5 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan untuk Memilih Perusahaan

Maya Martha

Dec 27, 2018 • 4 min read

sukses kerja


Tahukah Anda bahwa perasaan tidak nyaman dapat muncul pada saat Anda bekerja di suatu perusahaan? Salah satu penyebab munculnya rasa tidak nyaman adalah karena pada awalnya Anda tidak benar-benar memilih perusahaan tersebut secara hati-hati. Terlebih karena perusahaan tempat Anda bekerja merupakan perusahaan yang paling cepat menghubungi Anda. Terkadang hal tersebut membuat Anda berkeputusan untuk menerima pekerjaan tanpa mencari informasi terlebih dahulu tentang perusahaan tersebut. Padahal Anda pasti memiliki kemampuan yang unggul dan nilai tinggi untuk mendapatkan pekerjaan baik di perusahaan yang baik juga.

Untuk itu, ada 5 hal yang perlu Anda pertimbangkan apabila Anda memilih untuk bergabung ke dalam suatu perusahaan:

1. Perusahaan dikenal baik oleh masyarakat dan memiliki kompetitor

perusahaan

Perusahaan yang dikenal baik dapat memberikan banyak ilmu untuk Anda (sumber: flexjobs.com)

Perusahaan yang baik pasti dikenal baik pula oleh masyarakat. Terlebih oleh para pesaing yang juga memiliki usaha di bidang serupa. Namun mengapa harus berbangga bila perusahaan yang merekrut Anda memiliki kompetitor? Artinya, perusahaan Anda adalah perusahaan yang sedang tumbuh. Harap pastikan terlebih dahulu bahwa perusahaan tujuan Anda lebih unggul dari para kompetitor. Perusahaan yang sedang berkembang akan memberikan banyak ilmu untuk Anda, bahkan Anda patut berbangga karena dapat berkontribusi sebagai pionir dari perusahaan tersebut.  

2. Kompensasi yang menyejahterakan

perusahaan

Imbalan yang sesuai dapat menyejahterakan hidup Anda (sumber: cryptomenow.com)

Alasan terbesar Anda bekerja pastinya untuk mendapat penghidupan yang lebih baik, yaitu sejahtera secara finansial dengan mendapatkan gaji atau fasilitas dari perusahaan. Apabila perusahaan tidak memberikan kompensasi yang sebanding dengan pekerjaan yang ditawarkan, maka lebih baik Anda tidak menerima pekerjaan tersebut. Anda berhak mendapatkan imbalan yang baik sebagai bayaran dari kerja keras Anda.

3. Mendukung hobi karyawannya

perusahaan

Perusahaan yang memiliki fasilitas mendukung hobi karyawannya menjadi nilai tambah (sumber: stephensonturner.com)

Perusahaan yang memiliki fasilitas untuk mewadahi karyawannya melakukan hobi mereka masing-masing dapat menjadi daya tarik Anda, seperti terdapat lapangan basket atau lapangan bulu tangkis bagi karyawannya yang menyukai kedua olahraga tersebut. Di samping itu, bagi karyawannya yang hobi memasak, perusahaan juga memberikan kelas memasak di setiap hari Sabtu pagi minggu pertama. Diadakannya kegiatan-kegiatan ini dapat memberikan gambaran bahwa perusahaan sangat memperhatikan karyawan-karyawannya dan ingin memberikan kenyamanan agar kinerjanya karyawannya baik.

4. Mengasah kreatifitas dalam diri dan membuat Anda berkembang

perusahaan

Perusahaan yang baik mengajak untuk mengasah kreatifitas Anda (sumber: inc.com)

Pilihlah perusahaan yang mengajak Anda untuk berkembang dan bukan hanya membiarkan Anda stuck di posisi yang sama. Ajakan untuk berkembang bermula dari diberikannya tanggung jawab yang mengasah Anda untuk berpikir kritis, menyelesaikan tugas dengan kemampuan problem solving, dan feel free untuk menyampaikan ide-ide kreatif terkait dengan pekerjaannya. Jika budaya yang terbentuk seperti ini tentu tidak hanya perusahaan yang meningkat namun Anda sebagai karyawan juga dapat meningkatkan ilmu Anda.

5. Lingkungan pekerjaan yang tidak membosankan

perusahaan

Lingkungan yang tidak membosankan menciptakan kenyamanan bekerja (sumber: firebrandtalent.com)

Saat Anda mendatangi kantor suatu perusahaan karena memenuhi undangan wawancara, maka Anda dapat mengenali bagaimana lingkungan pekerjaan yang diterapkan dalam perusahaan tersebut. Anda dapat menentukan apakah lingkungan pekerjaan tersebut tergolong ideal menurut Anda atau sebaliknya. Seperti contohnya di Ruangguru telah terdapat kegiatan breakfast day dengan harapan dapat mengakrabkan satu karyawan dengan karyawan yang lain sambil makan pagi. Memilih lingkungan pekerjaan yang sesuai dengan diri Anda sangatlah penting karena Anda akan menghabiskan waktu di kantor dalam kurun waktu yang lama setiap harinya. Apabila lingkungan pekerjaan tidak baik maka akan menimbulkan perasaan bosan dalam bekerja.

 

Sebelum Anda akhirnya memutuskan untuk bekerja dalam suatu perusahaan, penting untuk dipertimbangkan 5 hal ini. Jika tidak, Anda akan tidak dapat bertahan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Buruknya Rekan Kerja bisa saja merasa menyesal dan berpikir bahwa apa yang dikerjakannya hanya perilaku yang membuang waktu saja!

Anda juga bisa membaca artikel-artikel lain yang dapat meningkatkan kualitas dalam diri Anda sebagai pekerja dengan mengunduh aplikasi ruangkerja di Play Store atau App Store! GRATIS!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts