5 Eksperimen Edukatif dengan Tema Halloween yang Bisa Kamu Coba!

Fakta Seru - Eksperimen Seru Bertema Halloween-01

Spooky October! Siapa yang hari ini agendanya maraton film horor? Hiiiii~ Selain nonton, ada juga hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan berkaitan dengan Halloween. Apa saja, ya? Cuss, cari tahu di artikel ini!

Belajar bisa dilakukan dengan cara menyenangkanlho! Mempraktikkan teori-teori Sains dengan bereksperimen menggunakan hal-hal di sekitar kita, bisa jadi salah satunya. Nah, dalam rangka hari Halloween, ruangbaca mau membagikan 5 eksperimen bertema Halloween yang bisa kamu coba sendiri atau bareng teman-teman kamu. Eksperimen ini tentunya sangat menyenangkan dan bisa membuat kamu belajar tentang Sains. Disimak ya!

 

1. Halloween Oobleck

tema halloween

Oobleck, fenomena sains yang dikenal dengan fluida non-Newtonian. (Sumber: littlebinsforlittlehands.com)

 

Nama yang unik ini berasal dari buku Dr. Seuss yang berjudul “Bartholomew and the Oobleck”. Oobleck merupakan sebuah benda yang dapat berubah menjadi cair dan dapat berubah pula menjadi padat. Wow! Seperti sulap ya? Oobleck merupakan salah satu fenomena sains yang dikenal dengan fluida non-Newtonian.

Oobleck adalah zat yang berbentuk cair tapi memiliki sifat padat ketika diberi tekanan dengan benda lain. Nah, untuk membuatnya, kamu perlu menyiapkan tepung maizena, air, dan pewarna makanan. Siapkan tepung maizena dan air dengan rasio 2:1. Lalu, tambahkan pewarna makanan pada air dan campurkan semuanya. Kalau terlalu encer, tambahkan tepung maizena. Sedangkan kalau terlalu keras dan kering, tambahkan air. Menambahkannya sedikit-sedikit ya, sampai didapatkan konsistensi yang diinginkan.

Baca Juga: Belajar Cara Membuat Teks Prosedur, Yuk!

 

2. Gelembung Berdesis

tema halloween

Reaksi kimia dari soda kue dan cuka pasti membuatmu takjub. (Sumber: littlebinsforlittlehands.com)

 

Selanjutnya, membuat gelembung berdesis dari soda kue dan cuka. Ketika soda kue dan cuka dicampur akan menghasilkan natrium asetat. Selain itu larutan ini juga menghasilkan gelembung-gelembung karbon dioksida dan air. Terciptalah gelembung dan suara mendesis yang akan menarik perhatianmu dan teman-temanmu. 

Cara membuatnya sangatlah mudah! Siapkan baskom, soda kue, cuka, pewarna makanan, dan sabun cuci piring. Tuangkan soda kue ke dalam baskom. Lalu letakkan di area terbuka, karena hal ini akan tumpah-tumpah, lalu tuangkan sabun cuci piring dan pewarna makanan. Terakhir, tuangkan cuka. Nanti akan bermunculan gelembung-gelembung mendesis yang keren banget!

 

3. Lampu Lava

tema halloween

Eksperimen ini bisa membuat rumahmu kotor jika tidak hati-hati. (Sumber: pinterest.com)

 

Siapkan botol bening, minyak goreng, air, pewarna makanan dan tablet alka seltzer (bisa dibeli di apotek). Isi 1/4 botol dengan air, lalu tambahkan minyak goreng. Air dan minyak tentunya akan saling memisahkan diri karena mereka memiliki massa jenis yang berbeda. Terakhir, tuangkan pewarna makanan dan tambahkan 1 tablet alka seltzer. Perhatikan baik-baik apa yang terjadi! 

Saat tablet alka-seltzer terkena air, maka akan bereaksi dan menghasilkan gelembung karbon dioksida (sama halnya ketika kita mencampur cuka dengan soda kue). Gelembung karbon dioksida tersebut membuat air pada dasar botol terangkat ke atas. Ketika sampai ke permukaan, gas karbon dioksida terlepas dan menyebabkan air yang tadinya berada di atas, menjadi turun kembali ke dasar botol. 

Baca Juga: Serunya Sistem Pendidikan di Finlandia, Nggak Ada PR dan Ujian, Loh!

 

4. Halloween Slime

Siapa di sini yang suka main slime? Yuk, sekarang kita coba bikin sendiri. Siapkan lem fox (3sdm), air (3sdt), obat tetes mata (8tetes), baking powder (1sdt), baby oil (2sdt), sabun cair (2sdt), pewarna makanan (1sdt). Kamu bisa pilih pewarna makanan yang sesuai dengan tema halloween dan menambahkan aksesoris yang sesuai, misalnya seperti mata palsu, boneka laba-laba kecil atau gigi palsu.

Masukkan lem fox dan air ke dalam wadah lalu aduk merata. Lalu tambahkan baking powder, lalu aduk lagi. Sambil diaduk, tuangkan obat tetes mata, sabun cair, dan pewarna makanan. Terakhir, tambahkan baby oil dan aduk hingga rata. Selesai deh, slime buatanmu sendiri!

 

5. Hantu Tertinggi di Dunia

tema halloween

Bikin lomba membuat hantu tertinggi dengan teman-temanmu biar makin seru. (Sumber: littlebinsforlittlehands.com)

 

Yuk, membuat “hantu” dari bola styrofoam. Kamu bisa belajar tentang membuat bangun ruang, matematika dan sains. Kemampuan motorik dan kemampuan berpikir kritis kamu juga akan terasah dengan melakukan aktivitas ini. Dan tentunya juga menyenangkan, siapa tahu setelah bermain ini kamu jadi ingin menjadi arsitek saat besar nanti.

Hal yang perlu kamu siapkan ialah bola styrofoam (bisa di beli di toko kerajinan tangan), tusuk gigi, spidol, tisu gulung. Karena kita mau bikin hantu, maka gambarlah mata hantunya di bola styrofoam. Lalu sambungkan antar bola dengan tusuk gigi, hingga empat bola membentuk kotak. Lalu, lanjutkan terus hingga menjadi tinggi dan tidak jatuh, terakhir tambahkan tisu gulung agar makin seperti hantu

Baca Juga: Macam-Macam Love Language, Kamu Termasuk yang Mana?

Oke, itu dia beberapa eksperimen seru yang bisa kamu coba dengan tema Halloween. Belajar tidak selalu membosankan kan? Ada banyak cara membuat proses belajar jadi menyenangkan. Mau belajar di rumah atau di cafe atau di mana saja yang kamu ingingkan? Tentu bisa, dengan Ruangguru Privat kamu bisa menentukan guru privat sesuai kriteriamu dan Bapak/Ibu Guru akan langsung menghampirimu. Yuk, cobain Ruangguru Privat sekarang.

IDN CTA Blog ruangguru privat

Bulan Tamara Horo