5 Kegiatan Ngabuburit Anti Mainstream

Shabrina Alfari Jun 4, 2018 • 5 min read


Squad, kegiatan ngabuburit memang menjadi aktivitas wajib di bulan Ramadan untuk kamu yang menjalankan ibadah puasa. Apalagi kondisi tubuh di sore hari menjelang berbuka puasa yang memang sedang lesu-lesunya, membuat kamu harus mencari ide kreatif ngabuburit agar tetap semangat. Sebenarnya, ngabuburit berasal dari kata dalam bahasa Sunda, burit yang menggambarkan waktu pada sore hari saat matahari mulai terbenam. Nah, istilah ini akhirnya dikenal saat bulan puasa untuk menggambarkan waktu jelang berbuka.

Jika kita tilik lebih dalam lagi, ternyata ngabuburit sama sekali nggak ada hubungannya dengan bulan puasa, lho. Namun, tradisi kumpul-kumpul pada sore hari di Jawa Barat pada bulan puasa yang menjadi alasan ngabuburit identik dengan bulan Ramadan.

Pada umumnya, orang Indonesia lebih senang melakukan ngabuburit dengan aktivitas, seperti mencari takjil, nongkrong di café, berjalan-jalan sore dan lainnya. Hmm, pasti kamu merasa kegiatan tadi mainstream banget ‘kan Squad? Daripada kamu bosan dengan kegiatan ngabuburit yang itu-itu saja, kamu bisa melakukan kegiatan ngabuburit anti mainstream ini supaya kegiatan puasamu lebih berarti dan menyenangkan.

1. Menjual takjil buatan sendiri

membuat dan menjual takjilMembuat dan menjual takjil (Sumber: foody.id)

Kalau cuman mencari takjil di dekat rumah, pasti sudah biasa 'kan Squad? Nah, yang nggak biasa adalah kamu mencoba membuat takjil sendiri lalu menjualnya! Banyak sekali makanan takjil yang mudah dan enak untuk kamu jual. Misalnya saja kamu membuat puding manga, singkong ala Thailand, bubur sumsum, kolak ubi dan pisang, atau membuat gorengan yang tentunya sangat praktis. Resep-resep takjil ini juga bisa kamu dapatkan dengan mudah di internet.

Selain dapat mengisi waktu ngabuburit menjadi lebih bermakna, kamu juga bisa menambah pengalaman dan penghasilan, lho. Jika kamu belum percaya diri menjual aneka kuliner untuk berbuka, kamu juga bisa kok menjajakan souvenir. Lumayan 'kan nambah-nambah tabungan uang saku kamu?

Baca juga: Tradisi Buka Puasa Bersama

2. Wisata religi

wisata religiWisata religi (Sumber: blogspot.com)

Jalan-jalan di sekitar komplek atau nongkrong di café pasti sudah sering kamu lakukan. Nah, kamu bisa mencoba sesuatu kegiatan baru dengan cara berwisata religi dengan menjelajahi masjid-masjid besar di daerahmu untuk ngabuburit yang lebih bermakna. Biasanya, setelah salat Ashar juga banyak dilakukan kegiatan keagamaan seperti kajian dan tadarus di masjid. Jadi menambah semangat ibadah kamu 'kan?

3. Berbuka di tempat ibadah

Berbuka puasa bersama di tempat ibadahBerbuka puasa bersama di tempat ibadah (Sumber: dream.co.id)

Saat berwisata ke masjid kamu juga bisa lho berbuka bersama dengan seluruh jamaah menikmati takjil yang telah disiapkan oleh pihak masjid. Jika berbuka puasa bersama keluarga di rumah atau bersama teman di restoran sudah biasa, berbuka di masjid akan menjadi pengalaman baru yang tidak akan kamu lupakan, Squad.

Contohnya berbuka di masjid terbesar di Asia Tenggara yaitu masjid Istiqlal. Setiap bulan Ramadan masjid ini selalu menyediakan menu berbuka puasa untuk ribuan masyarakat. Nah, kamu bisa merasakan sensasi berbuka bersama ribuan orang secara bersamaan, lho. Wah, bulan Ramadan pasti akan jadi momen yang kamu nantikan deh.

4. Jadi volunteer

ShowImageMenjadi volunteer (Sumber: okc.gov)

Di bulan Ramadan, semua orang berlomba-lomba untuk mencari pahala dengan berbuat kebaikan. Bisa dengan cara memberikan takjil gratis atau mendatangi panti asuhan terdekat. Nah, untuk kamu yang mempunyai jiwa sosial tinggi, kamu bisa mencoba kegiatan bermanfaat untuk sesama yang anti mainstream yaitu dengan menjadi volunteer atau sukarelawan.

Kamu bisa menjadi guru ngaji di masjid dekat komplek, mengajar anak jalanan, atau membersihkan tempat pembuangan sampah dekat rumah. Berbuat baik dan melihat senyuman dari orang-orang di sekitar, dijamin akan memberikan kepuasan batin yang tak terlupakan.

5. Ikutan kuis berhadiah

ikut kuis online berhadiahIkut kuis online berhadiah (Sumber: okc.gov)

Walaupun liburan sekolah telah tiba, kamu tetap bisa belajar dengan mengikuti kuis atau tryout berhadiah di internet. Cara ini bisa membantu kamu terus mengasah otak meskipun sedang berpuasa, lho. Selain itu, kamu juga bisa menambah penghasilan dan uang jajan jika mengikuti kuis berhadiah, seperti yang diselenggarakan oleh Ruangguru bersama BNI dan Shopee.

Quiz Berkah Ramadan akan menemani kamu selama 1 bulan penuh, mulai dari tanggal 17 Mei hingga 8 Juni dengan soal berbeda tiap minggunya. Kamu berkesempatan untuk mendapatkan hadiah utama jika mengikuti semua periode kuis, Squad.

quiz berkah ramadan ruangguru

Nah, akan ada 15 pemenang setiap minggunya, dengan masing-masing berkesempatan untuk mendapatkan tabungan Rp250.000 dari BNI dan voucher belanja Shopee untuk 5 pemenang teratas. Kamu juga berkesempatan untuk menjadi 3 pemenang utama (akumulasi dari seluruh periode kuis) dengan hadiah THR berupa tabungan BNI sebesar Rp3.000.000, Rp2.000.000, Rp1.000.000 beserta voucher belanja Shopee sebesar Rp1.000.000, Rp700.000, Rp500.000.

Gimana cara ikutan kuisnya? Quiz Berkah Ramadhan ini bisa langsung kamu ikuti di layanan ruanguji. Download aplikasi Ruangguru dan pilih ruanguji, kemudian pilih Tryout Ujian Lainnya, lalu pilih banner Quiz Berkah Ramadan, dan selesaikan kuisnya.

Pemenang akan dipilih dari perolehan score tertinggi, waktu tercepat serta cerita pengalaman dalam pengerjaan kuis yang paling menarik dan di-posting di media sosial. Jangan lupa juga untuk tag 3 orang teman kamu untuk ikutan kuis ini ya Squad, dan cantumkan juga hashtag #RamadanBersamaRuangguru. Wah, pasti kegiatan ngabuburitmu semakin seru dan berkesan 'kan? Yuk, ikutan sekarang!

New call-to-action

Beri Komentar