Ini Dia 5 Cara Jitu Guru Mengajar Matematika

Ruangguru Feb 4, 2016 • 3 min read


Menjadi seorang guru pelajaran Matematika memang menjadi tantangan tersendiri yaa bagi Bapak atau Ibu Guru. Pelajaran ini sering menjadi yang sering disebut ketika siswa ditanya tentang pelajaran apa yang tidak disuka atau dirasa sulit di sekolah.

Hemm, kalau sudah begitu, Bapak atau Ibu Guru harus semakin pintar-pintar nih dalam membuat Matematika bisa menjadi pelajaran yang justru akan difavoritkan murid. Nah, dalam artikel ini akan ada lima cara jitu dalam mengajar Matematika.

Mari kita simak bersama! ☺

1. Pakai beragam multimedia

Gambar contoh di buku teks yang membosankan dan sistem mengajar satu arah bisa membuat murid semakin “mumet” dengan matematika.

Menggunakan foto atau video yang mengilustrasikan soal bisa kita lakukan agar murid menjadi lebih memerhatikan karena ada daya tarik visual.

2. Mulai dengan soal yang pendek

Sebagai pengawal, kita bisa memberikan masalah matematika yang pendek dengan unsur yang diketahui lebih sedikit. Kemudian, pancing murid untuk bertanya petunjuk lain yang bisa membantu menyelesaikan soal perlahan-lahan. Hal ini untuk mengetahui apakah murid sudah mengerti konsep rumus dan membuat mereka lebih aktif.

3. Buat games (yang sebenarnya adalah evaluasi!)

 

ayo uji kemampuan mereka dengan cara yang seru! ayo uji kemampuan mereka dengan cara yang seru! 

Tidak dipungkiri bahwa games adalah salah satu cara untuk membuat murid tertarik belajar. Nah, Bapak/Ibu Guru bisa menyusun games kompetisi antar kelompok untuk menyelesaikan soal matematika.

Kemampuan siswa juga dapat terlihat lho dari sini, karena mereka tidak mendapat tekanan “nilai” sehingga murni bisa kita ukur sejauh mana dia paham materi pelajaran.

4. Petakan murid kita

Memang cukup sulit untuk menganalisa per individu seluruh murid, namun mulai petakan yuk murid Bapak/Ibu Guru melalui materi yang paling sulit bagi siswa, analisis hasil kuis dan ujian mereka, dan murid siapa saja yang kesulitan dalam belajar Matematika.

5. Bentuk kelompok belajar

 

Belajar Kelompok Saling belajar dan mengajar satu sama lain 

Setelah murid terpetakan dengan baik, Bapak/Ibu guru dapat membentuk kelompok belajar yang terdiri dari murid yang diharapkan akan saling melengkapi, misalnya yaitu perpaduan antara beberapa murid yang cepat dan mudah mengerti dengan murid yang sedikit mengalami kesulitan.

Nah, itu tadi lima cara jitu yang bisa dilakukan oleh Bapak/Ibu Guru pelajaran Matematika. Apakah Bapak/Ibu Guru mempunyai trik tersendiri ketika mengajar Matematika atau pelajaran eksakta yang cukup sulit lainnya? Boleh dibagikan di kolom komentar agar para guru semua dapat saling belajar dalam meningkatkan kualitas sebagai seorang pengajar. 

Siswa juga bisa belajar Bahasa Indonesia melalui video-video belajar menarik di ruangbelajar sehingga #BelajarJadiMudah.

Happy teaching, teachers! ☺

ruangbelajar

Beri Komentar