Ruangguru Blog

    5 Cara Cepat Dapat Kerja Sebelum Lulus Kuliah

    By Ruangguru writer · May 3, 2017

    Di tengah persaingan kerja yang sangat ketat, sudah menjadi impian semua orang memperoleh pekerjaan impian bahkan sebelum benar-benar melepas title mahasiswa. Berbagai pencapaian-pencapaian hidup pasca kampus sudah menunggu untuk diwujudkan. Orang tua di rumah ingin segera melihat kemandirian kamu. Apakah bisa mendapat pekerjaan sebelum mendapat gelar sarjana? Jangan khawatir smart buddies! Coba ikuti 5 cara cepat dapat kerja sebelum lulus kuliah ala Ruangguru berikut. Check these out!

    1. Ambil kesempatan magang

    Sambil menunggu kelulusan, kamu bisa mencari kesempatan-kesempatan magang. Inilah kesempatan untuk menunjukkan kualitas kerja dan kemampuanmu secara profesional pada perusahaan. Hitung-hitung kamu selangkah lebih awal menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan. Konon, peralihan dunia akademik ke dunia profesional perlu adaptasi lho. Apalagi jika kamu dapat menunjukkan kesungguhan bekerja, tidak menutup kemungkinan kamu segera ditawari sebagai karyawan tetap. 

    cara cepat dapat kerja - Beradaptasi dengan lingkungan profesional Beradaptasi dengan lingkungan profesional. (Sumber: coleysolutions.com)

    2. Manfaatkan koneksi

    Kamu dapat mulai memanfaatkan jaringan yang dimiliki. Mungkin bisa dimulai dari dosen pembimbing. Selain melakukan bimbingan tugas akhir/skripsi, coba arahkan pembicaraan hingga keresahan soal karir. Siapa tahu kamu mendapat informasi pekerjaan dari koneksi beliau. Bahkan kamu direkomendasikan langsung pada rekan-rekan profesionalnya. Manfaatkan juga jaringan alumni kamu, siapa tahu ada undangan wawancara melalui perekrutan tertutup. 

    cara cepat dapat kerja - Memanfaatkan koneksi Memanfaatkan koneksi. (Sumber: entrepreneur.com)

    3. Mulai datangi jobfair

    Hei, tak perlu menunggu lulus untuk menjadi pengunjung job fair. Dari sini kamu bisa berinteraksi langsung dengan bagian recruiting perusahaan, bahkan menggali lebih dalam mengenai kriteria-kriteria posisi tertentu. Dari sini kamu juga lebih luas mengenal spektrum posisi-posisi dalam pekerjaan. Kamu boleh kok mulai menyebar lamaran. Ini juga bisa menjadi kesempatan untuk menguji kemampuanmu menyusun CV dan cover letter, lho

    cara cepat dapat kerja - Menjadi peserta job fair Menjadi peserta job fair. (Sumber: jmc.co.id)

    4. Giat mencari informasi lowongan

    Gerak cepat itu wajib, smart buddies! Cari informasi peluang pekerjaan sebanyak mungkin. Kamu bisa mulai daftar situs-situs penyedia lowongan pekerjaan. Biasanya kampus pun punya career center yang bisa kamu manfaatkan lho. Kamu juga harus peka dengan berbagai iklan yang ditemui, mulai dari koran, televisi, bahkan media sosial kamu. Intinya: PEKA! 

    cara cepat dapat kerja - Aktif mencari informasi Aktif mencari informasi. (Sumber: eku.edu)

    5. Rapikan media sosial

    Percaya tidak percaya, kamu bisa dinilai dari media sosial kamu. Mulai sekarang, yuk, rapikan isi media sosialmu, smart buddies! Bila merasa terlalu banyak curahan hati kurang penting, coba rapikan akun LinkedIn agar terlihat lebih profesional. Pastikan semua yang kamu paparkan bisa menjadi representatif CV kamu ya. Bukan tidak mungkin ada panggilan wawancara karena profil media sosial yang kamu buat. 

    cara cepat dapat kerja - Memperdayakan media sosial Memperdayakan media sosial. (Sumber: marketingland.com)

    Kerahkan segala daya, upaya, dan doa demi pekerjaan impian ya. Kamu tidak ingin kan menjadi beban orang tua lama-lama? Jangan terlalu terlena karena kelulusan. Selamat meraih cita, smart buddies(NM/TN)

    Share this:

    Tags: Peluang, Dunia Kerja

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru