Blog Ruangguru

    Ingin Kuliah Kedokteran? Yuk, Nonton 5 Film tentang Kedokteran Ini!

    By Ruangguru · Aug 3, 2017

    Smart Buddies, apakah kamu bercita-cita menjadi dokter? Well, tentu saja tidak mudah ya untuk menjadi seorang dokter. Diperlukan kesiapan dalam menangani dan menyelesaikan semua masalah kesehatan yang dihadapi pasien, tanpa memandang jenis penyakitnya. Bagi kamu yang ingin berkuliah di jurusan kedokteran, yuk tonton dulu film tentang dunia kedokteran berikut! Keep scrolling!

    1. Patch Adams (1998)

    film tentang kedokteran - Robin Williams sebagai Patch Adams Robin Williams sebagai Patch Adams (Sumber: pictureboxfilms.com)

    Film yang satu ini mungkin dapat dinobatkan sebagai film yang wajib banget ditonton oleh seorang dokter atau mahasiswa kedokteran. Film Patch Adams merupakan film yang diangkat dari kisah nyata seorang dokter legendaris bernama Hunter “Patch” Adams. Kisah Hunter di film ini dimulai dengan depresi yang dialaminya akibat ditinggal oleh kekasihnya. Namun, ia dengan sukarela masuk ke rumah sakit jiwa karena keinginannya untuk sembuh. Saat masa perawatan, Hunter sangat senang karena di sana ia bisa menolong pasien melalui humor dan tawanya. Sehingga, ia kemudian dikenal dengan julukan Patch. Hunter juga kemudian bertekad untuk menjadi dokter agar bisa menolong banyak orang.

    film tentang kedokteran - Sosok asli Patch Adams (kiri) Sosok asli Patch Adams (kiri) (Sumber: theplanetd.com)

    Saat ia sedang menuntut ilmu sebagai seorang mahasiswa kedokteran, Patch melihat metode pengobatan yang diajarkan sangat kaku. Patch berpikiran bahwa humor adalah obat terbaik untuk kesehatan. Sayangnya, para dokter serta profesor di sekolah kedokterannya tidak menghargai metodenya. Hingga akhirnya setelah lulus, Patch mendirikan kliniknya sendiri yang dinamakan Gesundheit Clinic.

    2. The Doctor (1991)

    film tentang kedokteran - the doctor The Doctor (Sumber: alterdoctor.in)

    Film The Doctor mengisahkan tentang dr. Jack Mckee, seorang dokter bedah yang sukses, mapan, dan memiliki istri yang cantik. Sayangnya, dr. Jack adalah seorang dokter yang dingin, bahkan terhadap keluarganya sendiri. Ia juga kurang memerhatikan pasien-pasiennya. Hingga sampai pada suatu hari, ia divonis menderita penyakit kanker tenggorokan. Selama menjadi pasien pengidap kanker, Jack belajar untuk melihat kehidupan dari sudut pandang seorang pasien yang mengubah hidupnya.

    3. Something the Lord Made (2004)

    film tentang kedokteran - Cuplikan film Something the Lord Made Cuplikan film Something the Lord Made (Sumber: imdb.com)

    Satu lagi nih film kedokteran yang diangkat dari kisah nyata, Something the Lord Made. Film ini menceritakan tentang kisah nyata kehidupan dunia kedokteran di rumah sakit John’s Hopskin. Dr. Alfred Blallock merupakan seorang dokter yang sedang melakukan penelitian untuk pengobatan bayi biru (‘blue’ babies). Saat itu, belum ada pengobatan yang tepat untuk penyakit tersebut.

    film tentang kedokteran - Sosok asli Vivien Thomas Sosok asli Vivien Thomas (Sumber: blogspot.co.id)

    Diam-diam, salah satu petugas laboratoriumnya, Vivien Thomas, seorang berkulit hitam, berhasil menemukan cara penyembuhan yang tepat. Ia memang memiliki antuasisme di bidang kedokteran dan membaca buku-buku milik dr. Blallock. Cara yang ditemukan Vivien ini menjadi terobosan baru dalam dunia kedokteran. Akan tetapi, dr. Blallock merasa enggan untuk mengakuinya. Nah, film dengan latar tahun 1930-an ini merupakan kisah yang menggambarkan rasisme dan isu diskriminasi kepada Vivien yang merupakan seorang kulit hitam.

    4. One Flew Over the Cuckoo’s Nest (1975)

    film tentang kedokteran - Cuplikan film One Flew Over the Cuckoo's Nest Cuplikan film One Flew Over the Cuckoo's Nest (Sumber: drafthouse.com)

    Film yang satu ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Film ini memperlihatkan bagaimana kondisi rumah sakit jiwa yang tidak memperhatikan hak-hak dari pasiennya. Suatu hari, Randle McMurphy (Jack Nicholson) yang merupakan seorang penjahat, ditangkap akibat tuduhan pemerkosaan dan tindak kekerasan. Untuk menghindari hukuman penjara, McMurphy memilih berpura-pura gila agar ia bisa dikirim ke rumah sakit jiwa. Saat menjadi pasien rumah sakit jiwa, timbul rasa simpati dari McMurphy terhadap pasien-pasien yang lain. Ia pun akhirnya melakukan berbagai pemberontakan di dalam rumah sakit untuk membela hak pasien-pasien di sana.

    5. Cado-Cado The Movie (2016)

    film tentang kedokteran - Cuplikan film Cado-Cado the Movie Cuplikan film Cado-Cado the Movie (Sumber: blibli.com)

    Nah film yang satu ini dari dalam negeri sendiri, lho. Di film ini kamu akan melihat sekumpulan dokter-dokter koas yang harus melalui hari-hari mereka dengan berbagai macam pasien dan penyakitnya. Film ini menceritakan masalah setiap masing-masing dokter, yang seakan menambah beban hidup mereka. Pada tahun 2016 lalu, Cado-Cado The Movie berhasil masuk kategori CROSSCUT ASIA–Colorful Indonesia dalam ajang Tokyo International Film Festival, lho. Yuk, coba ditonton!

    Gimana Smart Buddies, menarik kan deretan film-film di atas? Apa saja yang sudah pernah kamu tonton? Atau kamu punya rekomendasi film lainnya? Yuk, tonton filmnya untuk menemani akhir pekan kamu.

    Intinya, untuk menjadi seorang dokter diperlukan keteguhan dan semangat. Untuk kamu yang ingin masuk kedokteran, yuk mantapkan persiapkan dirimu dengan Ruangguru. Semangat terus! (SA)

    Share this:

    Tags: study tips

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru