5 Keuntungan Menjadi Working Parents

Maya Martha

Dec 21, 2018 • 4 min read

Sukses Kerja


Mempunyai anak bagi sepasang suami istri selalu diikuti dengan keputusan kedua orang tua untuk tetap bekerja atau tidak. Peran dalam keluarga pun menjadi bertambah sejalan dengan kebutuhan rumah tangga yang semakin meningkat. Solusi terbaik agar finansial keluarga terjaga adalah dengan menjadi working parents. Namun, tahukah Anda bahwa menjadi orang tua yang bekerja memiliki banyak keuntungan? Berikut ulasannya untuk Anda!

1. Bertambahnya pendapatan keluarga


Orang Tua

Kondisi keuangan keluarga lebih meningkat (Sumber: invensis.net)

Kebutuhan pangan, sandang, dan papan dapat meningkat sejalan dengan hakikat manusia yang tidak akan pernah merasa puas. Keputusan untuk tetap bekerja oleh kedua orang tua termotivasi karena dengan bekerja mereka akan mendapatkan pemasukan dari dua belah pihak. Terlebih kebutuhan untuk rumah tangga dan anak semakin lama semakin tinggi seperti membeli susu hingga sekolah jenjang tinggi.. Keuntungan ini juga dapat berdampak kepada anak bahwa mereka tidak perlu untuk mengkhawatirkan keadaan keuangan yang dimiliki oleh keluarga. Masalah finansial tak ayal sering menjadi faktor utama keretakan rumah tangga.

Baca juga: Dapatkan Pekerjaan yang Cocok Sesuai Minat dengan 3 Cara ini

2. Kerja sama pasangan suami istri dapat terjalin kuat

Orang Tua

Menciptakan kerja sama dalam mengasuh anak (Sumber: business.pinterest.com)

Orang tua yang bekerja sambil membesarkan anak memiliki tantangan yang tidak mudah. Keduanya harus dapat berbagi peran agar anak dapat tumbuh kembang dengan baik. Bila Anda seorang ayah, biasanya jam kerja akan dimulai lebih pagi daripada istri Anda atau bisa juga sebaliknya. Hal ini terjadi karena seorang ibu harus mempersiapkan keperluan sekolah anak dan membereskan rumah terlebih dahulu sebelum akhirnya berangkat kerja. Selain itu, kebijakan kantor juga memperhatikan karyawannya yang adalah seorang ibu juga untuk masuk tidak terlalu pagi demi kepentingan keluarga.

3. Orang tua dapat tetap berelasi dengan lingkungan sosialnya

Orang Tua

Menciptakan interaksi dengan para kolega (Sumber: blogs.houstonisd.org)

Beberapa orang tua tidak dapat terus menerus menghabiskan waktu di rumah bersama dengan anak mereka melainkan memerlukan interaksi dengan sesama orang dewasa. Orang tua sendiri pun perlu untuk mengekspresikan dirinya di luar rumah dan tetap menjalin relasi dengan sesama kolega sebagai upaya pemenuhan kebutuhan. Dengan tetap bekerja, orang tua dapat menyeimbangkan hidup antara kebutuhan psikologis diri dengan anak karena jika tidak seimbang maka stres pun dapat dialami oleh orang tua.

4. Relasi antar hubungan keluarga

Orang Tua

Berkumpul dengan menciptakan hubungan baik (Sumber: goodwillkycarstowork.org)

Orang tua yang bekerja akan lebih menghabiskan waktunya di luar daripada di rumah. Terkadang perasaan yang timbul pada saat akhirnya berkumpul bersama di akhir pekan misalnya dengan keluarga akan terasa lebih hangat jika dibandingkan dengan interaksi dengan intensitas yang cukup sering. Berbagai obrolan dan diskusi yang terbuka akan sangat menarik untuk melepas rindu satu dengan yang lainnya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Motivasi untuk Para Entrepreneur

5. Anak belajar lebih aktif dengan lingkungan sosialnya

Ora

Anak dapat mengembangkan diri (Sumber: zmescience.com/)

Memiliki orang tua yang keduanya bekerja membuat anak lebih banyak waktu dengan kegiatan di sekolah atau lingkungan rumahnya. Keadaan ini dapat membuat anak bertumbuh menjadi lebih berani, mandiri, dan tidak ketergantungan dengan kedua orang tuanya. Dibandingkan dengan anak yang tumbuh kembangnya selalu menghabiskan waktu di samping kedua orang tuanya terutama si ibu, maka anak akan cenderung menjadi anak yang kurang mandiri.

 

Bagi para Rekan Kerja jangan takut untuk mengambil keputusan tetap bekerja sambil membesarkan anak karena banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Anda juga dapat membaca artikel-artikel lain di blog atau aplikasi ruangkerja sebagai bahan pertimbangan dalam membuat suatu keputusan-keputusan. Unduh sekarang di Play Store atau App Store, GRATIS!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts