5 Cara Mengembalikan Mood Bekerja Setelah Liburan

Maya Martha

Jan 2, 2019 • 4 min read

sukses kerja ruangkerja


Liburan adalah hal yang pasti sangat menyenangkan bagi semua Rekan Kerja karena Anda dapat memaksimalkan waktu untuk beristirahat, melakukan hobi, menikmati alam, dan lain sebagainya. Terlebih apabila Anda bekerja dan tinggal di daerah perkotaan. Dengan berlibur Anda bisa menikmati segala macam bentuk wisata yang jauh dari perkotaan dan hal tersebut sangat menyegarkan Anda.

Namun, dalam jangka waktu tertentu Anda harus kembali ke rutinitas pekerjaan Anda sehari-hari. Hal ini dapat menyebabkan Anda mengalami penurunan mood karena Anda terpaksa mengakhiri masa liburan Anda untuk kembali bekerja atau Anda merasa waktu yang dihabiskan untuk liburan tidak cukup. Untuk itu, ada 5 cara mengembalikan mood bekerja setelah liburan.

 1. Melakukan relaksasi

cara mengembalikan mood

Menyegarkan emosi dan fisik dengan melakukan relaksasi (Sumber: aguswirajaya.com)

Masing-masing Anda pasti mempunyai cara tersendiri untuk melakukan relaksasi. Seperti lari pagi, yoga, pergi ke salon kecantikan atau spa, refleksi, mendengarkan lagu, berendam air panas di bathtub pribadi, atau bahkan dengan tidur di kasur kamar sendiri. Menurut Kazdin dalam bukunya yang berjudul Behavior Modification in Applied Setting (2001), relaksasi dapat meregulasi emosi dan fisik Anda dari kecemasan, ketegangan, stres, dan lainnya. Untuk itu, apabila Anda memiliki suasana hati atau fisik yang kurang baik sepulang liburan, maka lakukan relaksasi dan temukan relaksasi apa yang sesuai untuk Anda.

Baca juga: 5 Cara Mencintai Pekerjaan Anda dan Bekerja dengan Passion

2. Memasak menu favorit baru yang didapat pada saat liburan

cara mengembalikan mood

Memasak menu favorit (Sumber: besthealthmag.ca)

Saat Anda berlibur kemarin, pasti Anda memiliki menu makanan yang telah Anda tambahkan ke dalam daftar makanan favorit Anda. Sesuatu hal yang sangat patut untuk dicoba bila Anda memasaknya kembali di rumah. Seperti contohnya, bila Anda sangat menyukai masakan ramen di sebuah restoran yang Anda kunjungi kemarin di Jepang, Anda bisa memasaknya kembali dengan resep yang bisa ditemui di website. Dengan memasak menu tersebut Anda akan diingatkan kembali kepada suasana liburan yang menyenangkan kemarin. Anda dapat mempertahankan mood positif, dan Anda juga dapat menambah keterampilan.

3. Membersihkan rumah hingga menata ulang meja kerja Anda

cara mengembalikan moodMenjaga rumah dan meja kerja tetap bersih dan rapih (Sumber: media.rooang.com)

Menjaga lingkungan agar terlihat bersih dan rapi dapat memberikan nuansa yang positif kepada diri Anda. Mulailah dengan membersihkan lantai, kasur, dan kaca rumah Anda yang sudah mulai berdebu karena Anda tinggal selama beberapa hari. Sebaiknya tempat tinggal Anda dibersihkan dan diberikan pewangi yang dapat menyejukkan indera penglihatan dan penciuman Anda. Hal tersebut secara langsung dapat mempengaruhi hati dan pikiran Anda. Begitu juga dengan meja kantor Anda. Penelitian yang dilakukan Armiati tahun 2015 mengatakan, bahwa produktivitas dapat dipengaruhi melalui penataan alat-alat bekerja. Maka, tidak ada salahnya menata ulang meja kantor Anda menjadi lebih menarik agar Anda lebih bersemangat dalam bekerja.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Produktivitas Kerja di Masa Liburan Akhir Tahun

4. Berbagi cerita kepada teman dan keluarga

cara mengembalikan mood

Meluangkan waktu untuk berbagi cerita dengan orang-orang terdekat (Sumber: youtube.com)

Pastinya sepulang liburan, Anda memiliki banyak pengalaman yang ingin Anda bagikan kepada teman atau keluarga tercinta. Hal ini dapat memotivasi Anda dalam bekerja karena Anda dapat mencurahkan apa yang Anda rasakan semasa liburan kemarin yang masih membekas dalam pikiran Anda. Pikiran dan hati Anda dapat disegarkan kembali sebelum akhirnya Anda kembali kepada rutinitas bekerja sebagai upaya membangkitkan mood Anda. Cobalah untuk mengajak teman atau keluarga bertemu di restoran atau café dengan minum minuman favorit sambil saling berbagi cerita.

5. Mulai merencanakan destinasi liburan selanjutnya

cara mengembalikan mood

Merencanakan liburan yang diidamkan (Sumber: blog.cheapism.com)

Merencanakan kembali perjalanan untuk liburan Anda di pertengahan tahun depan atau bahkan di minggu berikutnya dapat memberikan semangat Anda untuk melalui hari-hari. Jurnal Applied Research in Quality of Life tahun 2010 mengatakan bahwa perasaan bahagia akan timbul hanya dengan merencanakan suatu perjalanan liburan. Cobalah untuk melihat-lihat lokasi tujuan yang sangat Anda idamkan dan membuat suatu rencana perjalanan untuk sampai kesana!

Liburan memang menyenangkan namun Anda harus menyadari bahwa Anda memiliki kebutuhan sehari-hari yang harus terpenuhi. Salah satu cara memenuhinya adalah dengan bekerja. Untuk itu, berusahalah dengan mencoba melakukan 5 cara ini.

Selain itu, agar Anda dapat memiliki performa yang baik dalam bekerja, baca juga artikel-artikel lainnya di aplikasi ruangkerja. Anda bisa mengunduhnya di Play Store atau App Store. Gratis!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts