5 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan untuk Menyambut Semester Baru!

Adelia Septiani Jan 5, 2021 • 6 min read


hal yang sebaiknya dilakukan demi menyambut semester baru

Artikel ini menjelaskan lima hal penting yang sebaiknya kamu lakukan untuk menyambut semester baru

--

Melewati libur yang panjang saat libur semester tentu merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Menghabiskan waktu bersama keluarga, sahabat, atau bahkan liburan ke tempat yang jauh untuk mencari energi baru. Tapi guys, sepertinya liburan semester kali ini agak sedikit berbeda, ya? Mau ke mana-mana sulit karena pandemi yang belum usai, administrasi yang dibutuhkan menjadi lebih ribet daripada biasanya. Hm, kira-kira kamu libur semester kemana? Di rumah aja pasti, ya? Sama, aku juga di rumah aja! ;(

Hm, kesenangan liburan ternyata tidak lama. Setelah itu, kamu harus siap  untuk menyambut semester baru setelah libur panjang. Terkait kebijakan baru sekolah dan perguruan tinggi di pandemi ini guna menyambut semester baru 2021 masih disarankan secara daring. Namun, berbagai informasi juga tertuju pada sistem blended learning untuk semester baru tahun 2021. Blended learning adalah pembelajaran dengan mengombinasikan antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran dari rumah. Dilansir pula dari kemendikbud.go.id, kegiatan pembelajaran perkuliahan dapat dilakukan secara tatap muka dan dalam jaringan pada tahun 2021. 

Hm, meskipun kebijakan masih ditinjau kembali antara tatap muka atau daring atau blended learning, tidak ada salahnya kita mempersiapkan diri dan resolusi untuk menyambut semester baru! Apa saja sih yang harus dilakukan untuk menyambut semester baru nanti? Ini dia!

 

1. Evaluasi Semester Lalu

evaluasi diri sebelum masuk semester baru

Memberikan ruang bagi diri sendiri untuk evaluasi! (sumber: idntimes.com)

 

Ya, evaluasi. Barangkali selama semester lalu kamu sering membolos, atau tidur waktu kelas online? Yuk mulai memasuki semester baru diubah kebiasaan buruk untuk menuju best version dari dirimu sendiri. Misalnya, mendengarkan dan memberikan perhatian penuh ketika dosen atau gurumu sedang mengajar, atau menghargai beliau ketika sedang belajar dengan mengaktifkan kamera saat belajar online

 

2. Disiplin pada Jadwal dan Waktu

melatih disiplin agar siap di semester depan

Yuk, hargai waktu dan targetmu! (sumber: freepik.com)

 

Disiplin dan menghargai waktu adalah hal yang tidak mudah. Tapi, tidak ada salahnya mencoba demi memperoleh nilai akademik yang lebih bagus di semester baru nanti. Perhatikan jadwal kelas dan targetmu. Meskipun online, rencana studi selama satu semester ke depan harus terorganisir dengan baik. Benar bukan? Yuk buat target dan goals selama satu semester nanti. Kamu bisa buat di kertas bergambar dan beri warna sesuka hati, lalu tempelkan di dinding kamarmu! 

 

3. Buat Mind Map Belajarmu 

melatih membuat mind map bersama teman

Mind map membuat belajar jadi menyenangkan dan mudah! (sumber: lloydstebbins.com)

 

Kamu pasti sudah tidak asing dengan mind map. Mencari ide dan topik materi dapat memudahkan kita untuk memahami esensi materi yang akan diajarkan. Kamu bisa buat mind map sekreatif mungkin dengan ditambah warna-warni krayon atau spidol. Dijamin deh, selama pembelajaran nanti, kamu akan lebih mudah jika sudah mempersiapkan mind map materi buatanmu sendiri! 

Baca juga: 9 Cara Cermat Agar Cepat Memahami Pelajaran

 

4. Mencari Motivasi dan Semangat Baru

motivasi dan semangat agar belajar jadi seru

Teman dekatmu bisa menjadi sumber motivasi dan semangat, lho! (sumber: popular-world.com)

 

Mengawali semester baru, yuk tingkatkan kembali motivasi dan semangatmu. Temukanlah support system yang selalu memberikan kamu dukungan positif. Sahabat, keluarga, dan orang tua, kamu bisa menjadikan mereka motivasi kamu untuk semangat memasuki semester baru. So, jangan kasih kendor semangatmu ya!

 

5. Siapkan Aplikasi Belajar Terbaik

aplikasi ruangguru super app

Semester baru ini beberapa di antara kita masih dilanda ketidakpastian. Antara mulai pembelajaran tatap muka, atau tetap offline? Well, daripada kita sibuk memikirkan hal yang nggak bisa kita kontrol, hal paling bijak adalah melakukan persiapan sendiri.

Hadir sebagai Super App, kini Ruangguru punya banyak perubahan.

Aplikasi belajar yang sudah membantu 22 juta murid ini punya tiga keunggulan: super mudah, super paham, dan super irit.

Ruangguru bisa membantumu memahami konsep pelajaran, dan menyadarkan bahwa belajar adalah kegiatan yang menyenangkan. Buat kamu yang belum terbentuk kebiasaan belajarnya, Ruangguru mengatur materi-materi sekolah supaya kamu belajar dengan terstruktur, rapi, dan jelas tujuannya. Sehingga, tanpa sadar, akan membuat kamu terbiasa belajar kayak main aja gitu!

Bagian menariknya, saat ini Ruangguru juga punya offline mode. Sehingga, kamu yang kesulitan akses internet tidak lagi punya batasan untuk mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas. Kamu bisa men-download semua materi (video belajar, rangkuman, kuis), atau materi yang kamu mau saja. Lokasi penyimpanannya pun fleksibel. Bisa di memori internal maupun SD Card.

Kalau kamu pengin tahu tentang Ruangguru sebagai aplikasi Super App dengan lengkap, klik aja link ini.

So, kamu sudah siap belum untuk menyambut semester baru? Jangan lupa persiapkan lima hal di atas ya. Oh iya, boleh banget tulis di kolom komentar cara mempersiapkan diri menyambut semester baru ala kamu! Persiapkan juga semester barumu untuk mendapatkan akademik yang lebih baik dari semester kemarin bersama Ruangguru Super App! Gabung sekarang, yuk!

ruangbelajar

 

 

Referensi: 

Ihsan, Dian. (2020). Kuliah Bisa Tatap Muka dan Online Mulai Januari 2021, Ini Ketentuannya. [daring], Tautan: https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/03/142515571/kuliah-bisa-tatap-muka-dan-online-mulai-januari-2021-ini-ketentuannya?page=all, (diakses pada 4 Januari 2021)

Kemdikbud RI. (2020). Perkuliahan Dapat Dilakukan Secara Tatap Muka dan dalam Jaringan Tahun 2021. [daring], Tautan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/12/perkuliahan-dapat-dilakukan-secara-tatap-muka-dan-dalam-jaringan-tahun-2021, (diakses pada 4 Januari 2021)

Sabrina, Ruhil. (2019). 5 Tips Menyambut Semester Baru untuk Mahasiswa Agar Lebih Bersemangat. [daring], Tautan: https://www.idntimes.com/life/education/ruhil-anadiah-sabrina-1/5-tips-menyambut-semester-baru-untuk-mahasiswa-agar-lebih-bersemangat-c1c2/5, (diakses pada 4 Januari 2021)

 

Sumber Foto: 

Foto ‘Memberikan ruang bagi diri sendiri untuk evaluasi!’ [daring], Tautan: https://www.idntimes.com/life/education/ruhil-anadiah-sabrina-1/5-tips-menyambut-semester-baru-untuk-mahasiswa-agar-lebih-bersemangat-c1c2/5, (diakses pada 4 Januari 2021)

Foto ‘Yuk, hargai waktu dan targetmu!‘ [daring], Tautan: https://www.freepik.com/free-photo/happy-girl-pointing-with-finger-alarm-clock-isolated_6780819.htm, (diakses pada 4 Januari 2021)

Foto ‘Mind map membuat belajar jadi menyenangkan dan mudah!’ [daring], Tautan: https://lloydstebbins.com/2015/01/05/education-and-religion-are-inseparable/, (diakses pada 4 Januari 2021)

Foto ‘Teman dekatmu bia menjadi sumber motivasi dan semangat, lho!’ [daring], Tautan: https://www.popular-world.com/groove/its-weekend-time-mau-hangout-bareng-temen-ini-3-tips-nongkrong-hemat--97857/, (diakses pada 4 Januari 2021)

Beri Komentar