5 Hal yang Tidak Boleh Dilewatkan di Masa SMA

Anggraeni Puspitasari

Jul 15, 2019 • 4 min read

Wow ternyata SMA


5 hal yang tidak dibolehkan di masa SMA agar menjadi menyenangkan, berarti, dan tidak terlupakan.

Artikel ini memberikan informasi seputar 5 hal yang tidak boleh dilewatkan di masa SMA.

--

“Masa SMA adalah masa-masa terindah selama menjadi pelajar.” Mungkin kamu sering melihat gambaran gimana rasanya jadi anak SMA lewat film ditonton. Film Dilan atau Ada Apa dengan Cinta memang menyenangkan untuk ditonton. Tapi, yang sebenarnya adalah semakin tinggi jenjang sekolahmu, ternyata tanggung jawab belajarmu juga semakin berat. Walaupun begitu, kamu nggak boleh patah semangat! Btw, selama di SMA, enaknya ngapain aja, ya? Eits, jangan bingung-bingung! Mending cek artikel yang berikut ini deh.  

1. Berorganisasi

Belajar memang menjadi prioritas utama, tapi aktif di luar akademik tidak boleh kamu lewatkan juga lho. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan selain belajar di dalam kelas, seperti ikut organisasi di sekolah. Kamu sudah akrab dengan yang namanya OSIS, dong? Menjadi pengurus OSIS di sekolahmu dapat membawa manfaat lho. Kamu akan belajar untuk mengatur waktu, kepemimpinan, hingga toleransi antar teman. Nggak cuma itu, bahkan kalau kamu jadi ketua OSIS SMA, kamu dapat mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur ketua OSIS, seperti yang ditawarkan oleh Institut Pertanian Bogor.

Baca juga: 4 Tips Merancang Masa Depan Bagi Siswa Kelas 10-11 SMA

2. Aktif mengikuti ekstrakurikuler


masa SMA menyenangkan dengan aktif ekstrakurikuler

Paduan Suara SMAN 78 Jakarta mengikuti perlombaan 31st Cantat Praga, Praha

(Sumber: beritasatu.com)

Nggak cuma ikut berorganisasi, tapi kamu juga harus nyobain rasanya aktif di kegiatan ekstrakurikuler nih, Squad. Akan ada bermacam-macam kegiatan ekstrakurikuler yang bisa kamu ikuti, baik dalam bidang seni dan olahraga. Ada juga kegiatan ekstrakurikuler, seperti Pramuka atau Palang Merah Remaja dan Paskibra. Ngomong-ngomong tentang Paskibra, kamu pingin nggak sih mendapatkan pengalaman jadi pasukan pengibar bendera di Istana Negara? Nah, kalau kamu serius menjalaninya, siapa tahu hal tersebut terjadi padamu kan? Kegiatan ini bisa kamu pilih sesuai minat dan bakat kamu. Nggak tanggung-tanggung, bahkan jika kamu serius mengikutinya, kamu bisa membawa nama Indonesia di perlombaan internasional.

3. Berpartisipasi dalam kompetisi


masa SMA menyenangkan dengan berpartisipasi dalam kompetisi internasional

Siswa-siswa SMA Indonesia meraih medali dalam kompetisi International Geography Olympiad (IGeo)

(Sumber: kemdikbud.go.id)

Baik itu, bidang seni, olahraga, atau akademik, menjadi siswa yang berprestasi merupakan hal yang luar biasa. Nah, mengikuti ajang kompetisi, baik di dalam atau luar negeri, bisa menjadi wadah pembuktian akan kemampuan kamu. Tidak hanya itu, hal ini tentunya dapat membanggakan untuk kedua orang, sekolah, bahkan nama negara. Kompetisi yang pada umumnya diadakan ialah Olimpiade Siswa Nasional (OSN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), dan masih banyak lagi! Kalau kamu bisa tampil dengan konsisten dan memberikan usaha terbaikmu, bukan hal yang tidak mungkin bahwa kamu dapat mewakili Indonesia dalam kompetisi internasional yang bergengsi.

4. Pertukaran pelajar


Kennedy-Lugar_YES

Siswi Indonesia menjadi peserta pertukaran Pelajar Kennedy-Lugar YES

(Sumber: zetizen.jawapos.com)

Turut serta dalam pertukaran pelajar sejak dini, mengapa tidak? Bagi kamu yang punya keinginan untuk merasakan hidup dan belajar di luar negeri, pertukaran pelajar dapat menjadi solusi nih. Nggak hanya belajar seperti anak sekolah pada umumnya, ketika di sana nanti kamu membawa misi budaya juga. Informasi tentang pertukaran pelajar ini terbuka lebar kok di internet. Jadi, jangan takut tidak mendapatkan kesempatan, ya. Program yang ditawarkan ini bermacam-macam, baik itu program pertukaran selama setahun, 6 atau 3 bulan. Selain itu, negara tujuan yang dapat kamu pilih juga beragam, seperti Jepang, Amerika Serikat, bahkan negara-negara di Eropa.

5. Belajar dengan maksimal

Hal utama yang harus dilakukan sebagai seorang siswa ialah belajar. Pada umumnya, setelah lulus SMA, para pelajar akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tentu kamu sadar bahwa persaingan untuk mendapatkan bangku kuliah sangat ketat. Maka dari itu, kamu memerlukan persiapan yang maksimal nih. Memulai persiapan sejak di bangku kelas 10 tidak akan membuatmu rugi kok. Hal tersebut justru akan menjadi fondasi yang kuat jika kamu dapat konsisten memberikan hasil belajarmu yang maksimal. Jangan sampai, ketika kelas 12 nanti yang kamu rasakan malah perasaan menyesal.

Itu dia 5 hal yang bisa buat masa-masa SMA kamu berarti. Semoga kamu nggak bingung lagi, ya. Pas banget nih momennya bersamaan dengan hari pertama masuk sekolah. Yuk, usahakan agar hasil belajarmu lebih baik dari yang sebelumnya! Nah, biar belajar kamu semakin mudah dan seru, jangan lupa pakai ruangbelajar, ya! Belajar anti bosan dan mudah dimengerti, ya cuma di ruangbelajar.

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar

Recent Posts