5 Keuntungan Memiliki Hobi Berkebun di Rumah

Maya Martha

Apr 11, 2019 • 5 min read

Sukses Kerja tips & trick


berkebun di rumah

Artikel ini mengenai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari hobi berkebun

--

Memiliki hobi sangat penting untuk keseimbangan hidup Anda sebagai seorang profesional yang rentan stress akibat pekerjaan di kantor. Salah satu hobi yang kini semakin digandrungi adalah berkebun. Bila dulu kegiatan berkebun identik dengan orang tua, maka berbeda dengan saat ini karena para generasi milenial mulai menyukai hobi satu ini.

Sebut saja Rara Sekar, kakak kandung dari penyanyi Isyana Sarasvati ini memiliki hobi berkebun sama dengan suaminya. Hobi tersebut justru ia dapati ketika menempuh pendidikan di New Zealand. Di sana, berkebun ternyata merupakan sebuah kegiatan yang wajib. Setelah kembali ke tanah air, Rara Sekar dan suaminya sukses mempopulerkan hobi berkebun di Indonesia melalui akun media sosialnya.

berkebun di rumah

Rara Sekar dan Ben Laksana (suami) sedang berkebun (Sumber: instagram.com/rarasekar)

Apakah Anda juga tertarik untuk mencoba berkebun di rumah seperti mereka? Anda wajib coba karena ternyata berkebun memberikan beragam keuntungan lho, Rekan Kerja!

1. Berkontribusi mengurangi polusi

berkebun di rumah

Polusi udara di Indonesia (Sumber: en.netralnews.com)

Pernahkah Anda merasakan tidak segarnya udara di sekitar Anda pada saat Anda bernapas? Bersamaan dengan pertanyaan ini ternyata ibu kota negara Indonesia sendiri, Jakarta, adalah kota yang paling berpolusi sedunia (World Air Quality Report 2018). Polusi yang sudah terkontaminasi dari kendaraan pribadi dan PLTU telah mengambil gas oksigen yang diperlukan kita untuk hidup. Berkebun merupakan salah satu solusinya, Rekan Kerja!

Jika Anda merasa kesulitan karena tinggal di kota padat yang tidak memiliki ruang untuk berkebun, jangan khawatir Anda bisa memanfaatkan dinding-dinding kosong yang ada di luar rumah Anda atau jendela dekat kamar Anda. Menurut penelitian yang berjudul Effectiveness of Green Infrastructure for Improvement of Air Quality in Urban Street Canyons (2012), tanaman hijau dapat menurunkan nitrogen dioksida (NO2) sebanyak 40% dan juga partikel mikroskopis (PM) sebesar 60% yang ada pada polusi udara.

Baca Juga: 5 Strategi Bisnis untuk Mengekspansi Usaha Anda

2. Memicu peluang bisnis

berkebun di rumah

Foto hasil berkebun untuk dijual (Sumber: food4all.com)

Berkebun dapat menghasilkan buah dan sayur yang berkualitas, Rekan Kerja. Terlebih lagi apabila Anda menanam tanaman organik, tentunya akan sangat berkhasiat untuk tubuh Anda. Nah, Anda bisa memanfaatkannya menjadi lahan bisnis pribadi! Akan ada banyak  orang yang lebih senang membeli sayur dan buah dari Anda karena selain lebih segar dan terjamin, harganya juga lebih murah daripada di supermarket. Anda bisa memasarkannya melalui media sosial dan mempelajari bagaimana mengemas produk Anda dengan baik dan menarik. Untuk persoalan ini, Anda bisa mengikuti kelas IKM Digital Learning di aplikasi ruangkerja. Peluang bisnis yang mudah ‘kan?

3. Mengurangi risiko terkena demensia

berkebun di rumah

Lansia yang terkena penyakit demensia sedang berkebun (Sumber: Nawacita.co)

Rekan Kerja, inilah bukti bahwa sudah dari dulu hobi berkebun mayoritas dimiliki oleh orang tua. Mengapa? karena orang tua terutama lansia berpotensi terserang penyakit demensia. Untuk itulah, mereka berkebun. Penelitian yang berjudul An Evaluation of a Therapeutic Garden’s Influence on the Quality of Life of Aged Care Residents with Dementia (2012) menjelaskan bahwa kegiatan berkebun ampuh mengurangi penyakit demensia yang diderita oleh lansia dari tahun 1955 di Perancis.

Dengan berkebun, para lansia harus melibatkan fungsi kognitif untuk merencanakan penanaman dan fungsi motorik untuk melakukan kegiatan berkebun tersebut. Selain itu juga, dengan berkebun para lansia dengan demensia dapat meningkatkan kompetensi dan makna diri mereka. Penelitian ini pun mengatakan hal yang serupa bahwa terdapat peningkatan kualitas hidup oleh lansia dengan penyakit demensia sebanyak 10% karena mereka melakukan kegiatan berkebun. Nah, untuk itu sebelum Anda semakin tua ada baiknya Anda mulai berkebun agar mencegah terserangnya penyakit demensia, Rekan Kerja!

4. Mengurangi hormon stres

berkebun di rumah

Berkebun dapat menurunkan stres (Sumber: verywellmind.com)

Dampak dari kegiatan berkebun dan berada berdampingan dengan tanaman hijau tanpa sadar dapat mereduksi stres bahkan depresi yang sedang Anda alami. Menurut Growing Health, mulai dari perasaan ingin tahu hingga segala aktivitas untuk mengikuti proses berkebun merupakan stimulus yang memicu peredaan stres. Berkebun yang digolongkan ke dalam kegiatan kreatif mampu menciptakan perasaan positif dan dapat menjadi sebuah latihan fisik yang langsung bersentuhan dengan alam. Dengan berkebun, Anda akan bersinggungan langsung dengan pancaran sinar matahari yang sangat meningkatkan mood Anda, fokus Anda teralihkan dari berbagai macam sumber stres, dan Anda akan dihadapkan kepada keindahan alam sebagai proses relaksasi.

5. Lebih terjamin untuk dikonsumsi

berkebun di rumah

Buah dan sayur segar dan berkualitas (Sumber: food.ndtv.com)

Tentu saja, Anda menjamin sendiri apa yang Anda tanam bebas dari hama dan pengawet! Sangat jelas sekali, apa yang Anda konsumsi akan jauh lebih sehat dibandingkan dengan hasil tanam di pasar atau supermarket yang sudah melewati beberapa tangan hingga pada akhirnya Anda terima untuk dimasak. Namun, jika dari hasil berkebun sendiri, tanpa pikir panjang Anda bisa langsung petik sendiri.

Rekan Kerja, berkebun dapat menghasilkan lima keuntungan ini. Tidak hanya demi kenyaman lingkungan tetapi juga untuk diri sendiri dan kantong pribadi. Tidak menutup kemungkinan Anda, para warga kota, menjadi pelaku hobi berkebun ini. Memang dibutuhkan ketekunan dan cinta akan proses dalam memahami kegiatan berkebun. Tunggu apa lagi? Tidak ada salahnya mencoba sekarang dengan mulai membeli pot, bibit, dan tanah!

Sambil menunggu tanaman Anda tumbuh, Anda bisa membaca artikel-artikel lain guna meningkatkan kemampuan dan wawasan pengetahuan Anda di aplikasi ruangkerja. Unduh sekarang aplikasinya dengan menekan gambar di bawah ini atau melalui App Store/Play Store, GRATIS!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts