English Daily Dose: 5 Tips Belajar Pronunciation yang Benar

Ruangguru Feb 27, 2016 • 5 min read


Pronunciation yang benar

Pernah nggak, kamu membaca suatu kata bahasa Inggris, tapi kamu nggak terlalu yakin pengucapannya benar atau salah? Kayak gini misalnya:

A: I want to ask something

B: Sorry? Axe?

A: No, ask. A-s-k

B: Oh, ok. Go on

Pengucapan ask menjadi terdengar seperti axe memang sering sekali terjadi ya teman-teman, bahkan masuk menjadi salah satu most mistaken pronounciation menurut alphadictionary.com. Cara pengucapan yang baik dan benar memang wajib kita kuasai. Kenapa? Karena percuma saja kalau vocab dan grammar sudah benar, tapi lawan bicara nggak mengerti kita ngomong apa, hehe.

Nggak perlu sampai meniru gaya berbicara Harry Potter walaupun aksen British memang somehow lebih “Inggris” gitu ya teman-teman. Hal terpenting dari berbicara Bahasa Inggris adalah pronounce yang jelas agar mudah dimengerti.

Nah, perhatikan yuk 5 tips di bawah ini biar pronunciation kita makin oke!

1. Pelan-pelan saja

Pronunciation yang Benar speak slowly 

Banyak yang merasa lebih keren bila berbicara dalam Bahasa Inggris secara cepat karena dianggap lebih mahir. Padahal sebagai pemula, hal ini bisa membuat lawan bicara nggak menangkap ucapan kita lho. Makanya, pelankan kecepatan berbicara sehingga kita fokus untuk mengucapkan kata-kata dengan benar.

2. Dengarkan diri sendiri

Self talk listen to your pronounciation 

Jika kamu malu mengucapkan kata dalam Bahasa Inggris karena takut salah, lebih baik rekam diri sendiri dulu yuk. Baca satu paragraf dalam Bahasa Inggris dan nanti kita bisa mendengar cara diri sendiri berbicara dan tandai kata-kata yang kita nggak yakin pengucapannya dan kamu bisa cek melalui aplikasi “Check Pronunciation Free

3. Perhatikan “Pressure” dan “Intonation”

Berbicara dalam Bahasa Inggris juga tentu mempunyai intonasi dan penekanan tersendiri pada setiap katanya. Contohnya: ketika mengucapkan present. Bila kita memberikan pressure atau tekanan di awal, yaitu PREsent artinya adalah “pada saat ini", "hadiah" atau "hadir". Sedangkan bila penekanan diberi di akhir, preSENT, artinya lebih ke “mempersembahkan”. Beda bukan?

4. Perhatikan lidah

perhatikan lidah

Menurut fluentu.com, bagi para non-native speakers, ada kesulitan tersendiri saat pengucapan “L”, “R”, dan “TH”. Dan berikut 7adalah caranya:

  • Pengucapan L: Lidah harus menyentuh bagian belakang gigi dan langit-langit gusi. Coba kamu ucapkan kata “light” beberapa kali.
  • Pengucapan R: Ingat, pengucapannya adalah “ar” dan lidah berada di tengah mulut dan nggak menyentuh bagian atas mulut. Coba ucapkan “right” beberapa kali.
  • Pengucapan TH: pastikan lidah keluar sedikit dan terdorong di antara gigi atas dan bawah. Kamu bisa mengucapkan “think” berkali-kali untuk melatihnya

5.Berlatih dengan seseorang 

dialog speaking actively with your friend 

Kita bisa banget nih latihan bersama teman atau sahabat kita dalam memperbaiki pronunciation satu sama lain. Bisa saling bantu merekam dan menganalisis apa ada cara pengucapan yang salah, vocabs yang kita ragu pengucapannya, dan basically having fun! Hehe ;D

Bagaimana teman-teman? Ternyata ada beberapa cara yang cukup mudah untuk memperbaiki teknik pronunciation kita ya.

Kalau masih ada kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris, segera download yuk aplikasi Ruangguru dimana kita bisa belajar secara real-time dan dari mana saja!

Cheers! :D

New Call-to-action

Beri Komentar