5 Hal Unik yang Terjadi Saat Tidur

Chairunnisya Tisa Mar 2, 2018 • 3 min read


Kira-kira hal unik apa yang terjadi ketika kita tidur Squad? Apakah tubuh kita hanya “beristirahat” sepenuhnya atau justru tetap melakukan beberapa “pekerjaan”? Ternyata ada beberapa hal unik yang terjadi ketika kita tidur nih. Apa saja ya?

1. Perasaan seperti Terjatuh (hypnagogic jerk)

Hal Unik yang Terjadi Saat Tidur

Perasaan seperti Terjatuh saat Tertidur (Sumber: sleepnoomi.com)

Hal ini kerap terjadi ketika kamu tertidur dan biasa disebut dengan hypnagogic jerk. Hypnagogic jerk adalah situasi ketika kamu bersiap tidur dan mulai bermimpi tapi tiba-tiba kamu merasa jatuh dan tersentak dari tidur. Dalam situasi hypnagogic jerk  kamu bermimpi seolah-olah jatuh ke jurang, jatuh dari langit atau tersandung. Lalu apakah penyebabnya? Ternyata penyebabnya adalah kurang tidur, kelelahan dan rasa tidak nyaman Squad.

2. Kelumpuhan Tidur (Sleep Paralysis)

Hal Unik yang Terjadi Saat Tidur
Kamu tidak bisa menggerakkan tubuh untuk beberapa saat. (Sumber: powerofpositivity.com)

Ketika kamu telah benar-benar tertidur, kamu akan masuk pada fase REM (Rapid Eye Movement), yaitu suatu kondisi dimana kita bermimpi dan otot-otot tubuh kita benar-benar istirahat. Makanya ketika bermimpi tubuh kita tidak akan bergerak. Kelumpuhan tidur terjadi ketika fase REM belum selesai sepenuhnya. Ketika terbangun kamu tidak bisa menggerakkan tubuh untuk beberapa saat. Banyak orang yang bilang, ketika hal ini terjadi terasa seperti ada sesuatu yang menghimpit dada dan menyebabkan kesulitan untuk bernafas karena semua  otot yang mengontrol pernafasan kamu tetap lumpuh kecuali diafragma.

3. Tenggorokanmu Menyempit

Ketika kamu tidur, otot-otot yang menahan tenggorokanmu untuk tetap terbuka mengendur dan ukuran tenggorokanmu mengecil. Hal ini menjadi salah satu penyebab orang mendengkur. Penegangan tenggorokan ini menjadi penyebab munculnya suara menjengkelkan yang dihasilkan orang ketika tidur.

4. Otak mengeluarkan informasi dan menciptakan cerita

Hal Unik yang Terjadi Ketika Tidur

Otak mengeluarkan informasi dan menciptakan cerita. (Sumber: slate.com)

Sampai saat ini, bagaimana otak menciptakan mimpi masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Namun kita tahu bahwa otak kita membangun mimpi dari memori keseharian dan alam bawah sadar kita. Selain itu, pengalaman yang baru kita alami digabungkan dengan informasi yang disimpan selama bertahun-tahun seperti memori, trauma, emosi dan perasaan menciptakan mimpi misterius bahkan yang tidak masuk akal.

5. Tidur sambil berjalan (Sleep Walking)

Hal Unik yang Terjadi Ketika Tidur

Tidur sambil berjalan bisa membahayakan lho Squad. (Sumber: completewellbeing.com)

Menurut Dr. Winter (Direktur Medis Sleep Center di Rumah Sakit Martha Jefferson USA), banyak dari kebiasaan ketika tidur tidak membahayakan. Namun tidur sambil berjalan bisa sangat berbahaya lho. Kamu bisa saja jalan ke arah yang salah dan menimbulkan cedera akibat terbentur atau jatuh, bahkan berjalan meninggalkan rumah. Hal yang terjadi ketika  tidur berjalan adalah tubuh siap untuk bangun dan bergerak tapi otak belum sepenuhnya terjaga.

Gimana Squad? Cukup unik ya. Kelelahan dan kurang tidur adalah penyebab rendahnya kualitas tidur serta membuat hal-hal di atas dapat terjadi. Jadi kamu harus jaga kualitas tidur dengan menjaga pola makan, cukup tidur dan tidak begadang ya Squad. Sebelum tidur jangan lupa belajar dengan nonton video pelajaran beranimasi di ruangbelajar ya!

ruangbelajar

Beri Komentar