5 Info Beasiswa untuk Jenjang SD, SMP, SMA, dan Universitas Terbaru

Created by : Shabrina Alfari
on Sep 12, 2018 12:00:00 PM
6 min read

Squad, apakah kamu sedang mencari beasiswa? Berhasil mendapatkan beasiswa tentu menjadi harapan banyak orang, khususnya bagi mereka yang membutuhkan bantuan ekonomi. Namun jangan salah, beasiswa tidak selalu ditujukan kepada yang kurang mampu saja kok. Hampir sebagian besar beasiswa ditujukan untuk semua orang yang memang mampu memenuhi syarat yang telah ditetapkan. Pasti mau dong mendapatkan kemudahan sekaligus keunggulan dengan beasiswa? Yuk, simak beberapa peluang beasiswa di bawah ini dan siapkan dirimu!

1. Beasiswa DataPrint untuk SMP, SMA, D3, D4, S1

info beasiswaBeasiswa DataPrint 2018 (Sumber: dataprint.co.id)

Program Beasiswa DataPrint 2018 telah memasuki tahun kedelapan. Tahun ini, sebanyak 400 beasiswa akan diberikan bagi kamu yang lolos seleksi. Beasiswa DataPrint akan memberikan kamu dana sebesar Rp1.000.000 untuk 10 orang, Rp600.000 untuk 20 orang, dan Rp400.000 untuk 170 orang.

Nah, kriteria pendaftar beasiswa DataPrint adalah pelajar/mahasiswa aktif dari SMP/SMA hingga perguruan tinggi untuk jenjang D3/D4/S1. Selain itu, kamu juga harus terlibat aktif di organisasi sekolah atau universitas, tidak terlibat narkoba atau pernah melakukan tindak kriminal, dan tidak sedang menerima beasiswa dari perusahaan lain. Setelah memenuhi kriteria-kriteria tersebut, kamu perlu mengisi formulir dan menulis esai sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Panjang penulisan esai tidak kurang dari 100 kata dan tidak lebih dari 500 kata.

Perlu diingat, ya Squad, satu nomor kupon yang terdapat di dalam produk DataPrint, hanya berlaku untuk satu kali registrasi dengan logo program 2018. Berikut merupakan periode seleksinya, Squad:

  • Pendaftaran periode 1: 15 Januari – 10 Juni 2018
  • Pengumuman peiode 1: 2 Juli 2018
  • Pendaftaran periode 2: 5 Juli – 16 Desember 2018
  • Pengumuman periode 2: 7 Januari 2019

2. Beasiswa Pandan College untuk SD dan Madrasah Ibtidaiyah

info beasiswaPandan College (Sumber: newsindo.com)

Beasiswa Pandan College adalah bantuan dana tunai yang diberikan khusus kepada siswa sekolah Pandan College dan siswa di luar sekolah Pandan College. Beasiswa ini diberikan sebagai rasa tanggung jawab sosial Pandan College, sekolah bahasa Jepang di Denpasar, Bali, untuk membantu mereka yang memang layak dan pantas untuk mengecap pendidikan dasar dan diharapkan dapat menjadi pemimpin negara di masa depan. Beasiswa yang diberikan senilai Rp250.000 per orang setiap bulannya selama 12 kali (selama satu tahun), secara terus-menerus. Seluruh penerima beasiswa bisa menggunakan beasiswa ini untuk keperluan bantuan biaya sekolah, tanpa kewajiban apa pun kepada Pandan College.

Kriteria peserta merupakan Warga Negara Indonesia, siswa SD atau Madrasah Ibtidaiyah di seluruh Indonesia. Siswa harus berusia maksimal 11 tahun per tanggal 31 Maret 2019. Siswa diharuskan mengisi formulir pendaftaran dan memenuhi seluruh berkas dokumen yang diminta. Untuk mendaftar Beasiswa Pelajar SD, lengkapi seluruh berkas dokumen yang dibutuhkan dan kirimkan atau antar langsung ke alamat Pandan College (Beasiswa SD) di Jalan Cok Agung Tresna No.15, Griya Alamanda No.7, Renon, Denpasar, Indonesia 80235. Batas waktu pendaftaran sampai tanggal 31 Maret 2019 dan pengumuman hasil penerima beasiswa akan diumumkan tanggal 1 Mei 2019. Informasi lebih lengkap bisa kamu lihat di sini.

3. Beasiswa OSC 2018 untuk S1

info beasiswaBeasiswa OSC (Online Scholarship Competition) (Sumber: osc.medcom.id)

Beasiswa OSC (Online Scholarship Competition) 2018 merupakan kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang diselenggarakan oleh situs berita dan video Medcom.id. Beasiswa OSC 2018 ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi putra-putri Indonesia melanjutkan pendidikan hingga S1. Peserta pun diberikan kemudahan dalam mengikuti seleksi beasiswa ini karena peserta tidak perlu datang ke kampus atau universitas untuk mendaftarkan diri dan mengikuti tes secara langsung. OSC akan mempersingkat proses tersebut dengan metode online. Proses pendaftaran dan tes tahap awal juga dilakukan melalui sistem online.

OSC bekerjasama dengan 18 perguruan tinggi swasta ternama di Indonesia dan menyediakan 360 beasiswa S1 untuk siswa lulusan SMA/SMK/MA sederajat di Indonesia. Apa saja ya universitas yang menerima mahasiswa dari program beasiswa OSC ini? Berikut daftarnya:

beasiswa isc

Jika kamu berhasil lolos seleksi beasiswa OSC, kamu akan mendapatkan bebas uang pangkal (biaya masuk) 100%, beasiswa S1 hingga lulus untuk 8 semester berturut-turut, dan sertifikat OSC 2018. Jangan sampai ketinggalan ya, pendaftaran ditutup pada tanggal 2 November 2018. Untuk info lebih lanjut kamu bisa klik di sini.

4. Beasiswa Mahaghora Batch 2 untuk D3 dan S1

info beasiswaBeasiswa Mahaghora (Sumber: ayokuliah.id)

Setelah dibuka bulan Maret lalu, Beasiswa Mahaghora Batch 2 kembali membuka kesempatan untuk siswa-siswi yang ingin melanjutkan studi ke pendidikan jenjang S1 atau D3 dalam rangka Corporate Social Responsibility (CSR). Beasiswa ini bertujuan untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas serta siap dalam dunia kerja.

Seluruh biaya perkuliahan akan ditanggung oleh PT. Mahaghora, meliputi biaya pendaftaran kuliah dan biaya kuliah maksimal 8 semester. Tidak hanya biaya kuliah saja yang diberikan, tetapi Beasiswa Mahaghora juga memberikan edukasi berupa leadership, learning and development, project untuk menambah kapasitas penerima beasiswa di dunia kerja, visit pabrik anak perusahaan PT. Mahaghora dan sebagainya. Lengkapi persyaratannya dan ikuti informasi terbarunya di website resmi beasiswamahaghora.com. Psst, batas pendaftarannya hanya sampai 13 Oktober 2018, lho.

5. Beasiswa Jardine 2019 untuk S1 di Oxford dan Cambridge

info beasiswaJardine (Sumber: youthmanual.com)

Beasiswa Jardine 2019 kembali dibuka untuk pelamar internasional dari negara terpilih, termasuk Indonesia, untuk melanjutkan S1 di dua universitas terbaik dunia, yaitu University of Oxford dan University of Cambridge. Beasiswa ini pun bersifat Full Scholarship, yang artinya meliputi seluruh biaya yang kamu butuhkan. Berikut adalah cakupan beasiswa yang akan kamu dapat jika lolos seleksi:

  1. Biaya perkuliahan (university tuition fees dan college fees)
  2. Tunjangan tahunan meliputi tempat tinggal, makanan, dan biaya insidentil lainnya
  3. Biaya UK Immigration Health Surcharge (saat pengajuan visa)
  4. Tiket pesawat PP kelas ekonomi Indonesia – UK pada awal dan akhir masa beasiswa

Apa saja sih kriteria yang dibutuhkan untuk beasiswa ini? Kriteria penilaian seleksi peserta meliputi kualitas kepribadian dan karakter dalam menunjukkan kemampuan kepemimpinan, prestasi dalam kegiatan ekstrakurikuler (termasuk olahraga), keterlibatan untuk masyarakat dan aktivitas lainnya, serta poin lain seperti berkomitmen tinggi untuk ikut dalam pelaksanaan tugas publik.

Khusus untuk mendaftar kuliah S1 di Inggris, kamu perlu mendaftarkan diri melalui UCAS (Universities and Colleges Admissions Services). Untuk mendaftar Beasiswa Jardine 2019, kamu dapat melengkapi berkas dokumen dan kirimkan pada The Secretaris, The Jardine Foundation, G.P.O Box 70, Hong Kong. Ingat ya, pendaftaran akan ditutup pada 22 Oktober 2018. Untuk informasi lebih lengkap mengenai beasiswa ini dapat kamu lihat di website resminya: www.jardine-foundation.org.

Bagaimana Squad, apa kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa? Selain memudahkan kamu untuk melanjutkan pendidikan, dengan beasiswa kamu juga akan meringankan beban orang tua. Eits perlu diingat, untuk mendapatkan beasiswa tentu kamu perlu mempertahankan prestasi akademik kamu agar dapat bersaing dengan pendaftar lainnya. Yuk, tingkatkan terus prestasimu dengan belajar melalui video beranimasi di ruangbelajar!

ruangbelajar

Tags: Wow ternyata Siap kuliah

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Soal UN Matematika SMA (IPA) 2017 dan Pembahasannya

Mar 22, 2017 11:35:26 AM
5 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read