New Newton: 5 Cara Mudah Taklukkan Fisika

Ruangguru Jan 11, 2016 • 3 min read


Mari kita akui bahwa Fisika itu sebenarnya keren sekali namun sulit dan “ngejelimet” untuk dipelajari apalagi betul-betul dipahami. Siapa sih yang tidak akan terkesima ketika melihat teman kita berhasil menjabarkan penyelesaian satu soal yang rumit di papan tulis, lebih lagi kalau dia ganteng atau cantik, ya kan?

Physics atau Fisika sering menjadi satu momok yang menakutkan bagi para pelajar. Saat ujian mid Fisika tiba, kita terkadang hanya bisa pasrah melihat “permasalahan” di kertas soal kita. Namun, saat menonton film sci-fi seperti misalnya Interstellar, isn’t it cool to see bagaimana Fisika bisa membantu manusia untuk menjelajah alam semesta lebih jauh lagi? Nah, dalam artikel kali ini ada 6 cara mudah yang bisa perlahan kamu praktikkan agar lebih mudah mengerti Fisika.

Apa aja? Let’s take a look!

1. Change Your Perspective

Yup! Kalau dari awal kita sudah tidak menyukai pengajar kita dan beranggapan bahwa Fisika itu terlalu sulit, maka kedepannya pun kita akan malas lho ketika belajar Fisika. Geser cara pandang kita dengan: Fisika itu tidak sulit, hanya memang tidak begitu mudah tapi  bisa ditaklukan. Repeat the mantra dan mulai berpikir belajar Fisika adalah tantangan dan bukan beban.

2. Jangan Menghafal Rumus

menghafal rumusJangan menghafal rumus! (Sumber: bbc.com)

Mengerjakan soal Fisika memang kamu harus terlebih dahulu mengetahui beberapa rumus dasar lalu kemudian diaplikasikan sesuai permasalahn yang ada. Namun, “menghafal mati” penyelesain satu soal belum tentu akan bisa kamu gunakan ketika mengerjakan soal lain. That is why...

3. Pahami Dulu Konsep

Kita harus sering berlatih memahami suatu konsep Fisika. Misalnya bagaimana asal rumus Ep=m.g.h dan rumus – rumus lainnya. Hal tersebut dapat membantu kita untuk mengerjakan soal lainnya sekalipun yang telah dimodifikasi, sehingga kita mengerti menggunakan rumus – rumus yang sesuai untuk mneyelesaikannya, misalnya penjabaran vektor gaya, Fx= F cos a dan sebagainya.

4. Step up your game – Latihan Soal 

latihan soal
Yuk latihan soal! (Sumber: rand.org)

Mulailah mengerjakan soal-soal yang level “beginner” terlebih dahulu. Perbanyak bank soalmu atau surf the Internet untuk sesuatu yang berguna, misalnya mengikuti test online Fisika. Semakin sering mengerjakan variasi soal, semakin siap kamu untuk naik tingkat ke soal yang lebih rumit lagi. Siapa tahu kamu adalah The New Newton, kan? 

5. Last, selalu mencatat! 

selalu mencatat
Take a good note (Sumber: deskhunt.com)

Pernahkah kamu membaca satu riset bahwa orang yang berulang kali menuliskan sesuatu hingga delapan kali, akan mengingat tulisannya tersebut? That is the power of take notes! Lebih baik lagi kalau kamu mencatat secara rapi dengan menggunakan tambahan sticky notes, spidol warna-warni untuk menghias catatan dan notebook dengan desain keren kesukaanmu.

Well, terlihat simpel ya cara-caranya. Namun percaya deh kalau kamu mulai mencoba menjalankan 5 tips mudah di atas, Ruangguru yakin bisa-bisa kamu ketagihan ‘ngulik soal Fisika sampai lupa waktu!

Punya tips n trick lainnya? Bagikan yuk di kolom komentar! Good luck!

Beri Komentar