5 Jurusan Baru Ini Bisa Kamu Pilih di Tahun 2019

Shabrina Alfari

Jan 28, 2019 • 4 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


jurusan baru

Artikel ini membahas tentang beberapa jurusan baru yang siap dibuka di tahun 2019 ini melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, atau seleksi mandiri

--

Squad, ada kabar gembira untuk kamu calon mahasiswa baru 2019. Di tahun ini akan banyak program studi baru yang siap dibuka, lho, terutama untuk kamu yang berminat masuk ke PTN melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, atau seleksi mandiri. Nah, untuk kamu yang masih bingung mau memilih jurusan apa di perguruan tinggi nanti, beberapa prodi baru ini bisa menjadi referensi segar untuk kamu nih. Apa saja ya prodi baru yang bisa dipilih di tahun 2019 ini? Yuk, kita lihat.

1. Ekonomi Digital di Universitas Diponegoro dan Universitas Airlangga

jurusan baruEkonomi Digital (Sumber: today.id)

Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (AFEBI) membentuk jurusan baru pada tahun 2019, yaitu Ekonomi Digital. Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro juga telah mempersiapkan program studi baru ini sebagai langkah untuk menjamah ekonomi berbasis digital yang sekarang dianggap berjalan sendiri tanpa didampingi oleh ilmuwan.

Untuk mempersiakan prodi baru ini, kurikulum pun dibuat dengan menjaring masukan dari para praktisi yang sudah lebih dulu berkecimpung dalam bisnis digital, seperti traveloka, bukalapak, dan lainnya. Prodi baru ini diharapkan dapat membuat ekonomi digital menjadi lebih efektif dan efisien karena para praktisi akan didampingi dengan metodologi yang sesuai dari para ilmuwan. Tertarik?

2. Teknik Infrastruktur Lingkungan di Universitas Gadjah Mada

jurusan baruUniversitas Gadjah Mada (Sumber: webpelajar.com)

Kamu ingin membangun infrastruktur namun berwawasan lingkungan? Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) akan membuka prodi baru yaitu S1 Teknik Infrastruktur Lingkungan. Ketua Pembentukan Prodi Teknik Infrastruktur Lingkungan, Dr. Ir. Budi Kamulyan, menyatakan kehadiran dari prodi baru ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional dalam bidang pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan.

Dr. Ir. Budi juga mengatakan bahwa latar belakang dibukanya prodi ini karena adanya urgensi untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang profesional dan kompeten serta berorientasi pada konsep pembangunan berkelanjutan. Prodi Teknik Infrastruktur Lingkungan dikembangkan dengan pendekatan problem solver untuk menyelesaikan masalah sanitasi dan lingkungan seperti sampah, air bersih dan limbah, drainase perkotaan, pengendalian pencemaran air, serta pengelolaan kuantitas dan kualitas air di sumber-sumber air.

3. Bahasa dan Sastra Daerah Papua di Universitas Cenderawasih

jurusan baruBahasa dan Sastra Daerah Papua (Sumber: papuatoday.com)

Kamu suka bahasa dan ingin melestarikan suatu bahasa dengan mempelajarinya? Universitas Cenderawasih (Uncen) akan membuka program studi Bahasa dan Sastra Daerah Papua di tahun ajaran 2019. Namun, baru tiga bahasa dari 391 bahasa daerah di Papua yang akan dimasukan dalam kurikulum baru di tahun ini yaitu Bahasa Sentani, Bahasa Biak dan Bahasa Kayo Pulau.

Menurut Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uncen, Nomensen Mambraku, bahasa merupakan laboratorium hidup yang harus diperjuangkan dan dipertahankan. Apalagi bahasa daerah di tanah Papua semakin hari semakin punah akibat dari perkembangan teknologi dan globalisasi.

4. Ilmu Aktuaria di Universitas Gadjah Mada

jurusan baruUGM buka prodi S1 Ilmu Aktuaria (Sumber: ristekdikti.go.id)

Aktuaria tadinya merupakan salah satu peminatan di S1 Statistika dan S2 Matematika UGM. Jadi, sebenarnya studi Aktuaria sendiri sudah ada di kampus ini. Namun, pada tahun 2019 ini UGM akan membuka 40 kursi untuk prodi Aktuaria yang akan ada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Selain di UGM, jurusan Akturia sendiri baru dibuka di empat PTN lainnya yaitu Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Wajar saja, lulusannya masih sangat sedikit dan dibutuhkan di dunia kerja.

Ilmu Aktuaria sendiri merupakan ilmu tentang asuransi atau pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Untuk kamu yang suka dengan matematika, khususnya yang berhubungan dengan probabilitas dan statistika, maka jurusan ini cocok untuk kamu.

5. Teknik Geomatika di UPN Veteran Yogyakarta

jurusan baruUPN Veteran Yogyakarta (Sumber: upnyk.ac.id)

Teknik Geomatika adalah ilmu yang mempelajari mengenai ilmu gespasial, teknologi informasi, dan komunikasi. Jika masuk ke prodi ini, kamu akan mempelajari perpetaan, permodelan digital, pengolahan citra digital, foto udara, geodesi satelit, dan sebagainya. Prodi ini sendiri baru ada di Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Institut Teknologi Sumatera. Nah, di tahun ini UPN Yogyakarta membuka prodi ini untuk calon mahasiswanya.

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang tertarik dengan dunia kebumian dengan pemanfaatan teknologi dan juga informasi. Umumnya, lulusan dari jurusan ini tepat untuk bekerja sebagai seorang Geodet/Surveyor, analis data, programmer, hingga bidang lain yang berhubungan dengan kebumian seperti pertambangan, perminyakan, konstruksi, kelautan, dan lainnya.

Apakah salah satu jurusan di atas ada yang menarik minatmu Squad? Sebelum memilih jurusan, pastikan kamu telah menyesuaikan antara minat dan bakatmu ya agar kamu tidak salah memilih. Yuk, kenali kemampuanmu secara lebih dalam bersama dengan guru privat di ruangles. Kamu bisa belajar di mana dan kapan saja sesuai keinginanmu, lho.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts