7 Tips Perbanyak Vocabulary atau Kosakata Bahasa Inggris Kamu!

Tips memperbanyak vocabulary

Yuk, simak cara dan tips memperbanyak vocabulary atau kosa kata bahasa Inggris kamu. Jangan lupa diterapkan sehari-hari ya!

Hayo, siapa di sini yang sekarang sering bicara ala bahasa Jaksel alias campur-campur antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris? Dibandingkan mengatakan maaf, kita secara otomatis bilang sorry atau mengucapkan terima kasih dengan thanks yaa. Nah, keadaan seperti ini sebenarnya sangat bisa dimanfaatkan untuk memperlancar bahasa Inggris kita melalui praktik langsung, lho.

Kalau dulu kan sering tuh ada istilah “sok bule deh” yang membuat kita enggan bicara banyak dalam Bahasa Inggris. Padahal dengan sering mengobrol dalam English adalah salah satu cara untuk “memaksa” kita untuk menambah kosakata atau penguasaan vocabulary kita.

Selain itu lakukan juga yuk beberapa tips di bawah ini untuk semakin memperbanyak pengetahuan vocab kita! Let’s check them out!

 

1. Mulai rajin baca yuk!

Kalau kamu banyak membaca bacaan dalam Bahasa Inggris, pasti ada saja kata baru yang akan kamu temukan. Kamu bisa mulai dari membaca majalah atau novel ringan berbahasa Inggris, seperti beberapa novel romance yang cukup hits ini: The Fault in Our Stars, Eleanor and Park, atau Confessions of A Shopaholic. Atau kamu sudah punya novel favorit? Tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga: Tips Belajar Pronunciation yang Benar!

 

2. Jangan malu buka kamus!

Kalau kamu memang tidak tahu arti dari suatu kata, buka saja kamus yang sekarang bahkan bisa di-install dengan mudah di HP kamu. Lihat juga cara pengucapannya (pronunciation) dan untuk yang ingin tau berbagai sinonim atau antonim kata bisa melihat kamus Thesaurus.

 

aaron-burden-fgmf2Eyrwm4-unsplashBuka kamus dan banyak membaca bahasa Inggris (Sumber: unsplash.com)

 

3. One-word (or more!) per day

Tetapkan di dalam diri kamu bahwa setiap harinya ada beberapa kata baru yang harus kamu ketahui arti, pengucapan, bahkan dalam kalimat seperti apa vocabulary tersebut sesuai untuk digunakan. Ingat ya, small progress is also an improvement. Semangat!

Baca Juga: Bahasa Inggris Kamu Kurang Jago? Ini 4 Cara Seru Belajarnya

 

4. Bermain sambil belajar

Pernah dengar permainan scrabble kan pastinya? Yup, scrabble adalah satu board-game menyusun kata dalam Bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga bisa loh membuat “word cards” dengan kertas berukuran kecil dan kamu tuliskan satu kata beserta artinya di baliknya dan coba menghafalnya berulang-ulang

 

freysteinn-g-jonsson-LI03w3L-PxU-unsplashBermain scrabble sambil belajar bahasa Inggris (Sumber: unsplash.com)

 

5. Menulis dalam Bahasa Inggris

Enggak, kamu nggak diminta buat essay dalam bahasa Inggris kok. Tapi, yuk mulai latihan menulis dengan menggunakan vocabulary yang sudah kamu pelajari biar tidak mudah lupa. Kamu bisa mulai dengan menulis cara mengenalkan diri yang benar atau apa yang kamu rasakan hari itu.

 

6. Membuat kamus sendiri

Hah, gimana caranya bikin kamus sendiri?

Coba deh mulai menuliskan berbagai kosakata bahasa Inggris baru yang kamu temui. Dengan mencatatnya di kamus buatanmu sendiri, kamu jadi lebih mudah untuk terus mengingat semua kosakata baru tadi. Kamus pribadi kamu ini juga bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu untuk belajar lebih banyak vocab bahasa Inggris, lho.

Baca Juga: Apa Sih Perbedaan Bahasa Inggris British dan Amerika?

 

7. Lebih banyak berkomunikasi dengan bahasa Inggris

Bahasa itu harus terus kamu ulang-ulang dan pergunakan setiap hari agar lebih terbiasa dan melekat di otak kamu. Berbicara dengan orang lain bisa membantu kamu untuk menemukan kosakata baru untuk kamu pelajari. Saat tidak tahu artinya, kamu juga tidak perlu sungkan untuk bertanya pada lawan bicara. Lalu, sama seperti ketika membaca, tuliskan kembali kosakata baru yang kamu dapatkan di kamus pribadi.

Itu dia beberapa cara mudah untuk semakin memperbanyak kosakata Bahasa Inggrismu. Cukup mudah, kan? Kalau kamu ingin lebih meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris, kamu bisa belajar di ruangbelajar. Di sana ada banyak video pembelajaran animasi yang menyenangkan. Ayo gabung sekarang juga! Cheers!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D