5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Shabrina Alfari Jan 6, 2018 • 3 min read


Kemampuan akademik anak merupakan tolak ukur yang penting dan selalu menjadi perhatian bagi tiap orang tua. Namun, generasi milenial yang seolah sudah ‘termakan’ teknologi dan kecanduan gadget sering membuat orang tua khawatir. Padahal otak manusia adalah otot yang memerlukan latihan terus-menerus. Nah, untuk memaksimalkan potensi otak khususnya pada anak, dapat dilakukan dengan berbagai cara sederhana lho, tidak melulu hanya dengan belajar di sekolah saja. Yuk, coba 5 kegiatan berikut untuk meningkatkan kapasitas otak dan daya ingat anak.

1. Bermain games asah otak

cara meningkatkan daya ingat - Bermain games asah otakBermain games asah otak (Sumber: pediatricdentalclinic.in)

Studi menunjukkan bahwa dengan bermain games yang mengasah otak setiap hari, tidak hanya dapat membuat otak tetap aktif tetapi juga dapat meningkatkan daya ingat. Luangkan waktu untuk bermain teka-teki silang, sudoku, catur, atau tebak-tebakan untuk meningkatkan kecepatan otak dalam memproses serta merangsang kecerdasan anak. Siapa yang menyangka kan, jika kegiatan seru seperti bermain bersama anak dapat meningkatkan potensi otak. Yuk, segera dicoba!

2. Tidur cukup

cara meningkatkan daya ingat - Dianjurkan tidur cukup selama 7-8 jamDianjurkan tidur cukup selama 7-8 jam (Sumber: verywell.com)

Tidur selama 7 sampai 8 jam setiap malamnya akan meningkatkan ingatan pada anak maupun orang dewasa. Tidur yang cukup, ternyata penting untuk fungsi otak dan tubuh yang lebih optimal saat beraktivitas di siang hari lho. Tidur adalah kunci bagi otak untuk memperkuat koneksi antar neuron, sehingga membantu anak mengingat dan belajar lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang tidak mendapatkan cukup tidur lebih mungkin untuk berperilaku buruk di sekolah dan sulit fokus pada pelajaran.

3. Ajak anak berolahraga bersama

cara meningkatkan daya ingat - Olahraga bersama anakOlahraga bersama anak (Sumber: nimlok.ca)

Selain penting untuk membuat tubuh menjadi sehat, ternyata olahraga juga mampu mengoptimalkan kerja otak dan meningkatkan kecerdasan anak. Setiap bentuk olahraga, ternyata mampu meningkatkan detak jantung yang membuat darah mengalir ke otak, sehingga membuat ingatan tetap tajam. Ajaklah anak melakukan olahraga yang mereka sukai, paling tidak 30-45 menit sehari.

4. Konsumsi makanan sehat untuk otak

cara meningkatkan daya ingat - Makan makanan sehat dan bergiziMakan makanan sehat dan bergizi (Sumber: fitnfunforkids.net)

Sebuah penelitian di University of Southern California Institute for Prevention Research menemukan bahwa fungsi kognitif anak sangat berhubungan dengan asupan makanan yang dikonsumsi. Pilihlah makanan seperti sayuran hijau, ikan, jamur, kacang, telur, dan buah yang kaya antioksidan untuk meningkatkan fungsi kognitif anak. Jangan lupa juga untuk mengingatkan anak untuk minum setidaknya delapan gelas air per hari, karena dehidrasi dapat mengakibatkan penurunan daya ingat dan kebingungan, lho!

5. Belajar melalui internet

cara meningkatkan daya ingat - Belajar lewat gadgetBelajar lewat gadget (Sumber: istimewa)

Internet tidak selalu memberikan dampak negatif, tetapi juga berbagai dampak positif. Apalagi generasi milenial sudah bisa menguasai operasional gadget dengan mudah tanpa perlu diajari. Nah, hal ini dapat dimanfaatkan oleh orang tua untuk membantu anak belajar. Banyak sekali cara belajar baru yang dapat membantu anak lebih mudah memahami pelajaran. Salah satunya adalah dengan bermain games pelajaran atau menonton video belajar beranimasi.

Tentulah peran orang tua sangat penting bagi kesuksesan dan kecerdasan anak. Hanya dengan melakukan kegiatan sederhana yang dapat dilakukan setiap hari bersama anak dapat membantu meningkatkan daya ingat. Yuk, buat belajar anak menjadi lebih menyenangkan dengan ruangbelajar. Video belajar beranimasi, serta soal latihan dan rangkumannya membuat belajar menjadi lebih seru dan tidak membosankan. Berani coba?

ruangbelajar

Beri Komentar