Ingatkan siswa bahwa ujian sudah dekat

semangat belajar siswaBeri semangat pada siswa yang akan menghadapi ujian (Sumber: classroommosaic.com)

Bagi siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional atau SBMPTN, Bapak/Ibu dapat menyuntikan semangat pada mereka dengan mengingatkan bahwa UN sudah dekat dan dalam hitungan minggu mereka akan menghadapinya. Maka dari itu, semangat mereka tidak boleh padam. Mereka harus berusaha lebih keras dan belajar lebih rajin agar bisa menghadapi ujian tanpa hambatan.

Itulah tadi tips yang bisa Bapak/Ibu terapkan untuk mengembalikan semangat belajar siswa seusai liburan. Selain membangun motivasi pada siswa, Bapak/Ibu juga bisa lebih semangat dan terarah dalam menyambut semester yang baru. Apakah Bapak/Ibu punya tips lainnya? Coba share di kolom komentar ya.

Bapak/Ibu mau lebih semangat mengajar dengan bonus tambahan penghasilan dengan menjadi guru privat? Yuk, bergabung sekarang di ruangles!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts