5 Cara Mencintai Pekerjaan Anda dan Bekerja dengan Passion

Naya Dini

Aug 22, 2018 • 5 min read

sukses kerja


“Pilihlah pekerjaan yang kamu cintai, maka kamu tidak akan merasa seperti bekerja setiap harinya” - Confucius

Rekan Kerja, Anda pernah mendengar pepatah tersebut? Jika pepatah tersebut tidak terasa realistis bagi Anda atau tidak sesuai dengan kehidupan karier Anda, tidak perlu khawatir. Lima cara berikut dapat membuat Anda mencintai pekerjaan Anda saat ini.

1. Fokus pada tujuan Anda

cara mencintai pekerjaan

Fokus pada tujuan Anda bekerja dapat menjaga semangat kerja (Sumber: ixwebhosting.com)

Alih-alih memaksakan diri untuk mendapatkan pekerjaan yang berhubungan dengan passion Anda, lebih baik bagi Anda untuk mengambil sedikit waktu dan memikirkan apa sebenarnya tujuan Anda bekerja. Selain untuk mendapatkan keuntungan secara finansial, keuntungan lain apa yang ingin Anda dapatkan dalam pekerjaan Anda. Apakah jaringan yang meluas (networking), jumlah project yang dikerjakan untuk memperkaya portofolio, jumlah target penjualan yang fenomenal, dan banyak lainnya. Fokus pada motivasi Anda bekerja dapat membuat Anda semangat bekerja.

 

2. Pikirkan apa yang Anda cintai VS apa yang membuat Anda aman

Sebagian dari Anda mungkin pernah menemukan atau mendapatkan tawaran untuk bekerja di sebuah perusahaan bonafit dengan gaji yang banyak, tapi bidang tersebut tidak sesuai dengan kemampuan Anda atau bahkan jurusan sewaktu Anda kuliah. Itu adalah sebuah kesempatan emas! Orang-orang berjuang dengan berbagai cara agar dapat bisa bekerja secara fulltime dan mendapatkan penghasilan bulanan, karena mendapatkan pekerjaan lumayan sulit.

cara mencintai pekerjaan

Jangan biarkan diri Anda lama terjebak di zona nyaman (Sumber: cresogo.com)

Alih-alih melihatnya sebagai sebuah beban, pandanglah kesempatan itu sebagai sebuah tantangan. Jalani pekerjaan itu dengan masa percobaan dan rasakan apakah Anda menikmatinya selama masa percobaan tersebut. Bila Anda mampu melewatinya dengan baik, pasti Anda akan merasa bangga terhadap diri Anda sendiri dan Anda pun memiliki keterampilan baru yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Ingat! Perusahaan sangat menyukai karyawan yang memiliki kemauan belajar tinggi, sekalipun orang itu sudah memiliki banyak pengalaman.

 

3. Jangan tunggu untuk melakukan apa yang Anda sukai. Ambillah risiko!

Banyak orang yang mencoba idealis dengan menolak banyak tawaran pekerjaan karena tidak sesuai dengan perusahaan incarannya, jabatan yang diinginkannya, atau gaji yang diharapkannya. Namun, sampai kapan Anda akan menunggu? bagaimana jika Anda tidak akan mendapatkannya sampai kapanpun? Dalam kehidupan karier, Anda perlu realistis dengan mempertimbangkan banyak hal.

Usia Anda terus bertambah seiring berjalannya waktu, sedangkan untuk beberapa pekerjaan terdapat batas maksimum bekerja. Misal, maksimum berusia 25 tahun untuk menjadi seorang reporter atau usia maksimal 35 tahun untuk bekerja di sebuah perusahaan BUMN. Usia 20-an adalah waktu yang tepat untuk belajar dan merintis karier. Sementara usia 30-an adalah waktunya bagi Anda memiliki jabatan yang lebih senior, seperti manager. Namun, jabatan tersebut seperti tidak mungkin Anda dapatkan jika Anda sebelumnya belum pernah menjadi seorang junior.

cara mencintai pekerjaan

Jangan sampai Anda iri dengan prestasi teman yang sudah lama meniti karier

(Sumber: forbes.com)

Contoh lainnya, di saat Anda terus menunggu pekerjaan yang sesuai dengan harapan Anda bahkan hingga bertahun-tahun. Di sisi lain teman-teman Anda mungkin sudah mendapatkan pekerjaan yang mapan atau bahkan dengan posisi tinggi, sedangkan Anda belum memulai sama sekali. Oleh karena itu, beranilah mengambil keputusan agar tidak menyesal di kemudian hari.

 

4. Selalu berpikir dan bertindak positif

cara mencintai pekerjaanPikiran positif akan menghasilkan attitude yang positif (Sumber: successconsciousness)

Rekan Kerja, sadarkah Anda seberapa menyenangkan pekerjaan Anda akan terasa menjadi sulit bila Anda terus memikirkan sisi negatifnya. Terus-menerus memikirkan kekurangan dari pekerjaan Anda akan membuat Anda mudah mengeluh, tidak menikmati pekerjaan, dan mudah lelah. Pakar psikologi Sherrie Campbell, PhD, mengatakan kunci utama menjalani hidup yang berkualitas ada di pikiran. Jika berpikiran positif, maka setiap masalah dan hambatan yang datang akan bisa dilalui dengan baik. Anda pun akan mencintai pekerjaan Anda seberat apapun masalah Anda temukan. Tentu saja jika dihadapi dengan sikap positif, Anda tidak akan menganggap masalah itu sebagai sebuah hambatan, melainkan sebagai sebuah peluang untuk menjadi lebih maju.

 

5. Berinvestasilah pada kemampuan Anda

cara mencintai pekerjaanMengikuti kursus online adalah salah satu cara meningkat skill Anda (Sumber: blog.sedu.vn)

Salah satu alasan memungkinkan Anda tidak mencintai pekerjaan  bisa jadi karena Anda tidak begitu menguasai pekerjaan tersebut atau Anda hanya belum menyelaminya lebih dalam. Daniel H. Pink, pengarang buku Drive: The Surprising Truth About What Motivates Us mengatakan bahwa ketertarikan Anda dapat muncul seiring dengan Anda mengenal dengan baik apa yang dikerjakan. Penguasaan ilmu-ilmu baru akan membuat Anda lebih mudah menyelesaikan pekerjaan. Oleh karena itu, asah kemampuan Anda dengan menyaksikan webinar, mendengarkan podcast, membaca buku, atau melalui kursus online bila Anda tidak memiliki banyak waktu. Saat ini sudah tersedia banyak sekali aplikasi kursus online yang dapat Anda ikuti secara gratis di manapun dan kapanpun, salah satunya adalah aplikasi ruangkerja. Waktu Anda tidak hanya habis untuk pekerjaan, tetapi justru skill Anda semakin terasah saat menyelesaikan pekerjaan.


Itulah 5 tips untuk mencintai pekerjaan Anda Tidak perlu pekerjaan berdasarkan passion, pekerjaan Anda saat ini pun dapat menjadi passion yang mungkin saja tidak pernah Anda sadari. Selamat mencoba, Rekan Kerja! Anda juga dapat membaca artikel bermanfaat lainnya dengan cara klik gambar di bawah ini.

New call-to-action

 

Beri Komentar

Recent Posts