5 Jurus BIJAK Belajar Matematika ala Kak Yosef

Jurus belajar matematika ala kak Yosef

Artikel ini memberikan jurus belajar matematika yang disingkat dengan BIJAK ala Kak Yosef

--

Pelajaran matematika kerap dianggap momok bagi sebagian orang. Apakah kamu salah satunya? Eits, tunggu dulu. Hal ini nggak berlaku jika kamu tahu tips dan trik yang tepat saat belajar matematika. Nah, kak Yosef, Master Teacher matematika di Ruangguru punya jurus ampuh untuk kamu yang disingkat dengan BIJAK. Mau tahu apa? Simak ya!

1. B – Buat rencana belajar matematika yang jelas dan terukur

Jelas yang dimaksud di sini adalah materinya, sedangkan yang terukur adalah dari segi pemahamannya. Misalnya nih, kamu tinggal punya waktu beberapa minggu sebelum ujian kenaikan kelas. Kamu harus membuat daftar materi matematika yang belum kamu pahami sedini mungkin. Kemudian, potong bagian-bagian materi tersebut menjadi lebih kecil. Contoh, kamu belum paham pada materi Fungsi Kuadrat. Nah, coba telusuri kembali bagian mana yang belum dipahami. Misalnya, di bagian menggambar fungsi kuadrat. Lalu perjelas lagi, menggambar fungsi kuadrat yang mana yang belum dikuasai.

jurus belajar matematikaBuat rencana belajar (Sumber: intelligent.com)

Setelah kamu mengetahui dengan jelas bagian mana yang belum kamu pahami, buat target kapan mau memulai belajar. Kemudian tentukan metode belajar apa yang cocok untuk kamu. Coba tanya teman, tanya guru di sekolah, guru les, atau kamu bisa melihat video belajar di Ruangguru dan ketik fungsi kuadarat. Jika sudah, kamu bisa kembali mengukur kemampuan dengan mengerjakan latihan soal.

Baca juga: 5 Cara Belajar yang Dapat Dilakukan dalam 30 Menit

2. I – Imajinasikan permasalahan matematika dengan gambar, atau bahasa kerennya visualisasikan

Contohnya nih, kamu menemukan soal aljabar mengenai perkalian suku dua seperti ini \((x+2)(x+3)\). Kamu bisa lho menggambarkan bentuk perkalian aljabar tersebut sebagai luas persegi panjang dengan sisi \((x+1)\) dan sisi \((x+3)\). Kemudian, bagi persegi panjangnya menjadi 4 bagian dan cari deh luas masing-masing persegi panjang seperti ini.

  \(x\) \(+3\)
\(x\) \(x \times x=x^2\) \(x\times 3 = 3x\)
\(+2\) \(2 \times x = 2x\) \(2\times 3 = 6\)

 

 

3. J – Jangan takut melakukan kesalahan saat belajar

Tak perlu takut melakukan kesalahan, justru dengan melakukan kesalahan itu kita bisa belajar. Itu artinya kita sudah berani mencoba. Nah, dalam proses belajar matematika sendiri kita bisa melakukan yang namanya deep practice, yang terdiri dari tiga hal yaitu:

  • Making mistakes: membuat kesalahan
  • Evaluating mistakes: mengevaluasi kesalahan
  • Trying again: coba lagi

4. A- Atur waktu antara belajar dan istirahat dengan sistem 50:10

jurus belajar matematikaIstirahat di sela-sela belajar (Sumber: medium.com)

Belajar terus-menerus di waktu yang sempit seperti sistem kebut semalam itu tidak baik ya. Cara belajar ini hanya akan berlangsung di short term memory saja atau ingatan jangka pendek, sekaligus juga memforsir tubuh kita. Lebih baik belajar yang diselingi waktu istirahat. Kamu bisa 50 menit fokus belajar, kemudian 10 menit istirahat seperti stretching, makan atau minum ringan, nonton video lucu, dan sebagainya. Eits, tapi jangan dibalik aturannya jadi 50 menit istirahat dan 10 menit belajar ya.

5. K – Kuasai diri dan berdoa

Nah hal yang terakhir ini penting. Bisa jadi karena terlalu antusias akibat merasa sudah banyak belajar, begitu bertemu dengan soal kamu jadi langsung bersemangat ingin mengerjakan dan menjadi yang tercepat selesai. Hal ini bisa berakibat buruk lho, seperti lupa untuk mengurangi atau mengalikan bilangan negatif, atau lupa melihat kata “kecuali” pada soal. So, jangan terlalu antusias sehingga tidak bisa menguasai diri dan lupa kalu matematika itu bukan hanya tentang kecepatan, tetapi juga ketepatan.

Kondisi sebaliknya juga bisa terjadi, seperti merasa takut duluan saat akan mengerjakan soal walaupun sudah belajar. Perasaan tegang juga bisa menimbulkan kecemasan berlebih, bahkan saat melihat soal yang sebetulnya mudah. Untuk itu, penguasaan diri penting agar kamu bisa lebih tenang dan dapat berkonsentrasi maksimal. Terakhir, sempurnakan dengan doa, sebab doa akan menyempurnakan usaha.

Gimana, belajar matematika akan jadi lebih seru dan efektif dengan menerapkan tips di atas ‘kan? Tunggu apalagi, ayo langsung lihat video belajar matematika dari kak Yosef yang seru dan mudah dipahami di ruangbelajar!

ruangbelajar

Beri Komentar