5 Cara Memaksimalkan Fungsi LinkedIn untuk Kemajuan Karier Anda

Naya Dini

Sep 19, 2018 • 5 min read

sukses kerja


LinkedIn merupakan sebuah perusahaan startup yang berfokus pada target bisnis dan karyawan dan dapat diakses melalui desktop maupun gadget. Didirikan pada 2002 di Amerika, LinkedIn berfungsi untuk memperluas jejaring profesional, termasuk menjadi wadah bagi para pekerja mengunggah hal mengenai pekerjaan mereka dan pencari kerja mengunggah CV mereka.

Jika dimanfaatkan secara baik dan benar, LinkedIn dapat memberikan banyak manfaat untuk perkembangan karier Anda. Sebanyak 60% rekruter mempercayakan LinkedIn untuk mengetahui lebih banyak mengenai calon karyawannya. LinkedIn juga mempercepat proses rekrutmen karyawan untuk mendapat pekerjaan, bahkan  89% pengguna mengatakan bahwa LinkedIn mempercepat mereka dalam menemukan pekerjaan.

Bila Anda belum kunjung mendapatkan panggilan kerja, bisa jadi karena Anda belum memaksimalkan penggunaan LinkedIn sebagai penguat profesionalisme Anda. Coba lakukanlah lima langkah berikut untuk membantu Anda mendapatkan peningkatan dalam karier.

1. Tambah skill dan mintalah rekan Anda memberi endorse serta testimoni

fungsi LinkedInTampilan fitur skill & expertise pada LinkedIn (Sumber: garyhyman.com)

Pada laman profil LinkedIn, tersedia kolom "skill & expertise" yang dapat Anda pilih sesuai dengan minat dan bakat Anda. melalui fitur ini orang-orang dapat memberi endorse dari "skill & expertise" yang sudah Anda pilih, misal Anda memiliki kemampuan dalam mengembangkan website, maka pilihlah Web Development. Fungsi dari endorsement yang diberikan oleh teman-teman Anda adalah sebagai bukti yang mengakui kemampuan Anda tersebut, terlebih lagi bila ditambah testimoni mengenai bagaimana Anda bekerja.

2. Gunakanlah bahasa Inggris

fungsi LinkedIn

Gunakanlah bahasa Inggris pada profil LinkedIn Anda (Sumber: xero.com)

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memperindah profil LinkedIn Anda sudah pasti dengan menyempurnakan profil, seperti menuliskan job description pada setiap pengalaman kerja Anda. Poin yang harus Anda ingat adalah tulislah penjelasan tersebut dalam bahasa Inggris agar dapat dipahami oleh semua orang secara global, apalagi bila Anda berminat untuk melamar kerja di sebuah perusahaan multinasional. Jangan setengah-setengah dalam menggunakan bahasa Inggris untuk profil LinkedIn Anda.

3. Ekspresikan jiwa leadership Anda melalui unggahan

fungsi LinkedIn

Unggahlah hal yang Anda senangi beserta pemikiran Anda (Sumber: medium.com)

LinkedIn juga menyediakan wadah bagi Anda untuk mengunggah foto dan video. Maka buatlah postingan yang baik dengan memanfaatkan fasilitas tersebut. Anda juga dapat membuat artikel yang sesuai dengan nilai yang ingin Anda tunjukkan melalui profil LinkedIn. Bila Anda kesulitan mengunggah sesuatu, share saja post dari akun lain yang nilainya sesuai dengan Anda dan dapat memberi image baik untuk Anda sebagai seorang profesional. Namun shared post tersebut tidak akan begitu berdampak tanpa komentar pribadi Anda, itulah yang akan membuat postingan Anda menjadi spesial.

4. Bangun profesionalisme dengan mengikuti akun lain yang memiliki konten baik & bagus

fungsi LinkedInIkuti akun-akun yang bermanfaat dalam meningkatkan nilai profil LinkedIn Anda (Sumber: envano.com)

Di LinkedIn, terdapat tombol “following” yang begitu powerful sehingga dapat mengubah hidup Anda kedepannya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengikuti berbagai perusahaan, public figure, dan pengumuman. Ini adalah cara mudah agar Anda dapat memperluas pengetahuan Anda dan terus update di bidang yang Anda tekuni, bahkan Anda dapat berbagi cerita kepada orang lain mengenai info baru yang Anda dapatkan melalui akun-akun yang Anda ikuti tersebut.

5. Pelajari profil LinkedIn orang yang akan Anda temui

fungsi LinkedIn

Profil LinkedIn memberikan informasi yang tidak ada di sosial media lainnya

(Sumber: moneyaftergraduation.com)

Meeting dengan orang yang belum pernah Anda kenal bukanlah hal mudah, Anda harus menebak-nebak topik apa yang dapat membuat percakapan mengalir dan menjadi segar. Melalui LinkedIn, Anda tidak perlu lagi mengalami kesulitan dalam membuka percakapan tersebut. Bila Anda akan menghadiri sebuah meeting bersama orang baru yang belum Anda kenal, cari tahu nama lengkap orang tersebut dan pelajari profilnya di LinkedIn terlebih dahulu. Anda dapat mencari informasi mengenai pengalaman kerjanya, organisasi atau komunitas yang pernah diikuti, bahkan mungkin unggahan yang mereka buat. Tentu percakapan akan menjadi lebih menyenangkan, apalagi bila Anda memiliki banyak kesamaan dan ketertarikan dengan orang tersebut.

Sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana caranya untuk memaksimalkan penggunaan LinkedIn untuk dunia profesional Anda. Terapkan sekarang juga dan lihatlah keajaiban apa yang akan terjadi dalam karier Anda. Selain melalui LinkedIn, Anda juga dapat meningkatkan karier Anda dengan mengikuti berbagai kelas di apps ruangkerja. Unduh dengan cara klik gambar di bawah ini.

 

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts