5 Keuntungan Saat Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Shabrina Alfari

Feb 5, 2018 • 4 min read

Siap kuliah Beasiswa


Squad, siapa sih yang tidak mau mendapatkan beasiswa? Berhasil mendapatkan beasiswa tentu menjadi harapan banyak orang, khususnya bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke Universitas di luar maupun di dalam negeri. Namun, masih banyak orang yang mengira bahwa beasiswa hanya untuk orang yang tidak mampu dari segi ekonomi saja. Anggapan tersebut sangatlah salah. Beasiswa tidak selalu ditujukan kepada yang kurang mampu saja Squad. Hampir sebagian besar beasiswa ditujukan untuk semua orang yang memang mampu memenuhi syarat yang sudah ditetapkan.

Selain mendapatkan bantuan biaya, kuliah dengan menggunakan beasiswa juga mempunyai banyak keuntungan lain, lho. Apa saja hal seru yang bisa didapatkan jika berkuliah dengan beasiswa? Keep scrolling.

1. Mendapatkan jaringan yang luas

International-crew.jpgMemperluas jaringan pertemanan (Sumber: crewtoo.com)

Keunggulan pertama yang dapat kamu rasakan ketika kuliah dengan beasiswa adalah peluang untuk mempunyai jaringan yang lebih luas. Biasanya, para penerima beasiswa dalam program yang sama akan saling bertemu. Nah, penerima beasiswa ini tentunya berasal dari berbagai macam latar belakang, bahkan warga negara jika kamu menerima beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Tentu hal ini akan membuat jaringan pertemananmu semakin luas Squad. Jaringan pertemanan yang luas juga akan mengubah cara berpikirmu menjadi lebih terbuka.

2. Menjadi sebuah prestasi yang menonjol

Scholarship.jpgMenjadi prestasi yang menonjol (Sumber: smartstreetmedia.com)

Menerima beasiswa berdasarkan prestasi yang kamu raih menunjukkan bahwa kamu lebih menonjol di antara teman sebayamu yang lain Squad. Penyedia beasiswa tentunya melihat kualitas ini dalam dirimu sehingga mereka bersedia untuk memberikan beasiswa. Berkuliah dengan beasiswa juga akan menjadi keunggulan tersendiri saat kamu melamar pekerjaan di masa yang akan datang dan membedakan kamu dari pelamar lainnya.

3. Mendapatkan dukungan keuangan

destacada_carreras-mejor-pagadas.jpgBeasiswa memberikan dukungan keuangan (Sumber: de10.com)

Biasanya terdapat dua jenis beasiswa yang ditawarkan, yaitu beasiswa penuh (full scholarship) dan beasiswa setengah (partial scholarship). Apa ya bedanya? Beasiswa parsial biasanya hanya mendanai beberapa kebutuhan akademik pelajar seperti biaya pendidikan dan biaya perjalanan, sementara biaya hidup tidak termasuk ke dalam pendanaan. Sedangkan beasiswa penuh mendanai semua kebutuhan akademik pelajar mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup, hingga biaya asuransi.

Beruntungnya untuk kamu yang berhasil mendapatkan beasiswa penuh, karena uang yang kamu dapatkan dari beasiswa dapat juga digunakan untuk hal lain yang bermanfaat. Seperti misalnya membeli buku berkualitas, membayar kursus dan pelatihan, atau bahkan sekadar membeli makanan bergizi.

4. Menjadi motivator bagi pencari beasiswa lainnya

10-Tips-for-Public-Speaking-e1435038173766-663x375.jpgMenjadi motivator bagi pelajar lain (Sumber: icebreakerideas.com)

Keuntungan lainnya sebagai penerima beasiswa adalah menjadi motivator bagi para pelajar lain yang juga mempunyai cita-cita untuk mendapatkan beasiswa. Semua usaha kerja kerasmu, pengalaman, serta hasil yang telah kamu dapatkan bisa digunakan sebagai motivasi bagi orang lain. Tidak menutup kemungkinan kamu juga akan diundang di berbagai acara pameran beasiswa sebagai pembicara lho Squad. Secara tidak langsung kamu sudah membantu orang lain. Pasti bangga ‘kan?

5. Lebih unggul untuk mendapatkan pekerjaan

job_interview_1.jpgUnggul dalam mendapatkan pekerjaan (Sumber: icebreakerideas.com)

Untuk diterima di suatu pekerjaan tentunya kamu perlu menyiapkan resume yang lebih menonjol dibandingkan para pelamar lainnya. Sebagai penerima beasiswa, tentunya kamu mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan lulusan lain. Perusahaan akan lebih percaya karena penerima beasiswa pasti telah berhasil lolos melewati tahapan-tahapan seleksi yang sulit.

Banyak sekali ‘kan Squad keunggulan yang akan kamu dapatkan jika berkuliah dengan menggunakan beasiswa. Kamu ingin mendapatkan beasiswa? Yuk, terus tingkatkan prestasimu di bidang akademik dengan menonton video beranimasi di ruangbelajar. Sebab mendapatkan nilai yang baik di sekolah juga bisa menjadi tolak ukur diterima atau tidaknya kamu untuk mendapatkan beasiswa. So, tunggu apa lagi? Ayo, rasakan #BelajarJadiMudah di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts