English Daily Dose: 5 Cara Mudah Terhindar dari Kritikan Grammar Nazi

Ruangguru Feb 13, 2016 • 5 min read


grammar

*mengetik status atau caption dalam Bahasa Inggris*

*cari teman yang jago grammar-nya*

Eh, udah bagus dan bener gak tulisannya? Hehehe

"Udah bener kok. Kenapa memang? Serius amat bikin status doang."

"Iya nih, takut dikomentarin sama Grammar Nazi."

Sadar atau tidak, di era sosial media sekarang ini, teman-teman cenderung lebih suka menulis status atau caption foto dan momen di Instagram misalnya, dengan menggunakan Bahasa Inggris. Penggunaan vocabularies-nya boleh keren, eh tapi grammar-nya salah. Hmm, tidak heran sih karena ada banyak tenses dan aturan penggunaan verbs, clause, dan sesimpel menentukan preposition juga kadang-kadang membuat kita bingung, kan?

At the weekend atau on the weekend, hayoo yang mana yang lebih tepat?

Eits, tak perlu bingung lagi karena dalam artikel kali ini, Ruangguru akan membagikan 5 cara untuk membantumu dalam mempelajari aturan grammar Bahasa Inggris dengan lebih mudah. Langsung saja yuk!

Cara pertama, belajar verbs dan hal dasar lainnya seperti adverb, adjective, dan clause. Kamu bisa memulai dengan menghafal tiga bentuk berbeda (infinitive, past simple, dan past participle atau yang biasa kita kenal dengan verb 1,2,3) dari kata kerja yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Kedua, kamu bisa menggunakan gambar ini untuk lebih mengerti penggunaan 16 tenses dalam Bahasa Inggris lho!

Tabel Ajaib Tenses Tabel Ajaib Tenses

Supaya lebih memudahkanmu, penjelasannya adalah:

The past tense is used for anything that happened before this moment in time.

The present tense is used for anything that happens right now or for general statements.

The future tense is used for anything that will happen at some point later than right now.

 

benerin grammar Ubah Kalimat Aktif Ke Pasif

 

Ketiga, iseng-iseng mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif. Kelihatannya seperti ketika kita SD ya, tapi cara ini efektif lho untuk kamu sekaligus belajar menggunakan to be dan verb yang tepat!

Cara keempat ini akan menjadi jawaban dari mana yang lebih tepat antara “At the weekend atau On the weekend”. Belajar preposition! Yup, preposition yang adalah kata untuk melengkapi keterangan waktu dan tempat, terdiri dari At, It, On. Lihat saja sendiri ya jawabannya di diagram penggunaan preposition ini! :D

 

Diagram grammar Diagram Preposition

Dan yang terakhir, cara kelima untuk semakin pede menulis status dengan grammar yang benar bisa dengan memahami relative pronouns saat ingin menggunakan kata ganti untuk menerangkan kata benda (noun) yang bisa berupa manusia, hewan, atau barang. Jangan keseringan pakai “which is”, eh padahal menerangkan orang, hihi (common mistake di media sosial).

The rules are:

who = menggantikan keterangan orang sebagai subyek.

whom = menggantikan keterangan orang sebagai obyek.

which =menggantikan keterangan subyek dalam bentuk benda.

whose =menggantikan keterangan milik.

that = menggantikan keterangan subyek dalam segala bentuk.

Bagaimana? Dengan 5 cara mudah di atas, penggunaan grammar kamu pasti akan lebih baik lagi dan nggak perlu khawatir tulisan kamu dikritik para grammar nazi, heheMasih banyak lho aturan grammar yang wajib kamu ketahui saat belajar Bahasa Inggris. Cara mudahnya, kamu bisa belajar di Ruangbelajar. Ayo gabung sekarang juga!

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar