5 Cara Menjaga Produktivitas Kerja di Masa Liburan Akhir Tahun

Maya Martha

Dec 24, 2018 • 4 min read

sukses kerja


Suasana liburan di akhir tahun tak jarang membuat Rekan Kerja mengambil cuti panjang. Namun sebelum liburan tentu beberapa pekerjaan harus segera diselesaikan dengan produktivitas yang maksimal. Terkadang terasa sulit untuk dilakukan karena separuh hati sudah ingin untuk beristirahat dan bersenang-senang sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat dari jauh-jauh hari. Akan lebih menyenangkan jika semua pekerjaan Anda telah selesai sebelum berlibur. Oleh karena itu, lakukan lima cara ini agar Anda tetap produktif menjelang akhir tahun dan bisa berlibur dengan tenang.

1.    Bagi skala pekerjaan ke dalam bentuk kecil

liburan
Menyusun pekerjaan (Sumber: theverge.com)

Tugas yang banyak terkadang membuat Anda bingung harus mulai dikerjakan dari mana. Untuk memudahkan kinerja Anda, coba bagi load pekerjaan tersebut ke dalam bagian-bagian kecil. Anda juga dapat menggunakan Teknik Pomodoro agar efektif dalam menyelesaikan tugas. Jika satu tugas sudah selesai, baru lah beranjak ke tugas lainnya. Jika sudah terbiasa membuat skala prioritas, hal ini tentu dapat mempermudah Anda untuk menyusun pencapaian lain yang lebih besar lagi nantinya.

Baca juga: Lingkungan Kerja yang Sehat dan Manfaatnya bagi Perusahaan

2.    Dengarkan musik nature sounds atau soundtrack video games

liburan

Dengarkan jenis musik yang berbeda (Sumber: thehealthsite.com)

Anda pastinya setuju ‘kan kalau mendengarkan musik dapat membuat Anda semangat, entah dengan cara menggunakan headphone atau earphone. namun apakah Anda sudah mencoba bekerja sambil mendengarkan musik dengan suara alam atau soundtrack video games? Musik-musik tersebut pasti terasa menyenangkan untuk didengar sambil bekerja, seperti Anda sedang berlibur! Namun perlu diperhatikan bahwa menggunakan headphone atau earphone dapat memberikan kesan “tidak ingin diganggu”. Maka sebaiknya Anda memakai headphone atau earphone hanya sebelah telinga saja karena mungkin saja kolega atau atasan Anda akan memanggil Anda untuk berdiskusi terkait pekerjaan penting.

3.    Berolahraga sebelum berangkat ke kantor

liburan
Memulai hari dengan berolahraga (Sumber: topmetro.news)

Penelitian mengatakan bahwa berolahraga dapat meningkatkan produktivitas bekerja karena dapat menaikan 41% motivasi, 21% konsentrasi, dan 22% ketepatan waktu. Tidak perlu untuk menghabiskan waktu berlama-lama di gym. Hanya dengan menggerakan badan atau treadmill selama 30 menit, Anda akan merasakan perbedaannya. Setelah badan terasa segar, barulah Anda berangkat ke kantor. Pasti terdapat perbedaan yang nyata jika Anda telah terlebih dulu berolahraga sebelum berangkat ke kantor. Apalagi di akhir tahun biasanya terdapat banyak promo keanggotaan gym atau fitness center. Bahkan di ibu kota saat ini sedang bermunculan gym dengan konsep instagramable. Wah, jangan disia-siakan, Rekan Kerja!

4.    Memberi pemahaman kepada orang-orang terdekat

liburan
Menceritakan kondisi yang dialami kepada orang sekitar (Sumber: bhsga.com)

Di tengah Anda bekerja, mungkin saja teman atau anggota keluarga Anda memberikan suatu penawaran yang menarik untuk mengajak Anda berlibur atau hanya sekedar bertemu di kafe. Kadang hal tersebut dapat mengganggu produktivitas Anda karena waktu luang bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan tugas kantor. Tidak ada salahnya menjelaskan kondisi yang sedang Anda lakukan kepada teman dan keluarga agar mereka mengerti untuk memberikan ruang kepada Anda. Sebagai gantinya, pastikan Anda telah menyediakan waktu khusus untuk berlibur bersama mereka. Hanya saja untuk saat ini momennya belum tepat karena pekerjaan Anda sangat banyak. Mereka pasti mau menunggu, asal Anda mampu komitmen pada janji Anda sendiri.

Baca juga: 3 Cara Jadi Karyawan yang Tidak Tergantikan di Kantor

5.    Hindari lembur dan konsisten pada pekerjaan Anda

liburan

Konsisten dalam mengatur waktu bekerja (Sumber: portalkppn.com)

Bekerja melewati jam kerja dapat memengaruhi fisik dan pikiran Anda. Konsisten lah pada diri Anda untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Datang lah tepat waktu dan pulang teng-go waktu luang setelah jam pulang kerja untuk bertemu teman, keluarga, atau melakukan hobi Anda. Lakukan kegiatan-kegiatan yang Anda senangi sebagai hadiah untuk diri Anda yang telah bekerja keras di masa liburan ini. Tidak perlu ngoyo, Anda dapat kembali melanjutkan pekerjaan keesokan harinya. Konsisten adalah kuncinya, Rekan Kerja!  

 

Memang ada banyak tantangan yang bisa Anda dapatkan pada saat Anda bekerja. Bisa berasal dari luar atau bahkan dari dalam diri Anda sendiri. Terlebih karena Anda telah dihadapkan kepada perencanaan liburan atau istirahat di akhir tahun. Untuk itu, beberapa cara ini dapat membantu Anda dalam bekerja secara produktif di akhir tahun. Asalkan adanya kesadaran dan kemauan maka Anda tidak perlu khawatir, Anda pasti bisa menyelesaikannya Rekan Kerja!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts