Blog Ruangguru

    5 Jenis Metode Penelitian dalam Sosiologi

    By Rabia Edra · Dec 6, 2017

    sosiologi_10.jpg

    Hai RG Squad, tahukah kalian ternyata jenis metode penelitian itu ada banyak, lho. Selama ini yang banyak dari kamu yang tahu, metode penelitian hanya terbagi menjadi dua: penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Ternyata, bukan hanya itu saja. Nah, ada yang sudah tahu kira-kira apa saja ya metode penelitiannya? Yuk, kita simak bersama.

    Namun, sebelum mempelajari macam-macam metode penelitian, kamu harus tahu dulu apa sih metode penelitian itu? Metode penelitian ialah urutan kerja  penelitian yang berdasarkan pada asumsi dasar, pertanyaan, dan juga isu yang sedang berkembang atau dihadapi. Urutan kerja dalam hal ini dapat dipahami sebagai suatu prosedur/langkah-langkah, mulai dari cara memperoleh data, mengolah data, dan menarik kesimpulan. Tujuan dari metode penelitian ialah memperoleh hasil penelitian yang tepat dan bisa dipertanggungjawabkan. Tidak lupa, bahwa hasil penelitian harus dapat menyelesaikan masalah yang diteliti.

    jenis metode penelitianSekolompok mahasiswa sedang melakukan penelitian. (sumber: bio.unsoed.ac.id)

    Okay, sekarang kita masuk ke jenis metode penelitian ya.

    1. Metode Penelitian Kuantitatif

    Merupakan salah satu jenis penelitian yang terperinci, sistematis, dan terstruktur. Metode penelitian ini memfokuskan pada penggunaan angka. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan tabel, grafik, dan diagram sebagai untuk menunjukkan hasil data yang didapat.

    2. Metode Penelitian Kualitatif

    Merupakan riset yang bersifat penejalasan dan menggunakan analisis. Dalam metode ini, proses penelitian lebih diperlihatkan dan landasan teori yang digunakan juga lebih fokus. Penelitian ini lebih subjektif jika dibandingkan dengan penelitian kuantitatif. Metode penelitian kualitatif disebut juga sebagai metode etnografi karena sering digunakan untuk pengamatan konsisi sosial budaya.

    3. Metode Penelitian Survei

    Merupakan metode untuk mendapatkan hasil dalam bentuk opini/pendapat dari orang yang berinteraksi langsung dengan apa yang diamati. Metode ini memiliki tujuan utama yakni mengetahui gambaran umum melalui sampel beberapa orang.

    survei.jpgContoh isian form survei (sumber: iansymmonds.org)

    4. Metode Penelitian Ekspos Facto

    Merupakan metode yang meneliti hubungan sebab-akibat dari peristiwa. Berdasarkan hubungan sebab-akibat tersebut ada kemungkinan bukti baru yang dapat dijadikan indikator dalam penelitian yang dilakukan. Contoh penerapan penelitian ini dapat dilakukan terhadap program atau kegiatan yang sedang atau sudah dilaksanakan.

    5. Metode Penelitian Deskriptif

    Merupakan metode penelitian yang tujuannya menjelaskan peristiwa yang sedang berlangsung pada masa sekarang atau masa lampau. Untuk beberapa peristiwa yang terjadi berkepanjangan atau sering terjadi, maka metode ini dikembangkan untuk mencari fakta baru. Metode penelitian deskriptif dibagi menjadi dua, yakni longitudinal (sepanjang waktu) dan cross sectional (waktu tertentu).

    Macam-macam Metode Penelitian - rangkuman.png

    Nah, sekarang RG Squad sudah tahu 'kan penjelasan dari setiap jenis metode penelitian? Kamu mau tahu bagaimana cara melakukan penelitian yang baik? Yuk, gabung di ruangbelajar! Di sana kamu bisa tanya-tanya dengan tutor yang andal dan diskusi bersama teman-teman di seluruh Indonesia, lho!

    ruangbelajar

    Share this:

    Tags: konsep pelajaran, SMA, Kelas X, sosiologi x

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru