5 Cara Orang Tua Mencegah Virus Corona di Rumah

Nurul Hidayah Mar 14, 2020 • 5 min read


Cara orang tua mencegah virus corona di rumah

Artikel ini membahas mengenai cara pencegahan virus Corona yang bisa dilakukan oleh orang tua di rumah.

--

Akhir-akhir ini, masyarakat semakin dibuat resah oleh penyebaran virus Corona atau COVID-19 (Corona Virus Disease 2019). Dilansir dari covid19.go.id, data terbaru virus Corona di Indonesia pada Rabu (01/04/2020) sudah mencapai 1.528 kasus. Hal ini pasti membuat orang tua khawatir. Bagaimana mencegah keluarga agar tidak tertular virus Corona? Lalu, apa yang harus dilakukan orang tua di rumah untuk mencegah virus Corona? Sebelum itu, kita harus tahu dulu tentang virus Corona.

Virus Corona merupakan virus yang menyerang pernapasan. Artinya, Anda akan mengalami gejala terinfeksi virus Corona jika virus tersebut terhirup atau sampai tertelan masuk ke dalam tubuh. Jika seseorang yang terinfeksi virus bersin di tangan mereka, kemudian menjabat tangan Anda, maka Anda tidak akan tertular virus tersebut. Tetapi, jika setelah itu Anda menyentuh mulut, mata, atau hidung Anda, kemungkinan virus itu bisa masuk ke dalam tubuh. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar masyarakat tidak memandang remeh penyakit ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan.

Berikut 5 cara pencegahan yang dapat orang tua lakukan agar penyebaran virus Corona tidak meluas, baik untuk Anda maupun keluarga di rumah:

1. Jadikan cuci tangan sebagai bagian rutinitas

Mencuci tangan adalah cara yang mudah, murah, dan efektif untuk mencegah penyebaran virus serta menjaga anak-anak dan orang dewasa tetap sehat. Cucilah tangan dengan air mengalir menggunakan sabun secara rutin setidaknya selama 20-30 detik. Cuci tangan penting dilakukan saat sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, berpergian, serta setelah batuk dan bersin. Cuci tangan juga sangat penting dilakukan sebelum menyusui bayi atau memerah ASI.

Oh, ya! Pastikan seluruh bagian tangan dicuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Lalu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan. Saat Anda menjadikan cuci tangan bagian dari rutinitas Anda, jangan lupa untuk ajarkan dan dampingi anak agar mereka menjadi terbiasa hidup sehat dan disiplin.

Langkan mencuci tangan pakai sabun

2. Jaga daya tahan tubuh dan jalankan pola hidup sehat

Virus Corona akan sulit masuk ke dalam tubuh orang  yang memiliki daya tahan tubuh kuat. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh keluarga di rumah, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur, buah, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging. Jangan lupa, penuhi kebutuhan cairan dengan banyak minum air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau untuk menjaga keamanan makanan dengan mencuci dahulu makanan mentah yang akan dimasak. Selain itu, gunakan talenan dan pisau yang berbeda untuk daging mentah dan bahan makanan lain. Hindari mengonsumsi hewan yang mati karena sakit karena dikhawatirkan akan menularkan bakteri/virus ke tubuh kita. Bahkan, WHO juga menyebutkan di daerah yang mengalami wabah, daging harus dimasak dengan matang dan benar agar dapat dikonsumsi dengan aman.

Selain itu, rutin berolahraga juga bisa menjaga daya tahan tubuh lho. Berolahraga tidak selalu dilakukan di luar ruangan, orang tua pun bisa melakukan olahraga di dalam ruangan. Lakukan olahraga sederhana, seperti naik turun tangga, jalan-jalan di koridor dan halaman rumah Anda, atau olahraga yang menyenangkan, seperti menari, zumba, atau senam. Ajak anak-anak dan keluarga Anda untuk memulai aktivitas dengan berolahraga di pagi hari minmal 30 menit sehari. Berjemur di bawah sinar matahari antara jam 10 pagi-1 siang juga dipercaya dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal ini juga bisa Anda dan keluarga lakukan agar tubuh dapat menangkal berbagai macam virus. 

Selanjutnya, tidur yang cukup juga dapat menjaga daya tahan tubuh menjadi optimal. Tidak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol pun bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah dari penularan virus Corona.

5 tips pola hidup sehat

3. Menjaga kebersihan lingkungan rumah

Hal ini dapat dilakukan mulai dari memerhatikan peralatan makanan dan mainan agar terjaga kebersihannya. Pastikan setiap ruangan dibersihkan secara rutin dan mendapat cahaya matahari serta udara yang cukup melalui ventilasi. Lalu, jangan biarkan sampah menumpuk dan mengganggu kesehatan keluarga, ya!

4. Menyediakan P3K dan peralatan kebersihan di rumah

Selain P3K seperti obat flu, batuk, demam, alkohol, sarung tangan latex, dan masker, perlengkapan kebersihan yang harus dimiliki di rumah untuk mencegah virus Corona, yaitu sabun, tissue, handuk bersih. Apabila sabun dan air tidak tersedia, bisa menyediakan pembersih tangan berbasis alkohol atau hand sanitizer yang memiliki setidaknya kandungan 60% alkohol, kemudian cuci tangan dengan sabun dan air sesegera mungkin.

5. Memberikan edukasi mengenai tindakan yang harus dilakukan

Sebagai orang tua, sepatutnya kita memberikan informasi yang akurat dan tidak membuat panik anggota keluarga. Apalagi menyebabkan anak panik berlebihan dan takut. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memberi tahu untuk menghindari interaksi dengan orang yang sedang batuk pilek karena tidak semua orang yang sedang batuk pilek memiliki kesadaran untuk membatasi interaksi dengan orang yang sehat.

Hal itu juga berlaku jika orang tua terkena batuk pilek, gunakan masker untuk mencegah penularan pada anak dan anggota keluarga lainnya. Lalu, jelaskan etika batuk atau bersin yang benar agar mencegah penyebaran suatu penyakit secara luas dan membuat kenyamanan pada orang disekitarnya.

Etika saat batuk dan bersin
 

Selanjutnya, bila ada anggota keluarga yang mengalami demam, batuk, dan pilek disertai sesak nafas, segera datangi rumah sakit atau fasilitas kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: 132 Rumah Sakit Rujukan Penanganan COVID-19 di Indonesia

Nah, itulah 5 cara orang tua mencegah virus Corona di rumah. Mulai dari poin pertama hingga kelima, manakah yang para orang tua sudah lakukan? Yuk, segera sigap jika sudah muncul tanda-tanda terinfeksi virus Corona.

Selain itu, kamu bisa mengakses latihan soal dan rangkuman melalui ruangbelajar demi menjawab tantangan belajar yang dihadapi siswa Indonesia di tengah darurat kesehatan penyakit COVID-19. Ayo semangat siaga corona!

New Call-to-action

Beri Komentar